Inilah gunung tertinggi kedua di Jawa Timur, ketinggiannya hanya dikalahkan oleh Gunung Semeru. Gunung Raung meletus beberapa waktu lalu, sekitar bulan Juni da Juli 2015.

Nah, sebenarnya cukup banyak fakta atau hal-hal yang dapat kamu ketahui dari Gunung Raung. Beberapa di antaranya mungkin telah kamu ketahui, namun mungkin sebagian yang lain juga belum pernah kamu tahu. Berikut beberapa fakta mengenai gunung Raung.

1Gunung Raung

tugasimk02.blogspot.com

Inilah Gunung Raung, wilayahnya masuk ke tiga kabupaten sekaligus, Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Gunung ini masuk dalam wilayah Pegunungan Ijen dan puncaknya merupakan puncak tertinggi.

Di wilayah Pegunungan Ijen, terdapat beberapa gunung seperti Gunung Suket, Gunung Pendil, Gunung Rante, Gunung Merapi, dan Kawah Ijen. Puncak Gunung Raung setinggi 3.344 meter di atas permukaan laut (mdpl) adalah yang tertinggi di antara gunung lain di Pegunungan Ijen.

Kamu bahkan dapat menyaksikan eksotisme gunung ini dari Bali. Datanglah ke Pantai Lovina di daerah Singaraja, Bali dan kamu dapat menyaksikan pemandangan gunung yang indah ini dari jauh.

2Puncak Raung

catatanhariankeong.com

Buat kamu pada pendaki gunung, tentu saja kamu bukan bahwa umumnya satu gunung memiliki berbagai puncak yang berbeda? Begitu juga yang ada di Gunung Raung ini. Ada empat titik puncak utama di Gunung Raung.

Nah, empak puncak utama Gunung Raung tersebut adalah Puncak Bendera, Puncak 17 (Tujuh belas), Puncak Tusuk Gigi, dan tentu saja puncak yang tertinggi, Puncak Sejati dengan ketinggian maksimal tepat 3.344 mdpl.

3Kaldera

kindo.hk

Hal kedua yang paling menakjubkan dari gunung ini adalah kaldera yang besar dan luas. Kaldera gunung ini merupakan yang terbesar di Pulau Jawa dan terbesar kedua di Indonesia, kalah dari Gunung Tambora.

Kedalaman kaldera gunung ini mencapai 500 meter dengan lebar atau diameter kawah mencapai dua kilometer. Gunung ini memiliki riwayat letusan yang panjang sekira hampir 5 abad ke belakang.

4Gunung Rawon

yukpiknik.com

Tahukah kamu? Gunung Raung juga memiliki nama lain yang aneh sekaligus lucu, namanya Gunung Rawon. Gunung ini merupakan jenis gunung stratovolcano atau gunung berapi komposit.

Gunung dengan jenis stratovolcano ini umumnya berbentuk mengerucut, terdiri atas lava dan abu vulkanik yang menyeras. Jadi, memang lazim jika yang dimuntahkan gunung ini saat meletus adalah lava dan abu vulkanik dalam jumlah besar.

5Gunung Raung Meletus

youtube.com

Gunung Raung meletus tahun ini, sejak tanggal 29 Juni 2015. Hingga tanggal 29 Juli 2015 bahkan dilaporkan tipe letusan strombolian masih terus terjadi di gunung ini. Letusan ini lemah, namun dapat bertahan lama dan terus menerus.

Pada tanggal 22 Juli 2015, abu vulkanik yang dimuntahkan gunung ini bahkan mencapai ketinggian 20.000 kaki atau 6.500 meter. Bergerak ke arah selatan sejauh 160 km dengan kecepatan 10 km per jam.

Pada waktu itu, tiga bandara di Jawa Timur di tutup dan puluhan jadwal penerbangan dibatalkan. Bahkan, data yang terakhir menunjukkan bahwa Bandara Notohadinegoro Jember masih ditutup hingga tanggal 5 Agustus 2015.

banyuwanger.com
banyuwanger.com

Dikatakan bahwa letusan pertama yang pernah tercatat terjadi pada tahun 1586. Sebelas tahun kemudian, tahun 1597, gunung ini meletus kembali dengan dampak yang tidak kalah mengerikan.

Hingga saat ini telah terjadi tidak kurang dari 61 letusan gunung ini. Letusan terakhir yang tercatat sebelum letusan tahun 2015 adalah letusan pada tahun 2012, tepatnya pada bulan Oktober.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk mendaki Gunung Raung? Jangan lupa siapkan berbagai peralatan lengkap dan patuhi pantauan pengawas gunung agar perjalanan kamu ke Puncak Sejati aman dan lancar.