Kalau kita perhatikan, di Indonesia ini banyak sekali tempat-tempat yang diberi nama sesuai dengan legenda yang tersebar di masyarakat. Entah bagaimana awal mula tersebarnya legenda tersebut, yang pasti sampai ke telinga generasi saat ini.

disparbud.jabarprov.go.id
disparbud.jabarprov.go.id

Padahal yang kita tahu, zaman dahulu kan semua cerita tidak dibukukan seperti sekarang. Kalau sekarang kita dapat dengan mudah tuh menemukan banyak legenda semisal Situ Bagendit dan legenda lainnya.

Salah satu legenda yang cukup terkenal juga adalah mengenai asal muasal Gunung Tangkuban Perahu.

Mungkin di antara kamu sudah banyak yang mengetahui legenda ini. Biasanya kita tahu banyak legenda atau cerita rakyat ini dari buku pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan fakta sejarah, walaupun bukan berarti kita membenarkan legenda yang beredar di telinga masyarakat. Seperti apa sih sebenarnya Gunung Tangkuban Perahu dulu dan sekarang, yuk kita ikuti kisahnya.

1Lokasi Gunung Tangkuban Perahu

anisastra.com

Gunung Tangkuban Perahu merupakan sebuah gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, tepatnya 20 km dari sebelah utara Kota Bandung. Jika kita berkunjung ke gunung ini, maka kita akan melihat hamparan perkebunan teh dan pohon-pohon pinus yang berjajar.

fotowisata.com
fotowisata.com

Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian sekitar 2084 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggiannya ini, maka suhu udara di sekitar gunung pun cukup dingin, yaitu 17 derajat pada siang hari dan 2 derajat pada malam hari.

2Bentuk Gunung Tangkuban Perahu

infobdg.com

Jika kita lihat dari namanya, gunung ini di bagian puncaknya berbentuk tangkuban perahu atau perahu yang terbalik. Secara ilmiah bentuk gunung ini adalah Stratovulcano. Gunung ini memiliki pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat.

Mineral yang biasanya dikeluarkan dari gunung ini saat dalam kondisi tidak aktif adalah sulfur belerang. Oleh karena itu, jangan heran kalau kita menemukan sumber air panas di sekitar gunung ini.

Lalu, apa yang dikeluarkan gunung ini jika masih aktif? Wah, seram juga kalau mineral yang dikeluarkannya berbahaya. Saat aktif, gunung ini mengeluarkan banyak batuan. Batuan yang dikeluarkan saat meletus sebagian besar dalam bentuk lava dan sulfur.

Namun, begitulah Allah mendesain sistem di alam ini dengan begitu sempurna. Pada akhirnya, mineral-mineral yang dikeluarkan dari letusan gunung itu menyebabkan tanah di sekitarnya menjadi subur.

3Legenda Rakyat Setempat

deviantart.com

Asal usul Gunung Tangkuban Perahu selalu dikaitkan dengan cerita Sangkuriang yang jatuh hati kepada ibunya sendiri. Kamu tahu kan cerita ini? Kok bisa jatuh cinta? Iya, soalnya Sangkuriang tidak tahu kalau Dayang Sumbi adalah Ibunya.

Dalam ceritanya dikisahkan bahwa Sangkuriang berpisah dengan ibunya sejak Sangkuriang kecil. Untuk cerita selengkapnya, kamu bisa baca bukunya ya.

Nah, saat mengetahui bahwa Sangkuriang jatuh cinta dengan ibunya dan berniat menikahinya, maka ibunya pun berniat menggagalkan rencana anaknya ini.

Oleh karena itu, ia meminta Sangkuriang untuk membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam waktu satu malam. Karena rencananya gagal, maka Sangkuriang marah dan melemparkan perahu tersebut hingga membentuk Gunung Tangkuban Perahu.

4Fakta Mengenai Gunung Tangkuban Perahu

disparbud.jabarprov.go.id

Dari legenda rakyat, maka kita beralih ke fakta mengenai Gunung Tangkuban Perahu. Kamu perlu tahu bahwa Gunung Tangkuban Perahu adalah gunung yang masih aktif dan statusnya masih selalu diawasi.

Bukti bahwa gunung ini masih aktif terlihat dari aktivitas yang masih terlihat pada kawah-kawahnya. Bukti lainnya adalah dengan munculnya gas-gas belerang dan sumber-sumber air panas di kaki gunungnya.