2 Resep Gurami Asam Manis yang Bikin Selera Makanmu Meningkat

ibcgroup.co.id

Siapa yang tidak kenal ikan gurami? Jenis ikan air tawar yang terkenal sebagai salah satu ikan konsumsi terlezat.

Ikan gurami banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Beberapa negara di berbagai belahan dunia memelihara ikan gurami dalam sebuah akuarium.

Daging ikan gurami termasuk padat dan memiliki duri besar. Soal rasa, tidak diragukan lagi kelezatannya. Banyak restoran yang menyediakan menu ikan gurami.

Biasanya disajikan dengan berbagai macam adonan masakan. Mulai dari gurami bakar, panggang hingga asam manis. Itulah sebabnya, ikan gurami terbilang mahal saat sudah dihidangkan sebagai menu masakan.

Tapi, kamu bisa kok, mengolah ikan gurami sendiri di rumah. Cukup memancing di sungai dan memasaknya sesuai selera kamu.

Kalau kamu suka gurami asam manis atau sekedar penasaran dengan kelezatan rasanya, resep berikut ini bisa kamu coba.

Intip cara membuatnya, yuk!

1Gurami Asam Manis Nanas

cobaresepku.blogspot.com

Resep kali ini berasal dari dapur Teringani Sembiring. Resep gurami asam manis istimewa yang sausnya terbuat dari bahan buah nanas.

Seperti yang kita ketahui, buah nanas sangat banyak manfaatnya. Manfaat buah nanas, antara lain mencegah penyakit kanker, memperlancar proses pencernaan dan menstabilkan gula darah.

Namun, bagi kamu yang sedang hamil, harus hati-hati. Jangan sampai mengonsumsi nanas muda. Nanas muda disinyalir dapat mengakibatkan keguguran janin.

Rasa buah nanas tergolong unik. Selain manis, ada juga sensasi asamnya, sehingga cocok jika diolah menjadi campuran dalam masakan gurami asam manis.

Bahan-bahan utama yang harus kamu siapkan untuk membuat gurami asam manis nanas, yaitu jahe, lada, bawang putih, ikan gurami, dan saus tomat.

Selain itu, siapkan juga daun bawang, tepung sagu, kecap manis, buah nanas, jeruk nipis, dan garam secukupnya.

umayaika.wordpress.com
umayaika.wordpress.com

Langkah pertama, bersihkan ikan gurami sambil menambahkan air perasan jeruk nipis. Tambahkan garam seperlunya, kemudian diaduk menggunakan tangan agar meresap ke dalam ikan gurami.

Ikan gurami tadi didiamkan selama kurang lebih 15 menit. Selanjutnya, memarkan bawang putih dan jahe serta iris tipis daun bawang.

Untuk membuat saus nanas, tumislah bawang putih dan jahe. Jika aromanya sudah tercium harum, masukan saus tomat, kecap manis, lada dan nanas. Tunggu sampai nanas terasa lembut, lalu masukan daun bawang.

Agar bumbu mengental, campurkan tepung sagu yang sudah diencerkan dengan air. Kalau sudah matang, angkat dan tiriskan.

Tahap berikutnya, kamu lumuri ikan gurami menggunakan tepung sagu. Goreng ikan gurami sampai warnanya berubah dan matang. Terakhir, siramlah ikan gurami dengan saus nanas yang telah kamu buat tadi.

ibcgroup.co.id

Sekarang, ikan gurami asam manis nanas siap disantap.

2Gurami Asam Manis Saus Mangga

9olds.com

Kamu suka buah mangga? Pasti kamu juga akan menyukai olahan gurami yang satu ini. Nama masakannya, gurami asam manis saus mangga. Kebayang lezatnya kan?

Daftar bahan-bahan yang harus kamu sediakan yaitu, ikan gurami, bawang merah, bawang putih, cabai merah, buah mangga dipotong dadu, bawang bombay, tomat, timun, garam, gula, lada, dan jeruk nipis.

arisi95.blogspot.com
arisi95.blogspot.com

Bawang bombay kamu iris rapi, tomatnya dipotong dadu, sedangkan timun dipotong bulat-bulat. Jangan lupa, siapkan juga saus tomat atau sambal.

Untuk mengolah ikan gurami, caranya sama seperti gurami sebelumnya, yaitu dibersihkan, dibaluri dengan garam dan jeruk nipis lalu didiamkan hingga 15 menit.

Sambil menunggu, tumis bawang merah, bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukan timun, tomat dan mangga. Tumis lagi, kemudian tambahkan saus tomat, garam, lada, dan gula secukupnya.

Berikan sedikit air pada bahan tumisan dan oseng hingga matang. Kalau ikan guraminya, cukup kamu goreng aja seperti biasanya. Selanjutnya, siramkan saus mangga ke atas ikan gurami.

ociym.net
ociym.net

Selesai! Kini kamu sudah bisa menikmati ikan gurami asam manis saus mangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here