Hamil adalah kondisi yang sangat rentan. Kamu kehamilan kamu merupakan yang pertama, tentu kamu akan menjaganya bagaimanapun resikonya. Banyak hal yang harus dihindari ibu hamil.

Berikut beberapa hal secara umum yang harus dihindari ibu hamil. Kamu bisa mendiskusikannya dengan dokter kandungan kepercayaan kamu untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik untuk menjaga kehamilan kamu.

1Stres

gutmicrobiotawatch.org

Menurut sebuah studi, ibu hamil yang mengalami stres berisiko menyebabkan kerusakan otak bawaan pada bayi. Penelitian lain di Inggris dan Denmark yang di publikasikan di Archives of General Psychiatry menyebutkan dampak buruk stres.

Menurut penelitian tersebut, stres secara emosional pada ibu hamil pada bulan pertama kehamilan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada perkembangan syaraf bayi dalam kandungan.

2Kafein

theodysseyonline.com

Meskipun beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi minuman mengandung kafein diperbolehkan, namun sebaiknya hindari konsumsi kafein pada trimester pertama.

Kafein dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran, oleh karena itu, bunda harus membatasi konsumsi kafein kurang dari 200 mg per hari selama kehamilan.

3Asap Rokok

bbc.co.uk

Jelas sekali asap rokok berbahaya bukan saja untuk ibu hamil tetapi untuk semua orang. Asap rokok dapat mengganggu aliran darah ke otak janin yang sedang dalam masa pertumbuhan.

4Susu Mentah

edibleaspen.com

Kamu mungkin tertarik untuk membeli susu segar yang dijual beberapa penjual susu. Namun jangan lupa untuk memasaknya terlebih dahulu. Susu mentah dimungkinkan mengandung bakteri listeria yang berbahaya bagi janin.

5Polusi Udara

environment-today.org

Asap knalpot, asap pabrik, asap reaksi kimia dan berbagai polusi udara lainnya berbahaya bagi buah hati dalam kandungan. Hal ini karena resiko bayi mengidap autisme meningkat 3 kali lipat pada ibu hamil yang sering terpapar polusi.

6Telur Mentah

itadakimasuanime.wordpress.com

Salmonela adalah bakteri berbahaya yang ada dalam telur mentah. Jangan pernah memakan masakan yang mengandung telur mentah saat bunda hamil. Karena si kecil dalam kandungan dapat mengalami infeksi bakteri salmonela.

7Malas Olah Raga

gulalives.com

Olah raga berfungsi baik untuk ibu hamil karena saat berolahraga aliran darah dan pasokan oksigen lancar. Hal ini sangat dibutuhkan selama perkembangan janin yang membutuhkan oksigen serta aliran darah yang baik.

8Cuek Dengan Si Bayi

ratihestiani.blogspot.com

Menurut beberapa penelitian, bayi dapat mendengar dan merespon suara sejak ada di dalam kandungan. Jadi, meskipun konyol jangan cuek dengan si kecil dalam kandungan.

Bunda juga bisa memperdengarkan berbagai bunyi-bunyian yang baik seperti misalnya membaca Al Quran atau memperdengarkan audio bacaan Al Quran. Hal ini dapat mendukung perkembangan si buah hati dalam kandungan.

9Kandungan Merkuri pada Seafood

thethachernotes.com

Kandungan merkuri yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada otak janin dalam kandungan. Beberapa ikan yang memiliki kandungan merkuri tinggi diantaranya: ikan hiu, makarel, tuna dan ikan pedang / todak.

10Buah dan Sayur yang Belum Dicuci Bersih

americanpregnancy.org

Tentu saja ibu hamil sangat membutuhkan konsumsi buah dan sayur yang sehat. Namun, jangan pernah bunda mengonsumsi buah dan sayur yang tanpa melalui proses pencucian dengan bersih.

Jika memakan sayuran tanpa dicuci terlebih dahulu, sangat berisiko ibu hamil mengalami toxoplasmosis. Penyakit yang disebabkan oleh banyak bakteri dalam tanah yang kotor.

Di Amerika Serikat 1 dari 5.000-8.000 bayi yang lahir mengidap penyakit toxoplasmosis ini. Beberapa efeknya pada bayi adalah kelahiran yang prematur dan berat bayi yang kurang.

Selain itu, bayi juga dimungkinkan mengalami demam, ketidaknormalan pada retina mata dan ukuran kepala, kejang, dan kelambatan perkembangan mental. Bunda tentu tidak ingin buah hati mengalami hal ini bukan?