Bagi seorang wanita yang sudah menikah, hamil merupakan fase yang dinanti-nanti dan dirindukan. Karena hamil merupakan harapan kebahagiaan mendapatkan buah hati tercinta, anak memang menjadi sumber kebahagiaan yang tiada terkira.

Saat hami merupakan peristiwa yang perlu diperhatikan baik-baik, karena segala perubahan akan terjadi pada wanita, baik fisik, hormon dan sikap. Maka dari itu perlu adanya penanganan khusus dan spesial untuk seorang wanita hamil.

Nutrisi dan gizi harus cukup untuk ibu hamil, ibu hamil juga harus sering kontrol ke dokter untuk mengetahui kondisi kandungan. Selain itu 4 hal di bawah ini harus diperhatikan.

1Kesehatan Mental Ibu Hamil

wiabethania.wordpress.com

Seorang wanita hamil akan perlu menjaga kestabilan mentalnya, bisa dengan cara banyak mendekat kepada ALLAH Swt. Banyak beribadah, membaca alquran dan berdoa.

Memang rata-rata wanita hamil akan banyak menggunakan perasaanya ketika menghadapi apapun dan mental inilah yang menjadi modal utama untuk menghadapi masa-masa berat saat hamil.

Jika kuat, wanita hamil juga perlu banyak melakukan aktifitas secara mandiri, karena hal ini akan memberikan stimulan kepada kandungan.

Anak yang mandiri biasanya ibunya dulu saat hamil suka beraktifias, begitu pula anak yang cengeng, berarti ibuna dulu saat hamil suka menangis.

2Hindari Kepercayaan Terhadap Mitos Kehamilan

pikabubu.com

Di masyarakat akan banyak sekali mitos-mitos kehamilan yang bisa merusak aqidah, ada larangan ini itu, perintah harus begini begitu saat gerhana yang tidak ada dasarnya. Jika hal ini dilakukan tentu setan akan mempermainkan perannya pada wanita hamil tersebut.

Untuk itu menjaga aqidah saat hamil juga diperlukan karena selain setan tidak bisa berperan, juga memberikan stimulan yang baik kepada kandungan .

3Dukungan Suami dan Keluarga

jeqweb.com

Seorang suami harus kerja keras ekstra saat istrinya hamil, ia harus sigap setiap saat untuk melayani istri. Karena segala sesuatu bisa terjadi saat kehamilan itu berlangsung. Suami harus juga harus berperan maksimal untuk perlindungan istri.

Selain itu dukungan keluarga juga diperlukan, mungkin ibu yang dulu pernah mengalami masa hamil bisa berbagi pengalaman yang menarik saat hamil.

4Jika Sulit Melahirkan Coba Lakukan Ini

segiempat.com

Abdullah bin Abbas Ra mengatakan, “jika seorang wanita kesulitan ketika melahirkan, maka anda tulis 2 ayat berikut secara lengkap di lembaran, kemudian masukkan ke dalam air dan kucurkan kepada dia”

Kalimat tersebut adalah Bismillahirahmanirrohim, Laa Ilaha Illaah Al Halimul Karim Subhanallahi Rabbissamawati wa Rabbil ardhi wa Rabbil ‘arsyil azhim Alhamdulillahi Rabbil Alamin.

Ka’annahum yauma yaraunaha am yalbatsu illa ‘asyiatan aw dhuhaha (Qs An Naziat :46)

Ka’annahum yauma yarauna maa yu’aduna lams yalbatsuu illa saa’atan min naharin balaagh (Qs AL Ahqaf: 35) (iman al qurthubi, Al jami’li Ahkamil Quran, 16/222, dar Ihya’ At turats)

Itulah 4 hal yang harus dijaga dan diperhatikan betul saat proses kehamilan, semoga dengan menjaga  hal tersebut proses  kehamilan menjadi lancar, sehat dan selamat.

Semoga bermanfaat