Kehidupan ini ibarat roda yang berputar, kadang di atas kadang pula di bawah. Tidak selalu berada dalam kesedihan dan tidak selalu dalam kebahagiaan.

Saat kamu berada dalam keadaan yang sulit dalam hidupmu, tantangan di depan begitu besar dan sesuatu yang kamu harapkan mungkin tidak didapat.

Ada dua pilihan yang bisa kamu ambil, membiarkan kesulitan tersebut mengalahkanmu atau menjadikan kesulitan tersebut sebagai salah satu penguatmu.

Belum berhasil dalam tes wawanara kerja, ketika orang yang kita sayangi sakit, dan lain-lain, itulah beberapa contoh hal yang di alami ketika masa sulit.

Kita tentu pernah mengalami masa sulit. Terkadang kita hampir putus asa, merasa tertekan, stres, dan sedih.

Nah, berikut beberapa hal yang dapat mengingatkanmu agar kamu dapat bangkit dari kondisi yang membuatmu terpuruk.

1Sakit adalah Bagian dari Cinta dan Kehidupan

stargazerland.files.wordpress.com

Ingatlah kamu tidak sedang hidup jika tidak pernah jatuh dan sakit. Begitu pula dengan cinta, ketika kamu pernah merasakan cinta, di sana ada kemungkinan pernah kecewa.

Alangkah baiknya jika kita tidak memandang rasa sakit sebagai sesuatu yang menghancurkan. Berdamai dengan kesakitan dan kesedihan akan membuatmu tumbuh menjadi orang yang kuat dan bijaksana.

2Pikiranmu adalah Setengah dari Pertempuranmu

www.bersatulah.com

Mustahil, jika kamu mendambakan hidup yang sempurna dan tidak pernah jatuh. Kamu tahu lautan dengan ombaknya yang besar?

Ombak-ombak tersebut ada kalanya naik hingga ketinggian beberapa meter, dan turun tenang hingga terlihat rata di permukaannya. Tidak mungkin gelombang ombak itu selalu naik.

Begitu juga dengan hidup, ada saatnya ia naik dan ada saatnya pulaia turun. Jadi jangan memimpikan hidup yang sempurna dan jangan pula membiarkan masalah yang ada membuatmu terpuruk.

Selalu berpikir positif sehinggakamu akan merasakan kedamaian dan situasipun dapat kamu kendalikan dengan baik.

3Ketakutan Terbesarmu Sesungguhnya Tidak Benar-benar Ada

yeaind.files.wordpress.com

Sebesar apapun ketakutan itu jangan sampai membuatmu dalam kegamangan dan sampai mengehentikan langkahmu.

Percayalah bahwa ketakutan-ketakutan yang muncul itu tidak terlalu mengerikan jika kamu berani. So beranilah untuk tidak membiarkan ketakutan mengehentikan langkahmu.

Tumbuh dari Pengalaman

Ada pepatah yang mengatakan “guru adalah pengalaman yang terbaik”. Memang benar adanya, pengalaman membuat kita tumbuh menjadi pribadi yang lebih kuat.

Dalam hidup ada pengalaman-pengalaman berharga yang dapat kamu petik hikmahnya. Jika kamu mengalami masa-masa sulit, yakinlah itu semua akan berlalu.

Jadikan ia sebagai pengalaman yang berharga. Karena dari pengalamanmulah kamu dapat tumbuh menjadi sosok yang kuat dan bijaksana.

4Selalu Ada Hal yang Bisa Kamu Syukuri

adayingodswill.com

Ketika kamu mengalami masa yang sangat sulit ingatlah dan pikirkan baik-baik apa saja yang telah Tuhan berikan kepadamu. Rasakan kasih sayangnya kepadamu.

Tersenyumlah, hidupmu akan terasa lebih baik. Bersyukur akan membuatmu merasakan kedamaian dan kebahagiaan.

5Kamu Tak Sendiri

blog.eldigitalstudio.com

Terkadang kita melihat orang-orang di luar sana terlihat bahagia tanpa ada beban di hidupnya. Dan kamu merasa paling terpuruk.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki masalah dalam hidupnya. Mereka-mereka yang kamu anggap bahagia pun sebenarnya juga memiliki masalah yang mungkin kamu tak mengetahuinya.

Maka jangan pernah merasa sendiri. Kamu masih memiliki keluarga, saudara dan teman. Kamu dapat berbagi cerita dengan mereka.

Hal itu dapatmenguatkanmu dan membuatmu tidak merasakan kesendirian dalam masa sulitmu.

Kesulitan adalah salah satu anugrah dalam hidup. Kesulitan mengajarkan kita untuk lebih bijaksana dan kuat. Beberapa hal di atas semoga dapat membuat kita ingat dan bangkit ketika dalam keterpurukan.

SHARE