Memiliki segudang aktivitas di luar rumah membuat kita mudah terkena polusi dan radikal bebas. Hal ini tentu berdampak pada kesehatan kulit kita.

Debu, polusi, dan radikal bebas membuat kulit kita tidak sehat dan salah satunya membuat wajah kusam.

Bagi wanita, kulit wajah kusam sangat mengganggu dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Kulitmu terlihat tidak sehat? Kusam? Apakah kamu tahu mengapa bisa demikian?

Melakukan perawatan terhadap kulit sebenarnya tidak harus ke salon kecantikan. Tahu kah kamu bahwa perawatan kulit wajah agar bebas dari kusam tidaklah mahal dan mudah dilakukan.

Maka dari itu perlu perhatian dan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kulit terutama kulit wajah.

So, simaklah beberapa hal berikut ini. Tanpa kamu sadari beberapa hal di bawah ini bisa menyebabkan kulitmu menjadi kusam.

1Kurang Minum Air Putih

papasemar.com

Kita tahu bahwa sebagian besar komposisi tubuh kita terdiri dari air. Kurang minum air membuat tubuh terasa kering dan tidak sehat.

Asupan air dari luar membuat kulit wajah terlihat sehat. Wajah yang sehat merupakan wajah yang senantiasa lembab.

Anjuran untuk minum minimal 8 gelas air putih per hari memang sangat baik. Ingin kulit terhindar dari kusam? Rutinlah minum air putih, selain baik untuk kesehatan tubuh juga sangat baik bagi kecantikan kulit.

2Tidak Memperhatikan Pengaruh Buruk Sinar UV

blog.8share.com

Tanpa kita sadari sinar matahari langsung dapat memberikan dampak buruk bagi kulit. Sinar ultra violet nya bisa membuat kulit ‘gosong’.

Akan tetapi pada waktu tertentu sinar matahari baik bagi kesehatan, biasanya sinar matahari yang baik hanya sampai pada pukul 9 pagi.

Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan sebaiknya memperhatikan pengaruh buruk sinar UV. Kamu dapat melakukan pencegahan buruk dari sinar ini dengan memakai sunblock.

Cukup simple kog, gunakan body lotion yang mengandug UV protection dan untuk kulit wajah juga demikian cream wajah yang mengandung SPF yang bisa melindungi wajah dari paparan sinar UV.

3Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Lemak Jahat

ahlikolesterol.com

Tanpa disadari kesibukan  yang kita alami membuat kita mengonsumsi makanan yang ‘tidak sehat’. Seperti makanan cepat saji atau instant.

Makanan yang banyak mengandung lemak jahat dapat mempengaruhi kesehatan kulitmu lho. Kulit sehat juga membutuhkan asupan gizi yang baik dan itu salah satunya berasal dari makanan.

4Gonta-ganti Skincare

www.cantik.com

Masih sering galau dalam memilih skincare? Pilihlah skincare yang cocok di wajahmu dan sebaiknya pertahankan.

Gonta-ganti skincare membuat kulit wajahmu terlihat kusam.

5Lupa Mencuci Wajah

beauty.grivy.com

Setelah aktivitas seharian tentu wajahmu kotor terkena debu dan polusi. Hal ini tentu dapat merusak kesehatan kulitmu.

Capek atau lelah mungkin menjadi salah satu alasanmu malas untuk mencuci wajah. Mencuci wajah sehari 2 sampai 3 kali sehari merupakan salah satu cara yang mudah dilakukan agar kulit wajahmu tidak terlihat kusam.

Tentang penyebab kulit kusam di atas semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita sehingga kita bisa lebih hidup lebih sehat, salah satunya agar memiliki kulit yang sehat.