Jika kamu penggila makanan atau petualang kuliner, ngomongin makanan memang menarik, dari a sampai z semua diomongin, mulai dari makanan jawa, makanan sunda sampai makanan eropa.

Seorang pecinta kuliner bukan berarti sembarang makanan yang bisa dimakan, makanan bersih dan baik tentu menjadi perhatian utama. Tapi tidak hanya itu tempat dan alat masak juga menjadi perhatian yang perlu diterapkan.

Namanya juga makanan, dan makanan merupakan sumber dari penyakit dalam tubuh.  Makanya kamu harus perhatikan 7 hal di bawah ini.

1Bahan yang digunakan

blog.tokopedia.com

Bahan yang digunakan memang menjadi perhatian utama bagi seorang kuliner. Kita tahu banyak sekali makanan yang rasanya enak tapi dibuat dengan bahan yang tidak baik atau dari bahan yang sisa-sisa.

Ingat kawan, bahan ini adalah sumber gizi juga bisa sumber penyakit.

Di restoran mewah atau di hotel belum tentu lho makanannya dari bahan yang bersih, karena sudah beberapa kali petugas restoran atau hotel terkena marah oleh tamu karena makanan yang disediakan ada ulat kecilnya.

Yang paling aman adalah ketika kita membeli makanan di tempat yang langsung dimasak, memang kadang antri dan lama tapi  kita jadi  tahu bahan-bahan yang digunakan.

2Tempat untuk Memasak

jeniefengshuionline.com

Menjadi kuliner tidak hanya pandai merasakan makanan lho. Kamu juga harus pintar melihat situasi, keadaan dan tempat untuk memasak.

Kamu akan seperti jijik dan hilang nafsu makan ketika melihat masakan yang di masak di tempat yang kotor, berdebu atau tempat yang banyak tikus atau hewan lain.

Rata-rata memang banyak sekali tempat jorok ini di pedagang kaki lima di jalanan, tapi bukan berarti di restoran bersih semua, ada juga lho yang jorok dan terkesan tidak layak untuk tempat memasak. Hati-hati ya.

3Alat untuk Memasak

nasbahrygallery1.blogspot.com

Jika kamu benar-benar seorang kuliner tentu kamu harus tahu, selain bahan dan tempat, kamu juga harus tahu alat yang digunakan untuk memasak, jangan sampai alat itu sudah karatan, ini bisa bahaya.

Atau juga alat yang digunakan tidak bersih, tidak di cuci setelah pemakaian , wah jangan sampai segitunya pokoknya.

4Orang yang Masak

serunique.com

Ini juga perlu diperhatikan lho, orang yang masak setidaknya juga berpenampilan bersih, cara masaknya juga bersih, pakai sapu tangan atau paling tidak tangannya sudah di bersih.

Walau bahan bersih, tempat dan alat mantap jika orangnya jorok, tetap kamu akan kehilangan nafsu makanmu. Makanya perhatikan ya pren.

5Tanggal Kadaluarsa

nisasan12.blogdetik.com

Tanggal kadaluarsa merupakan bagian penting yang harus diperhatikan bagi kamu kuliner yang suka jajan makanan instan, yang memiliki tanggal batas terakhir layak dimakan.

Biasanya makanan seperti ini sudah berbeda rasanya ketika sudah batas kadaluarsa, selain rasanya, bentuknya juga kadang sudah acak-acakan. Efeknya kalau kita makan selain sakit perut kita juga bisa keracunan. So,perhatikan apa yang kamu makan lho.

6Daftar Nutrisi

omkicau.com

Daftar nutrisi di wadah makanan instan perlu juga diperhatikan, karena makanan buatan pabrik ini kadang tidak memperhatikan apa gizi yang terkandung di dalamnya.

Jangan sampai daftar isinya cuma kolestrol, itu bukan gizi namanya, itu cuma nambah penyakit. Jangan juga daftar isinya bahan-bahan aneh yang tidak kita kenal, iya kalau aman kalau tidak bagaimana?

7Harga

akhalisa.wordpress.com

Harga merupakan salah satu perhatian yang perlu bagi kamu, kamu yang kuliner kelas sederhana. Banyak sekali restoran atau rumah makan hotel yang harga makanannya tidak bisa di pikir secara manusiawi.

Bayangkan saja pernah ditemui  di sebuah restoran di Indonesia, harga air putih aja per gelasnya 10.000 rupiah, nasi putih yang cuma beberapa sendok harganya 20.000 rupiah.

Wah bisa habis uang kita cuma buat makan. Ini juga bisa dikatakan menganggu kesehatan lho. Kesehatan dompet tapi, hehe.

SHARE