Bagi kamu yang mengaku lahir pada tahun 90-an awal atau 80-an akhir, maka sebutan yang cocok untukmu adalah Generasi 90-an.

Dimana kamu menghabiskan masa kecilmu di awal-awal tahun 90-an, dan saat itu pastinya sangat berbeda dengan kondisi masa sekarang.

Dimulai dari tren atau model pakaian yang mungkin bagi kaum muda zaman sekarang pasti dibilang jadul, kemudian berbagai tontonan yang sarat akan dunia anak-anak, ditambah mainannya yang khas.

Menariknya, Generasi 90 dahulu benar-benar bisa menikmati masa kecilnya dengan penuh kegembiraan ala anak kecil sewajarnya.

Mulai dari tontonan kartun dan Si Unyil yang mendidik dan menyenangkan, permainan yang menambah wawasan, serta pergaulan yang baik antar sesama anak-anak.

Miris sekali rasanya jika melihat zaman sekarang tontonan, permainan, dan pergaulan anak-anak kecil sudah sangat tidak terkontrol.

Nah, bagi kamu yang mengaku sebagai Generasi 90-an, yuk sedikit bernostalgia dengan mengintip beberapa mainan kesukaanmu di masa kecil dahulu!

1Karet

distributorkaretgelang.blogspot.com

Karet pada masa kecil para Generasi 90 adalah sebuah mainan yang amat menyenangkan. Bukan sebagai alat jepret temannya, namun karet ini berfungsi sebagai alat lompat tali.

Karet gelang ini dirangkai agar menjadi alat lompat tali yang kuat.

Dan tak hanya anak perempuan saja, namun banyak juga anak laki-laki yang menyenangi permainan ini.

Semakin banyak karet koleksimu kala itu, maka alat lompat talimu bisa semakin panjang.

2Bekel

dyahslib.blogspot.com

Seperangkat alat permainan bekel seperti bola dan butirnya merupakan permainan yang tak kalah menarik juga bagi para Generasi 90-an di masa kecilnya dulu.

Nah, pasti kamu yang juga Generasi 90 tak akan pernah bisa lupa bukan, bagaimana sensasinya menunggu bola bekel membesar setelah direndam dalam minyak gas?

Atau bagaimana rasanya adu kecepatan mengambili butiran bekel sambil memainkan bolanya sekaligus.

Bagi kamu anak muda zaman sekarang yang bingung dengan permainan ini, kamu perlu belajar pada kakak-kakakmu dari Generasi 90. Hehehe.

3Kelereng

permainantradisional-indonesia.blogspot.com

Jika butiran bekel dan bolanya adalah permainan kesukaan anak perempuan di tahun ’90-an dahulu, maka kelereng adalah mainan favorit anak laki-lakinya.

Kelereng atau disebut gundu biasanya menjadi koleksi anak laki-laki kala itu, dan jika semakin banyak jumlahnya, bagi anak laki-laki akan menjadi sebuah kebanggan sendiri.

Kebanyakan memang permainan gundu ini hanya bisa dilakukan oleh anak laki-laki, baik teknik maupun sensasinya memang lebih banyak dipahami oleh anak laki-laki.

Anak laki-laki yang tidak bisa bermain gundu kala itu akan dianggap sebagai anak ‘banci’. Namun tak sedikit juga lho anak perempuan yang bisa bermain gundu.

4Barbie

jeqweb.com

Untuk anak perempuan Generasi 90-an, tak lengkap rasanya tanpa mengkoleksi boneka Barbie. Walaupun memang sebenarny zaman sekarang boneka ini pun masih menjadi favorit.

Anak perempuan di masa itu biasanya senang sekali jika saling bertukar beberapa aksesoris Barbie mereka dengan milik temannya.

5Tamiya

www.youtube.com

Nah, jika anak perempuan memiliki mainan favorit bernama Barbie, maka berbeda lagi dengan anak laki-laki.

Mobil balap dengan tenaga baterai atau dinamo dan kadang bisa dioperasikan dengan remote ini bernama Tamiya.

Namun sayangnya Tamiya merupakan permainan mahal, karena harga Tamiya kala itu bisa dibilang tidak murah, sehingga tidak semua anak laki-laki bisa memilikinya.

6Kertas File atau Binder

www.tokopedia.com

Tidak hanya anak perempuan, namun beberapa anak laki-laki Generasi 90 di masa kecilnya pasti banyak yang memiliki binder.

Binder tak akan bisa berfungsi tanpa adanya kertas file. Dan kertas file warna-warni inilah yang kemudian menjadi permainan seru, yaitu mengkoleksinya dengan saling bertukar dengan teman.