Bagi kamu pasangan muda, bagaimana rasanya ketika mendengar kabar kehamilan sang istri? Tentunya senang bukan kepalang bukan?

Namun jangan lupa rasa senang nantinya harus disertai perhatian yang serius terhadap kondisi sang Istri.

Kenapa perlu perhatian serius untuk calon ibu yang sedang hamil muda, karena di waktu itulah kondisi kehamilan yang amat riskan menurut para pakar. Akibat paling buruknya bahkan sampai dengan keguguran.

Hamil muda adalah periode waktu kehamilan 0 – 3 bulan, atau biasa disebut trimester pertama. Kehamilan muda memang membawa begitu banyak perubahan hormonal yang bisa menimbulkan berbagai macam ‘rasa’.

Contohnya, seperti mual-mual, kembung, tegang di perut, nyeri, dan yang lainnya.

Karenanya kondisi ibu hamil muda cenderung tidak stabil, secara fisik maupun psikologis. Apalagi bagi calon ibu yang baru pertama kali mengandung.

Untuk itu banyak hal yang perlu diperhatikan untuk kesehatan dan keselamatan calon ibu dan janinnya.

Selain pantangan makanan dan minuman bagi wanita hamil muda, banyak kegiatan yang dapat membahayakan kondisi kehamilan.

Berikut kegiatan-kegiatan yang menjadi pantangan untuk kehamilan usia muda.

1Mendengarkan Suara Terlalu Keras

insidecteh.com

Sebaiknya bagi yang sedang hamil muda agar menghindar dari mendengar suara yang terlalu keras dan bising dengan intensitas yang lama. Disaat hamil muda sang ibu memang sensitif dengan suara dan cahaya.

Suara yang keras membuat si ibu menjadi stres. Bahkan pada kondisi tertentu berpotensi memunculkan sakit kepala dan migrain pada diri sang ibu.

Selain itu berpengaruh juga pada pendengaran si bayi terutama pada kehamilan trimester pertama.

2Sauna dan Berendam Air Panas

sportzentrum-frutigen.ch

Hamil muda memang sering memicu stres pada calon ibu. Dan sauna tentu pilihan yang sering dilakukan untuk menghilangkan stres. Namun tunggu dulu, bagi ibu hamil muda sebaiknya hindari kegiatan ini.

Suhu yang terlalu hangat atau panas di saat kamu sauna, bisa mengganggu perkembangan janin, terutama pada perkembangan otak janin.

3Aktivitas Berlebihan Hingga Dehidrasi

panduanhidupsehat.com

Ibu hamil cenderung lebih mudah kehausan. Sedangkan aktivitas berlebihan seperti olahraga dan pekerjaan fisik tentunya menyebabkan kehausan.

Jika kebutuhan air tidak tercukupi dan terjadi dehidrasi, akan sangat berbahaya bagi ibu dan janin.

Bagi ibu akan memicu demam, kerusakan ginjal dan kurangnya produksi ASI. Sedangkan bagi janin akan berpotensi pada kelahiran bayi yang cacat, akibat kurangnya cairan aminiotik saat dehidrasi.

Sebaiknya hindari aktivitas berlebihan, dan banyak minum air yang mengandung banyak elektrolit seperti air kelapa.

4Berpergian Terlalu Jauh

blog.reship.com

Pada umumnya, dua belas minggu pertama (hamil muda) dan setelah minggu ke-36 masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk tidak bepergian jarak jauh.

Pada awal masa kehamilan, selain risiko keguguran masih tinggi, sebagian wanita hamil sering merasa mual dan lebih gampang lelah.

Tentunya secara fisik tidak baik bagi ibu hamil terlalu lelah. Apalagi dalam berpergian jauh banyak mendengarkan suara bising dalam perjalanan.

5Mewarnai Rambut

cendutcosmetik.blogspot.com

Ibu hamil yang baru masuk ke trimester pertama tidak boleh mengecat atau mewarnai rambut. Cat rambut mengandung bahan yang bisa menyebabkan kondisi janin menjadi lebih serius.

Bahan kimia cat rambut bisa masuk ke dalam tubuh ibu hamil dan diserap oleh plasenta. Jika ibu hamil ingin mewarnai rambut sebaiknya lakukan setelah tahap trimester pertama terlewati.

6Menyelam

singlewomantravel.wordpress.com

Bagi kamu yang hobi yang satu ini, pantangan yang selanjutnya bagi ibu hamil muda adalah menyelam.

Kegiatan ini cukup berbahaya, karena nitrogen yang terkandung ketika menyelam akan masuk ke aliran darah, dan mengancam keselamatan janin sang ibu.

SHARE