Bagi seorang suami dalam keluarga muda yang bahagia, mendapati istri yang hamil tentu saja hadiah terindah yang tidak akan dilupakan. Kebahagiaan membuncah dan cinta semakin menghujam dalam hati.

Nah, tetapi jangan pernah remehkan kehamilan, banyak fakta mengejutkan yang tidak akan pernah kamu alami sebagai seorang laki-laki. Karena seorang perempuan, seorang ibu, jauh lebih kuat, tiga kali lebih utama daripada seorang laki-laki atau seorang ayah.

Berikut beberapa fakta seputar kehamilan yang mungkin belum pernah kamu ketahui.

1Janin Dapat Merasakan Makanan

curejoy.com

Benar, kamu tidak percaya? Janin dalam perut istri kamu dapat merasakan rasa makanan yang dimakan ibunya. Cita rasa yang kuat seperti bawang, wortel, dan berbagai makanan lain ikut dirasakan janin lewat air ketuban.

2Air Susu Ibu

tesco-baby.com

ASI diproduksi secara otomatis oleh perintah otak terhadap hormon tertentu. Nah, pada saat seorang perempuan hamil, ASI diproduksi secara otomatis. Ajaibnya adalah saat ibu yang baru saja melahirkan mendengar suara bayi menangis.

Saat itu juga otak memerintahkan tubuh untuk melepas hormon yang kemudian berfungsi membuat tubuh sang ibu dapat memproduksi ASI.

3Hamil dan Rahim

jpupdates.com

Ukuran normal rahim seorang perempuan adalah seukuran buah persik atau buah apel. Nah, terjadi peregangan yang sangat menakjubkan pada rahim ibu hamil.

Rahim seukuran buah apel tersebut meregang menjadi sebesar buah semangka yang besar. Sekitar 500 kali lebih besar dari ukuran awal.

4Ibu Hamil yang Sensitif

papansense.tumblr.com

Kalau kamu mengamati betapa istrimu yang hamil sangat mudah muntah saat mencium berbagai bebauan yang sebenarnya kamu rasa biasa saja, jangan pernah salahkan dan bersabarlah.

Urus istri kamu dengan baik dan menurutlah kemana pun ia merasa lebih baik. Mekanisme sensitif pada bebauan ini adalah mekanisme otomatis tubuh seorang ibu hamil untuk menjauhi sesuatu yang dianggap jelek oleh tubuh ibu hamil.

Jadi, turuti semua keinginan istri kamu yang hamil, kemanapun asal ia merasa nyaman.

5Sidik Jari

apollo.tvnet.lv

Inilah identitas fisik yang dikirimkan Tuhan untuk manusia, sidik jari. Tidak dimungkinkan terdapat dua orang dengan sidik jari yang berbeda. Sebuah kekuasaan Tuhan yang tidak dapat disanggah lagi.

Nah, sidik jadi pada janin terbentuk saat usia kehamilan menginjak trimester pertama atau 3 bulan pertama kehamilan.

6Jantung yang Tumbuh

stemcellclinic.com

Selama kehamilan, kerja jantung pada ibu hamil bertambah. Hal ini menyebabkan jantung juga ikut tumbuh selama kehamilan. Hal ini karena kebutuhan tenaga lebih banyak untuk memompa 40-50%  darah yang lebih banyak selama kehamilan.

7Nutrisi

healthination.com

Bayi akan mendapatkan nutrisi sebelum si ibu. Mengejutkan bukan? Berbagai nutrisi yang menyebar ke seluruh bagian tubuh lewat aliran darah akan terlebih dulu diserap oleh janin. Inilah bukti betapa pentingnya asupan nutrisi ibu hamil.

8Ibu Hamil Mulas

flickr.com

Istri kamu yang sedang hamil sering mulas? Jangan khawatir, itu tidak berbahaya. Namun, kamu tetap harus rutin melakukan konsultasi dengan dokter kandungan.

Mitosnya, kalau sering mulas, bayi akan lahir dengan ramput yang lebat. Dan mitos ini bukan hanya sekedar mitos, hal ini sangat benar.

9Kehamilan Terlama

muslimahberhijab.com

Seorang perempuan berusia 25 asal Los Angeles, Beulah Hunter mengalami masa kehamilan terlama, satu tahun sepuluh hari (375 hari). Rata-rata kehamilan pada umumnya adalah selama 280 hari.

Dokter yang menangani Hunter, dr Daniel Beltz juga bersumpah bahwa hal yang dialami Hunter benar dan bukan isu atau rekayasa bohong. Bayi Beulah Hunter diberi nama Penny Diana.