Handphone merupakan benda elektronik yang bisa dibawa kemana-mana, benda elektronik semacam ini memang anti air, musuhnya adalah air. Jika terkena air maka tamatlah kehidupan handphone.

Memang kadang agak sulit membawa handphone tanpa tas, kadang kita sering lupa bahwa di saku kita ada benda ini. Jadi ketika digunakan untuk aktifitas maka jatuh itu handphone dan sekali jatuh akan sulit sekali mengembalikan ke bentuk semula.

Entah ada yang pecah atau mesinnya rusak yang jelas tidak seperti awalnya. Apalgi jika jatuh ke air, tentu akan mengakibatkan kerusakan total, tapi ketika handphone jatuh ke air masih ada harapan bisa digunakan lho guys, bagaimana caranya? disimak di bawah ini.

1Copot Semua

gerbang-komputer.com

Ketika handphone kamu jatuh ke air hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencopot semuanya, mulai dari baterei, casing, mesin dll. Dengan mencopot semua komponen maka air akan keluar dan akan cepat kering.

Setelah di copot, semua komponen tadi lap dengan kain bersih,

2Keringkan

garasiopa.com

Setelah di lap keringkan dengan angin, kamu bisa menggunakan kipas angin untuk mengeringkan. Diamkan sampai benar-benar kering. Atau kamu juga bisa keringkan dengan menjemur kena sinar matahari langsung, pastikan semua benar-benar kering.

3Pasang Kembali

diy4all.wordpress.com

Setelah benar-benar kering kamu bisa memasang kembali semua komponen tadi, pastikan tidak ada satupun yang hilang, jangan sampai tidak terpasang juga. Karena ketika tidak terpasang maka handphone kamu juga tidak bisa menyala.

Kalau kamu kesulitan masang, maka kamu bisa minta bantuan teman atau tukang servis handphone untuk memasangnya.

4Menyala Atau Tidak?

kaskus.co.id

Kamu bisa hidupkan lagi handphone kamu, kalau menyala, kamu tes dulu semua keyboardnya, tes untuk memanggil dan menerima panggilan. Tes kartu sim kamu, masih bisa mengirim pesan atau tidak dan tes juga kondisi baterei cepat ngedrop atau tidak.

Jangan lupa tes sinyalnya, kalau tidak ada sinyal atau sulit sinyal, kamu bisa mencari di tempat lain yang lebih banyak sinyalnya.

5Kalau Tidak Menyala

kaskus.co.id

Kalau handphone kamu tidak menyala jangan buru-buru di larikan ke tukang servis, masih ada harapan hidup kok, kamu buka lagi dan lepas semua komponen lagi. Cek dulu mungkin masih ada yang basah atau bagian yang dipasang tidak tepat.

Jika semua sudah kamu cek dan memang tidak bisa menyala, kamu coba lepas batereinya saja dan pinjam baterei handphone teman, adik, kakak atau yang lain, ganti baterei kamu dengan baterei lain dan coba hidupkan.

Kalau bisa hidup berarti kamu cuma butuh baterei guys, so jangan buru-buru ke tukang servis, sayang kalau kehilangan biaya servis.

6Jika Rusak Total

wyw1d.wordpress.com

Jika memang tidak bisa hidup lagi, kamu larikan saja ke tukang servis, sebelum kamu minta servis total, kamu pertimbangkan dulu sama tukang servis, kira-kira habis berapa biaya? kalau memang biayanya banyak mending jual aja itu handphone, kalau biaya sedikit kamu bisa serviskan.

7Beli yang Baru

new2smartphone.blogspot.com

Jika memang sudah tidak bisa di perbaiki dengan biaya sedikit,maka kamu bisa tukar tambah handphone yang rusak tadi dengan handphone yang baru. Kalau handphone kamu keluaran tahun terakhir mungkin harganya masih lumayan.

Menjaga handphone harus benar-benar cermat, kalau kita lengah sedikit saja bisa fatal akibatnya, dengan harga handphone sekarang tentu kita harus lebih berhati-hati dalam membawa.

Semoga bermanfaat ya guys.

SHARE