Kamu yang tinggal di perkotaan pasti jenuh dengan aktivitas padat yang harus dijalani di weekdays? Berangkat kerja sebelum matahari terbit untuk menghindari macet. Sampai rumah setelah matahari terbenam.

Belum lagi mengalami tekanan kerja dari atasan, konflik bersama rekan kerja, dan bergulat bersama keramaian kota yang mengharuskan untuk bersabar tingkat tinggi.

www.merdeka.com
www.merdeka.com

Weekend adalah waktu yang pas untuk sejenak melepas penat dan melupakan berbagai beban hidup. Weekend menjadi charger semangat agar tubuh kembali fresh. Namun sayangnya lagi-lagi weekend memerlukan pengorbanan.

Menghabiskan weekend di mall sama saja dengan menghadapi keramaian kembali. Begitu juga dengan pantai, puncak, taman bunga, dan fasilitas-fasilitas wisata publik lainnya.

Belum lagi dengan kemacetan yang kembali membuat fisik lelah. Harga yang harus di bayar untuk liburan pun cukup menguras kantong. Bagi kamu yang tidak suka weekend dengan pengorbanan seperti ini tak perlu khawatir.

Berikut ini ada beberapa trik menghabiskan waktu weekend bersama keluarga tanpa menguras duit.

1Membaca Buku

www.trivia.id

Saat ke toko buku atau pameran buku murah biasanya membeli banyak buku untuk menambah koleksi. Begitu juga dengan si kecil yang hobi membaca.

Namun, kesibukan sehari-hari tentu saja tak bisa habis dibaca dalam satu kali waktu. Saat akhir pekan tak ada salahnya membaca koleksi buku yang belum sempat dibaca.

Agar lebih seru sediakan teh hangat dan makanan ringan untuk menemani membaca bersama. Jika si kecil tak suka membaca, bunda dan ayah bisa membaca sedangkan si kecil bermain asal masih dalam pengawasan.

Membaca adalah memenuhi nutrisi akal dan meng-update informasi.

2Memasak Bersama

www.ifaavianty1.wordpress.com

Sebuah pepatah mengatakan, benih cinta seorang laki-laki dapat tumbuh dari makanan. Di hari aktif mungkin bunda tidak bisa memenuhi kewajiban menyiapkan makanan 3 kali sehari.

Kalaupun menyiapkan makanan hanya makanan itu-itu saja yang dapat dimasak dengan cepat. Weekend adalah saat bunda membayar hutang kewajiban ini. Tak masalah memasak sesuatu yang spesial. Gunakan internet untuk browsing menu-menu baru.

Jika bunda punya anak perempuan, libatkanlah ia memasak bersama. Walaupun dapur menjadi berantakan, baju anak coreng moreng, dan lebih boros bahan baku.

Namun, ini semua adalah harga yang harus di bayar untuk menjalin kedekatan bersama si kecil. Saat sudah matang, sajikan untuk semua anggota keluarga. Sembari mengobrol dari hati ke hati untuk mendekatkan seluruh anggota keluarga.

Jika perlu buatlah permainan yang melibatkan semua anggota keluarga seperti petak umpet atau ular tangga. Siapa yang menang mendapatkan reward makanan yang telah bunda buat bersama si kecil.

3Olahraga Bersama

www.sandurezu.wordpress.com

Olahraga adalah kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi untuk menjaga agar tubuh tetap bugar. Olahraga tak harus selalu menguras dompet seperti fitness dan bermain golf.

Ajaklah semua anggota keluarga berjalan-jalan keliling kompleks perumahan di pagi hari. Jika sesampai rumah bunda belum sempat memasak, beli saja di warung makan tetangga rumah.

Agar lebih seru adakan lomba kecil-kecilan seperti balapan lari atau balapan menggendong si kecil. Bukankah hal ini sangat menyenangkan?

4Menanam Bersama

www.trivia.id

Tanaman hias dan bunga-bunga kecil penting agar rumah selalu sehat. Jika lahan rumahmu sempit, gunakan botol-botol plastik bekas sebagai pot untuk menanam.

Di akhir pekan saatnya menambah koleksi tanaman hias atau sekedar merapikan taman kecil bersama keluarga. Berkotor-kotoran dengan tanah adalah hal yang menyenangkan.

5Men-charger Keimanan

www.keluarga-muslim-sevilla.com

Sekarang ini banyak sekali pengajian-pengajian di akhir pekan yang diadakan di masjid-masjid besar. Secara berkala ajaklah keluarga mengikuti pengajian untuk men-charger keimanan.

SHARE