“Ajarkanlah anak cara untuk belajar bukan sekedar mengajarkan pelajaran. Dengan begini, tanpa dipaksa pun ia sudah tahu kapan dan bagaimana seharusnya dia belajar.”

Back

1. Keluhan Banyak Orang Tua

Kalau kamu pernah menjadi guru di sekolah, maka kamu akan sering mendengarkan keluhan para orang  tua tentang anaknya yang sulit sekali diajak atau disuruh belajar di rumah. Selain itu, kamu pun akan mendengar pernyataan bahwa para orang tua itu selalu berusaha memaksa anaknya untuk belajar. Tapi apa hasilnya? Anaknya justru makin malas belajar, sekalipun belajar itupun terpaksa karena merasa di bawah ancaman orang tuanya.

Semua orang tua pasti sepakat kalau belajar itu penting. Tapi banyak orang tua merasa kesulitan menyampaikan kepada anaknya bahwa belajar itu penting. Tepatnya mereka lebih sering main paksa dibandingkan menjelaskan kepada anaknya bahwa belajar itu penting lho! Sehingga ya hasilnya anak pun tidak merasa bahwa belajar itu penting.

Nah, kalau maksa anak belajar itu nggak baik, kira-kira bagaimana ya caranya membuat anak mau belajar dengan sukarela dan mandiri walaupun tanpa diawasi?

Back