Kita menjalani kehidupan siang malam silih berganti. Namun kadang kita tak sadar jika hari demi hari yang kita lalui ada banyak manfaat dari hari tersebut yang kita lewatkan.

Contohnya saja hari Jumat. Di Indonesia karena hari liburnya hari Ahad maka hari Jumat dianggap seperti hari-hari lainnya. Sama untuk beraktivitas. Bedanya cuma ada shalat Jumat saat siang hari.

Kebiasaan menganggap biasa hari Jumat ternyata tidak tepat. Hari Jumat justru adalah hari yang paling utama. Bahkan ada keistimewaan hari Jumat dibanding hari-hari yang lain dalam satu minggu. Apa saja keistimewaannya?

1Hari Terbaik

sholawat.co

Hari Jumat adalah hari yang terbaik diantara hari-hari yang lain. Hal ini tidak mengada-ngada namun berdasarkan hadis dari Nabi SAW.

Dari Abu Lubabah bin Ibnu Mundzir radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Hari jum’at adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari jum’at ini lebih mulia dari hari raya Idhul Fitri dan Idul Adha di sisi Allah, pada hari jum’at terdapat lima peristiwa, diciptakannya Adam dan diturunkannya ke bumi, pada hari jum’at juga Adam dimatikan, di hari jum’at terdapat waktu yang mana jika seseorang meminta kepada Allah maka akan dikabulkan selama tidak memohon yang haram, dan di hari jum’at pula akan terjadi kiamat, tidaklah seseorang malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi dan di langit kecuali dia dikasihi pada hari jum’at.” (HR. Ahmad)

2Hari Diampuni Dosa

plus.google.com

Ramadhan satu dengan Ramadhan lain, Jumat satu dengan Jumat lain dan waktu shalat satu dengan waktu shalat lain adalah saat-saat dimana Allah SWT menurunkan ampunannya.

Dari Salman Al-Farisi RA mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda, “Tidaklah seseorang mandi pada hari jum’at dan bersuci semampunya, berminyak dengan minyak, atau mengoleskan minyak wangi dari rumahnya, kemudian keluar (menuju masjid), dan dia tidak memisahkan dua orang (yang sedang duduk berdampingan), kemudian dia mendirikan shalat yang sesuai dengan tuntunannya, lalu diam mendengarkan (dengan seksama) ketika imam berkhutbah melainkan akan diampuni (dosa-dosanya yang terjadi) antara jum’at tersebut dan jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari)

3Waktu Mustajab Berdoa

gambartop10.blogspot.com

Hari Jumat juga hari yang tepat untuk banyak memanjatkan dosa. Karena hari Jumat adalah hari dimana doa-doa akan dikabulkan.

Hal ini sesuai dengan hadis Nabi SAW, “Sesungguhnya pada hari Jum’at terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Rasululllah mengisyaratkan dengan tangannya menggambarkan sedikitnya waktu itu (H. Muttafaqun Alaih)

4Sedekah Pahala Berlipat

www.mujahidinfm.com

Sedekah pada hari Jumat ternyata mengandung pahala yang lebih berlipat dibanding hari yang lain. Hal ini sesuai dengan perkataan Ibnu Qayyim

Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”. Hadits dari Ka’ab z menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya”.(Mauquf Shahih)

5Jika Meninggal Khusnul Khatimah

gorohmat.blogspot.com

Beruntunglah orang beriman yang wafat pada hari Jumat. Salah satu tandanya orang yang khusnul khatimah adalah wafat pada hari Jumat.

Diriwayatkan oleh Ibnu Amru , bahwa Rasulullah bersabda:”Setiap muslim yang mati pada siang hari Jum’at atau malamnya, niscaya Allah akan menyelamatkannya dari fitnah kubur”. (HR. Ahmad dan Tirmizi, dinilai shahih oleh Al-Bani).

SHARE