Hari kiamat adalah sebuah hari dimana alam semesta, yaitu dunia dan seisinya berguncang, guncangan tersebut terjadi karena kehendak Allah dan kapan waktunya hanya Allah yang tahu.

Dalam Islam dikenal dua macam kiamat, yaitu kiamat kecil atau disebut kiamat sughra, dan kiamat besar atau disebut sebagai kiamat kubra.

Kiamat kecil ini adalah sebutan bagi bencana yang mengguncang bumi atau alam semesta, bahkan merenggut korban jiwa, namun belum sampai menghancurkan seluruh alam semesta dan seisinya ini.

Contoh kiamat kecil adalah banjir, gunung meletus, kebakaran hutan, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, jatuhnya meteor di Bumi atau planet lainnya, ledakan di luar angkasa, dan lain-lain.

Sedangkan kiamat besar adalah ketika Malaikat Isrofil meniup sangkakalanya untuk pertama kalinya dan hancurlah smeua alam semesta atas izin Allah, semua yang hidup akan mati tanpa terkecuali.

Suatu saat hari tersebut akan datang dan tak ada satupun makhluk yang mampu bersembunyi untuk menghindarinya, yang bisa dilakukan hanya menyiapkan amalan terbaik sebelum menghadapNya.

Dalam kitab suci umat Muslim yaitu AL Qur’an, Allah SWT telah menjelaskan semua tentang hari kiamat, dengan sangat jelas sekali, agar tak ada satupun manusia yang mengingkarinya.

Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu, melainkan hati kiamat (yaitu) yang datang kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya.

Maka apakah faedahnya bagi mereka kesadaran mereka itu apabila hari kiamat sudah datang?” (QS. Muhammad ayat 18).

Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya..” (QS. Al Hajj ayat 7).

Dan tidaklah Kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, melainkan dengan benar. Dan sesungguhnya saat (kiamat) itu pasti akan datang, maka maafkanlah (merek) dengan cara yang baik.” (QS. Al Hijr ayat 85).

MasyaAllah, semoga kita bisa mempersiapkan diri dengan bekal amal terbaik sebelum hari kiamat itu tiba!