Sekarang ini persaingan antar perusahaan semakin ketat, dan ditambah oleh jumlah tenaga kerja yang semakin banyak (dan berkualitas), maka seseorang dituntut untuk dapat dengan cepat menyesuaikan diri di tempat kerja barunya.

Semakin cepat akan semakin baik. Berikut adalah strategi bagaimana kamu harus bersikap selama 60 hari pertama di tempat kerja baru. siapa tahu, mungkin karir kamu akan melesat dan tetap berada di jalur cepat.

114 hari pertama

www.bintang.com

Gunakan 14 hari pertama kamu untuk pengenalan rekan-rekan kerja. Supaya bisa diterima oleh lingkungan baru, sering-seringlah menghabiskan waktu dengan rekan-rekan yang dapat memberitahu kita peraturan-peraturan informal di dalam perusahaan.

Pertama dekati mereka-mereka yang akan sering kamu temui misalnya teman satu departemen atau dari departemen lain yang mempunyai hubungan erat dengan pekerjaan kamu, para pembuat keputusan misalnya pimpinan proyek dan orang-orang yang berpotensi menjadi mentor kamu.

Jangan ragu-ragu untuk menyediakan waktu makan siang dengan orang-orang ini. Tujuannya tak lain adalah untuk mengetahui aturan yang berlaku di tempat baru tersebut.

230 Hari pertama

www.thestaffingstream.com

Kamu bisa bertemu atasan, tanyakan apakah ada kemajuan dalam pekerjaan kamu. Kebanyakan orang yang baru bekerja di tempat baru melakukan kesalahan fatal dengan mengira atasan mereka tahu apa saja tugas yang harus kamu lakukan.

Hal ini diperparah oleh ketakutan kalau-kalau tugas kita dianggap tidak dikerjakan dengan benar. Tapi ada hal yang mungkin luput dari perkiraan kita, biar bagaimana pun atasan pasti ingin kamu sukses, karena kesuksesan kamu secara tidak langsung akan berakibat positif pada dirinya.

345 hari pertama

rumahkeluargaindonesia.com

Di fase ini mulai tulis dan pahami deskripsi pekerjaan kamu. Setelah satu setengah bulan di posisi baru, harusnya kamu sudah tahu tanggung jawab apa saja yang harus kamu emban.

Tulis pertanyaan-pertanyaan yang terlintas di benak kamu di atas sebuah kertas, berikut dengan daftar proyek-proyek yang telah kamu tangani. Kemudian temui atasan kamu dan diskusikan hal ini dengannya.

460 hari pertama

intisari-online.com

Ini adalah fase mengerjakan pekerjaan dengan baik. Memang, kamu harus melakukan pekerjaan yang cukup sulit untuk membuat orang lain terkesan.

Namun kamu harus berhati-hati, pilih proyek pekerjaan yang masuk akal dan bisa diselesaikan dengan tepat waktu.

560 hari kemudian

blog.shopious.com

Fase ini adalah fase penyegaran. Untuk melakukannya sebenarnya susah-susah gampang. Intinya adalah berusaha melakukan hal yang sama dengan semangat yang sama sebagaimana kamu bekerja di dua bulan pertama.

Kemudian buat kerangka kerja berdasarkan lkamusan yang telah kamu ciptakan di 60 hari pertama tersebut. Memperluas pergaulan hingga mempunyai banyak teman dari perusahaan lain juga dapat menunjang usaha kamu. selamat mencoba

SHARE