Melamar memang urusan seorang pria, tapi sebenarnya bukan hal yang haram bagi wanita, wanita pun juga diperbolehkan untuk melamar seorang pria.

Hanya saja di jaman sekarang lebih mengedepankan ego dan gengsi, sehingga pria melamar wanita menjadi sebuah budaya.

Begitulah jika sebuah aturan dan kebiasaan yang hanya mengedepankan gengsi atau ego, memang yang bertanggung jawab sepenuhnya dalam rumah tangga nanti adalah pria, tapi bukan berarti pria harus melamar, wanita juga boleh dan tidak dilarang dalam agama.

1Khadijah Melamar Rasulullah

lidahtinta.wordpress.com

Melamar pria sudah dicontohkan oleh Bunda Khadijah sendiri, dalam sejarah beliaulah yang melamar Rasulullah waktu itu. Padahal kalau di pikir Khadijah adalah seorang wanita kaya, terpandang dan terhormat.

Uniknya lagi Bunda Khadijah jadi banyak idaman dan incaran pria pada saat itu, banyak yang ingin melamar dan mempersunting khadijah, tapi justru beliau malah lebih memilih melamar duluan.

Hal ini menjadi patokan bagi wanita jaman sekarang, bahwa wanita boleh melamar pria dan sekalipun wanita kaya dan terpadang.

2Pria Sholeh Memang Pemalu dan Minder

diduridwan.blogspot.com

Di jaman sekarang pria yang sholeh memang rata-rata banyak pemalu, ragu dan minder ketika melihat wanita yang sholehah, yang cantik dan terhormat.

Mereka merasa tidak pantas melamar anak orang yang seperti itu, hatinya banyak keraguan, takut ditolak dan disepelekan. Secara pria sholeh memang rata-rata tidak terlalu  kaya dan dari keluarga yang biasa.

3Wanita Lebih Yakin, Kenapa Tidak?

news.okezone.com

Jika wanita lebih yakin daripada pria untuk melamar kenapa tidak dilakukan? toh ini pria nya juga tidak mau bergerak duluan,  wanita boleh maju dan bergerak jika memang pria yang dilamar adaah pria yang benar, baik, agamis dan bertanggung jawab.

Lagipula pria yang baik dan agamis harus segera diamankan atau dipinang, kalau tidak akan dipinang orang lain, pria seperti ini sudah mulai langka, stoknya terus berkurang, jumlah wanita dan pria pun lebih banyak wanita.

4Tidak Merendahkan Kehormatan Wanita

palingyess.com

Jika melamar pria bisa merendahkan wanita, bagaimana dengan kehormatan seorang khadijah yang terhormat di jamannya yang melamar Rasulullah pada saat itu? Tentu tidak mengurangi kehormatannya bukan.

Anggapan orang lah yang membuat seperti itu, hal itupun tidak berdasar pada agama, hanya berdasar kebiasaan, pikiran dan kebudayaan yang dibuat sendiri, sejatinya tidak sedikitpun merendahkan derajat dan kehormatan wanita, sedikitpun tidak.

5Rata-Rata Hidup Bahagia

hijapedia.com

Penelitian yang unik dari cerita ke cerita, mereka yang rumah tangganya dulu diawali dengan wanita melamar pria, justru mereka hidup lebih bahagia, lebih tentram dan sejahtera.

Jika dikaitkan dengan logika bisa juga, pria yang dilamar memang rata-rata pria sholeh dan pemalu, tidak punya banyak keinginan dan pria akan meleleh dan terpukau hatinya ketika ada wanita yang melamarnya.

Sehingga pria seperti ini tidak banyak keinginan, tidak mudah tertarik kesenangan lain, apalagi mudah tertarik wanita lain. Sungguh mereka sudah menemukan permata dan tidak mungkin mereka melepas permata itu.

Wanita memang tidak harus melamar pria, tidak ada kewajiban dan larangan, pria yang memang harus bergerak maju dulu. Tapi sekali lagi jika ada pria sholeh, baik dan bertanggung jawab tentu akan menjadi kerugian jika disia-siakan.