commons.wikimedia.org

Wisata ke Kota Mati, Wisata ke Pulau Hantu, Hashima – Gunkanjima

Posted on

Kalau kamu penggemar film bertema hantu, zombie atau kehidupan dunia paska bencana besar yang masif, kamu akan puas berkunjung ke pulau ini. Sebuah pulau wisata di Jepang yang sangat khas dan persis seperti kota mati.

Pulau ini bernama asli Hashima, namun terkenal dengan sebutan Gunkanjima, kata yang jika di translate dalam bahasa Inggris bermakna battleship island. Tetapi jangan buru-buru mengira kalau pulau ini bekas arena pertempuran perang dunia.

Mari mengintip kengerian pulau hantu ini.

Hashima – Gunkanjima

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Pulau ini terletak sejauh sekitar 14 km dari kota Nagasaki, kota yang memang dihancurkan lewat kejahatan perang menggunakan bom atom. Hashima hanyalah satu diantara 505 pulau lain di kawasan Nagasaki yang tidak berpenghuni.

Pada tahun 1887 di sekitar pulau ini ditemukan sumber tambang batu bara bawah laut. Sejak itulah pulau ini mulai menjadi tempat huni para pekerja tambang dan keluarga mereka.

youtube.com
youtube.com

Populasi puncak di pulau ini mencapai 5.259 jiwa pada tahun 1959. Dan pada akhirnya habislah batu bara yang tersedia sehingga area pertambangan ini ditutup secara resmi pada tahun 1974.

Kawasan pulau Gunkanjima ini adalah daratan seluas 6,3 hektar. Sangat kecil dan memang lebih tepat untuk disebut kota. Namun puncak pertambangan batu bara bahkan mencapai 410.000 ton pada tahun 1941.

Situs Warisan Sejarah Dunia

tomboy-urbex.com
tomboy-urbex.com

Sejak tahun 2000, banyak ketertarikan dari para turis yang ingin merasakan sensasi pulau Gunkanjima ini. Sehingga secara resmi pada 22 April 2009, pulau ini dibuka sebagai kawasan wisata.

Beberapa bagian yang ditandai dengan warna merah pada gambar di bawah ini adalah bagian yang dilarang untuk dikunjungi.

hashima-island.co.uk
hashima-island.co.uk

Baru saja Juli 2015 kemarin UNESCO menggelari pulau ini sebagai situs warisan sejarah dunia. Namun tahukah kamu bahwa pengajuan Hashima oleh pemerintah Jepang untuk mendapat pengakuan UNESCO ternyata memiliki sejumlah kontroversi.

Kontroversi bermula saat Korea Selatan menentang pengajuan itu. Hal ini dikarenakan fakta sejarah bahwa selama Perang Dunia II terdapat banyak pekerja paksa yang merupakan tawanan perang asal Korea dan China.

Akhirnya Jepang menjelaskan bahwa hal tersebut memang benar adanya dan berkomitmen untuk membuat semacam ‘information center’ yang menjelaskan tentang para pekerja paksa tersebut untuk menghormati mereka.

Sejarah Mengerikan Para Pekerja Paksa

simotron.wordpress.com
simotron.wordpress.com

Empat dari lima pekerja paksa meninggal setiap bulannya di pulau ini karena kecelakaan kerja. Hal ini diceritakan oleh Suh Jung-woo pada sebuah wawancara di tahun 1983, mantan pekerja paksa tambang di Hashima.

Kecelakaan ini menurutnya terjadi karena tidak ada prosedur keamanan yang baik dalam pekerjaan pertambangan. Mayat-mayat para pekerja paksa dikremasi di pulau Nakanoshima, pulau kecil dekat Hashima.

Seting Tempat Berbagai Film

sluniverse.com
sluniverse.com

Pada tahun 1949, film Midori Naki Shima (the Greenless Island) mengambil syuting di Hashima. History Channel membuat satu episode khusus tentang pulau ini berjudul Life After People.

Bahkan pada tahun 2012, pulau ini menjadi inspirasi dalam pembuatan film James Bond: Skyfall. Film horor Thailand berjudul Project Hashima, dan salah satu film live action Attack on Titan juga mengambil tempat di pulau ini.

Fakta dan Misteri Gunkanjima

prettyawfulthings.com
prettyawfulthings.com

Beberapa orang yang pernah berkunjung kesana mengatakan bahwa mereka mendengar beberapa bebunyian misterius. Namun sepertinya tidak pernah ada bukti fisik tentang berbagai misteri yang diduga hantu di pulau ini.

democraticunderground.com
democraticunderground.com

Pulau ini pernah memecahkan rekor sebagai pulau terpadat di dunia dengan jumlah populasi 835 orang per hektar. Banyaknya populasi ini juga membuat tempat ini dipenuhi berbagai tempat hiburan yang bervariasi.

flickr.com
flickr.com

Kamu tertarik untuk berwisata ke Hashima? Siapkan diri dan mentalmu, jangan sampai hal terburuk menimpamu disini. Jangan sampai kamu kesurupan di Gunkanjima!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *