Hate speech atau ujaran kebencian di media sosial merupakan salah satu tema yang lagi ngetren di belakangan ini. Entah siapa orang yang mencetuskan atau mengusulkan kalimat ini. Mungkin saja orang yang terkena dampak ini kali ya.

Surat edaran yang diedarkan polisi barulah surat edaran belum ke perundangan jadi kemungkinan belum bisa di proses secara hukum. Lebih ke mediasi antara dua belah pihak yang saling bertikai.

Hate speech banyak yang tersebar di facebook dan instagram karena media sosial itu yang paling terkenal sekarang.

Media sosial memang media bebas berekspresi, kita mau mengatakan apapun memang belum ada larangan dan tindakan dan belum ada pula kriteria tindakan yang tergolong hate speech. Berikut beberapa tindakan yang mungkin tergolong hate speech.

1Membuat Akun Palsu

chasyagoresanhati.blogspot.com

Akun palsu ini sebenarnya sudah banyak ada di media sosial, akun itu pakai nama yang aneh, foto yang aneh sampai memakai nama dan foto orang lain.

Akun palsu dapat bergerak bebas, memberi komentar kepada siapapun, berkomentar miring dimanapun bahkan sampai membuat fitnah gambar.

Apalagi musim pemilihan pemimpin, wah banyak sekali orang banyak akun palsu dan saling bertikai di media sosial. Akun palsu boleh-boleh saja sebenarnya tapi jangan sampai keterlaluan.

2Share Berita yang Tidak Jelas

bni-life.co.id

Ini juga termasuk hate speech, jika yang disebar itu sebuah aib instasi atau perorangan dan sumber yang kita dapat tidak valid, sumber yang tidak terpercaya maka kita sama saja menyebar kebohongan dan kebencian.

Bisa jadi itu cuma fitnah  atas kebencian terhadap seseorang atau cuma pencitraan yang tidak jelas. Yang jelas itu juga termasuk provokasi yang berbahaya. Makanya plih-pilih berita ya.

3Menambah Berita dengan Praduga atau Pendapat yang Asal-Asalan

adamsains.us

Berita di media sosial sangatlah banyak, dimana berita itu di share oleh banyak orang yang mempunyai akun atau blog, biasanya orang akan komentar di situ, nah ini lah tempat muncul kebencian. Trus mungkin akan ada orang yang tersinggung trus debat dan menjadi pertikaian.

4Bikin Meme

swaragamafm.com

Apa itu meme? Banyak yang bilang meme itu tokoh kartun tapi sebenarnya meme lebih condong ke gambar orang yang di edit jadi lucu, aneh atau jadi jelek terus dikasih tulisan yang sedikit merendahkan.

Meme ini mungkin lebih bersifat menghina secara halus. Makanya hati-hati meng-unggah foto yang lucu atau aneh. Mungkin ini juga termasuk hate speech.

5Spamming

thinglink.com

Ini orang yang tidak punya kerjaan, pengennya share tapi justru lebih ke membuang atau istilahnya nyampah, apalagi kalau sudah menyinggung agama, ras, suku, etnis atau golongan tertentu bisa digolongkan juga sebagai hate speech.

6Capture Percakapan Sembarangan lalu di Sebarkan

poponandon.com

Ini juga termasuk hate speech, penebar kebencian, penyebaran aib. Kita tahu didalam percakapan seseorang kadang memakai simbol atau ucapan kotor. Rata-rata orang yang menyebar seperti ini mereka iseng, tapi iseng yang berbahaya.

7Pemakaian Istilah atau Kata Kesehatan yang Tidak Tepat

islamicenter.co.vu

Hati hati ya ketika memakai kata-kata kesehatan contohnya autis, difabel, idiot atau yang lainnya. Karena jika ada yang merasa tersinggung dikira itu diskriminasi dan terjadilah kebencian sosial.

Walau banyak sekali orang yang khawatir dengan surat edaran hate speech itu, takut kebebasan bependapat mereka terbatasi, tentu kamu tahu tanpa ada surat edaran itupun kita harus menjaga lisan kita.

Indonesia ini dipersatukan dengan perjuangan yang sangat berat dan lama, jangan sampai perpecahan begitu dengan mudahnya, yuuk mari kita jaga bersama.

SHARE