Perlu kita ketahui bersama, bahwa banyak pemicu permasalah di dunia ini terjadi karena komunikasi yang tidak baik. Salah satu penyebab komunikasi yang tidak baik ini, karena banyak dari kita yang tidak paham bagaimana caranya berkomunikasi, serta tidak tau adab-adab berkomunikasi.

Oleh karena itu, agar kita terhindar dari permasalahan komunikasi yang sering terjadi sehari-hari, maka kita pun perlu mengetahui adab-adab ketika berkomunikasi atau berbicara kepada orang lain. Nah, bagaimana Islam mengatur mengenai adab berbicara ini? Langsung kita lihat bersama yuk!

Back

1. Berpikirlah Sebelum Berbicara

Jika kita pernah mendengar istilah bahwa diam itu emas, maka kita pun tau bahwa ketika kita akan bicara, maka kita harus pandai memilih kata-kata yang tepat. Karena jika kita tak mampu memilih, diam adalah pilihan terbaik. Oleh karena itu, dalam memilih kata-kata, kita harus menggunakan otak kita untuk berpikir.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Rasulullah saw dalam sebuah hadis.

“Lisan orang yang berakal muncul dari balik hati nuraninya. Maka ketika hendak berbicara, terlebih dahulu ia kembali pada nuraninya. Apabila ada manfaat baginya, ia berbicara dan apabila berbahaya, maka ia menahan diri. Sementara hati orang yang bodoh berada di mulut, ia berbicara apa saja yang ia mau” (HR. Bukhari Muslim).

bingkaisunnah.blogspot.com
Back