Sudah tidak asing lagi benda tipis berwarna putih ini. Tisu sudah menjadi sebagian kebutuhan di masyarakat. Banyak memang manfaatnya tisu tapi bukan berarti tanpa kelemahan.

Tisu yang sering kita pakai juga mempunyai kelemahan yang belum banyak diketahui banyak orang umumnya.

Mereka menganggap tisu hanyalah kertas tipis biasa yang banyak manfaatnya untuk keseharian, terlebih lagi tisu juga buat pembersih sehabis di kamar mandi.

Tapi di balik manfaatnya yang banyak, ternyata ada beberapa bahaya dari tisu guys. Dikutip dari laman prevention.com, ada beberapa bahaya tersembunyi di balik kertas tisu kamar mandi. Beberapa bahaya yang perlu kamu perhatikan adalah sebagai berikut.

1Kandungan Zat Kimia Menyebabkan Iritasi

life.viva.co.id

Sayangnya penggunaan tisu dikamar mandi ini selalu bersentuhan dengan organ intim. Jadi tisu bisa menyebabkan kulit sekitar organ intim kamu mudah mengalami iritasi.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 menemukan jika di dalam tisu mengandung  zat yang bernama Formaldehyde, sebuah zat kimia yang tak hanya meningkatkan risiko iritasi tetapi juga bisa menyebabkan kanker lho.

Bukan hanya formaldehyde guys, tisu juga merupakan benda yang mengandung zat kimia lain dimana zat kimia ini juga sangat berbahaya bagi kesehatan lebih khususnya pada organ intim manusia.

2Berbahan Dasar Kertas Daur Ulang Penyebab Pertumbuhan Bakteri

id.aliexpress.com

Menurut penelitian yang sudah dilakukan ternyata tisu kamar mandi terbuat dari kertas daur ulang lho.

Kita tahu bahwa, kertas daur ulang kemungkinan besar mengandung bakteri maupun kuman yang sangat berbahaya dan bisa berkembang dan tumbuh semakin cepat.

Apalagi penggunaan tisu pada organ intim, tentu dapat mengakibatkan bakteri yang tak terlihat bisa menempel pada organ intim tersebut. Gak mau kan kuman nempel di organ intim kamu?

3Bahan Pemutih Pada Tisu Buruk Buat Kesehatan

makassar.tribunnews.com

Studi yang dipublikasikan di jurnal Environnmental Science and Technology menyebutkan jika tidak sedikit tisu kamar mandi atau toilet yang mengandung bahan pemutih di dalamnya.

Biasanya tisu yang mengandung pemutih terlihat sangat bersih dan sehat, sayangnya orang mudah percaya kalau yang putih itu bersih.

Namun jangan tertipu dengan warna ya, tisu ini justru sangat berbahaya buat kesehatan. Tisu ini juga memungkinkan seseorang berisiko menderita kanker lebih besar saat menggunakan tisu dalam jangka waktu yang lama.

Itulah beberapa bahaya yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan tisu kamar mandi, so sebaiknya jangan gunakan tisu saja, gunakan air saja ya guys, selain lebih bersih, air juga lebih sedikit berpotensi kumannya.