Kalau kamu mahasiswa, atau mantan mahasiswa pasti setuju bahwa menjadi mahasiswa apalagi di perantuan itu sebuah pengorbanan hidup. Dimana jauh dari orangtua dna keluarga, juga harus berjuang menghemat keuangan.

Namun bagi para calon mahasiswa tak perlu khawatir, karena ada sebuah bulan yang bisa disebut sebagai bulan syurga bagi mahasiswa Muslim, yaitu bulan Ramadhan.

Bulan ini tak hanya menyimpan banyak berkah dan pahala serta ampunan, namun ternyata keuangan dan permasalahan hidup mahasiswa Muslim di perantauan akan sedikit banyak tertolong. Bagaimana bisa?

1Puasa Itu Juga Menghemat Anggaran kan?

vessy-frizona.blogspot.com

Jika biasanya kalian makan sehari tiga kali, kali ini cukup makan sehari dua kali dengan pengeluaran yang tak terlalu banyak pula. Pernah kan mendengar saran orang saat kamu kekurangan uang? “Puasa aja bro!” Hehehe.

Sahur biasanya kamu cukup makan sayur dan lauk tahu atau tempe, dengan minum air putih atau the hangat. Bagi yang suka masak, nasinya bisa masak sendiri atau bisa goreng lauknya sendiri. Irit.

2Ikut Kajian Ilmu Sekaligus Makan Buka Puasa Gratis

triekosulistiowati.blogspot.com

Di bulan Ramadhan akan banyak para dermawan yang akan berlomba-lomba memberikan makanan bagi mereka yang berpuasa. Karena sedekah di bulan suci Ramadhan bisa mendatangkan pahala yang berlipat-lipat tak terhingga.

Biasanya para dermawan akan meletakkan makanannya di masjid-masjid atau memang sengaja membagikannya di panti asuhan, masyarakat miskin, atau bahkan di jalan-jalan.

Untuk para mahasiswa, silahkan datangi kajian ilmu agama yang diadakan setiap hari di masjid-masjid terdekat dari kontrakan atau kosanmu, dan silahkan nikmati hidangan berbuka puasa gratis setelahnya. Hemat uang deh!

3Ikut Kegiatan Masjid atau Pondok Ramadhan

pondoktahfidzaghniya.blogspot.com

Beberapa mahasiswa yang mungkin rumahnya sangat jauh dari perantuan dan menginginkan ketenangan akan memilih menepi di pondok ramadhan atau kegiatan masjid yang biasanya ada sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Ada yang berupa pondok tahfidz Qur’an, pondok fiqih, bahkan sampai pondok pra nikah yang bisa diikuti para mahasiswa untuk mengisi penuh Ramadhannya dengan kegiatan bermanfaat.

Tenang saja, karena biasanya kegiatan tersebut bebas biaya alias gratis. Jadi tak perlu memikirkan biaya hidup selama sebulan itu bro, sist. Hehehe.

4Berburu Takjil

yatimmandirijombang.wordpress.com

Tak hanya berlomba-lomba bersedekah makanan berat, namun para dermawan juga akan menyediakan takjil bagi mereka yang berpuasa. Takjil gratis biasanya dibagi di jalan-jalan, di masjid-masjid, atau tempat umum lainnya.

Selain itu, kampusmu pasti juga mengadakan banyak acara keagamaan baik yang diadakan oleh dewan kampus maupun organisasi kemahasiswaannya.

Jika acaranya sampai pada maghrib atau menjelang maghrib biasanya ada takjil gratis atau bahkan makan berbuka gratis. Kurang enak apa coba?

Jadi buat para mahasiswa dan calon mahasiswa, tak usah bingung dengan Ramadhanmu di perantauan karena Allah telah menyiapkan kemudahan dan keringanan bagi mereka yang taat pada perintahNya.

Yang mantan mahasiswa tidak usah nostalgia ya? Hehehe.