Pengeluaran bulanan yang kadang membebani adalah bayar listrik. Pemakaian yang kadang berubah-ubah membuat kita harus mengeluarkan duit ekstra untuk bayar listrik.

Apalagi saat ini semua alat sudah memakai listrik sebagai energinya. Salah satunya gadget. Rasanya barang yang tidak boleh lepas dari charger smartphone.

Pemakaiannya yang berjam-jam membuat listrik yang dipakai pun sangat banyak. Belum lagi pemakaian AC, lemari es, dispenser, televisi, komputer yang hampir nyala 24 jam.

Nah kalau kamu ingin angka di tagihan listri menurun, ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan dan akan menghemat listrik kamu. Disimak ya

1Lepaskan Charger

tips-donworrie.blogspot.com

Jika sudah tidak digunakan lebih baik kamu lepaskan charger telepon. Karena bila charger dibiarkan tetap terpasang pada sumber listrik, maka listrik akan terbuang sia-sia.

Membiarkan charger HP atau laptop kamu terpasang pada lubang aliran listrik tanpa tersambung dengan perangkatnya akan menyerap daya yang besar.

Kamu bisa gunakan lubang aliran listrik dengan stop kontak yang bisa memutuskan aliran listrik untuk menghemat energinya.

2Matikan Lampu Setiap Meninggalkan Ruangan

www.youtube.com

Mungkin hal kecil ini yang selalu luput dari perhatianmu, tapi hal ini menjadi penyebab utama pulsa tagihan listrik kamu membengkak. Apalagi di siang hari, matikan lampu yang benar-benar tidak terpakai.

Selalu usahakan untuk selalu mematikan lampu dan alat elektronik lain setelah selesai digunakan.

3Ganti Lampu Hemat Energi

www.rumah123.com

Jika ingin hemat gunakan lampu hemat energi. Hitung ada berapa bohlam di rumah. Meskipun kecil, lampu mengonsumsi banyak energi karena jumlahnya banyak.

Pilihan terbaik adalah menggunakan lampu hemat energi, seperti jenis compact fluorescent light bulbs (CFLs) atau cutting-edge light emitting diodes (LEDs).

4Cabut stop kontak

babyzania.com

Selain cabut charger handphone dan laptop, kamu cek juga alat-alat listri yang tidak digunakan namun stok kontaknya masih menempel.

Coba deh cek televisi kamu, vcd kamu yang biasanya posisinya standby. Jika ingin menghemat bisa kamu cabut dulu stop kontaknya jika tidak digunakan. Sebab alat elektronik terus menyerap listrik jika stop kontak masih terhubung.

5Jangan Mainkan Pintu Kulkas

www.carabuas.xyz

Ini mungkin sepele danĀ  jarang diketahui orang banyak. Membiarkan pintu kulkas terbuka lebar dalam waktu yang lama akan memperbesar energi yang digunakan. Tutuplah pintu kulkasmu secepat mungkin.

Jangan pula mamu suka membuka dan menutup kulkas sesering mungkin. Apalagi dimainkan oleh anak-anak. Pastikan kamu hanya membuka kulkas jika memang butuh saja.

SHARE