cirugiademinimainvasion.net

Apa Sih Hernia Alias Turun Berok Itu? Ini Penjelasannya

Posted on

Sakit apapun itu, pasti membuatmu tidak nyaman dalam menjalani aktifitas keseharian. Salah satu penyakit yang perlu kamu waspadai sejak dini adalah hernia. Penasaran apa itu hernia? Berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Penyakit Hernia?

leftrightbrainllc.com
leftrightbrainllc.com

Penyakit hernia ditandai dengan keberadaan organ usus yang keluar dari tempat yang seharusnya. Penyebabnya pun bervariasi. Bisa karena sering diare atau sembelit. Karena mengangkat beban berat tanpa persiapan terlebih dahulu.

Bisa juga karena batuk berkepanjangan yang tak kunjung sembuh. Atau disebabkan juga oleh gizi buruk, merokok hingga kelebihan berat badan atau obesitas.

Siapa Saja Yang Bisa Mengalami Hernia?

uhhospitals.org
uhhospitals.org

Hernia atau nama lainnya turun berok umum diderita oleh kaum pria. Khususnya mereka yang tinggal di wilayah perkotaan. Mengapa demikian?

Karena pria yang hidup di kota memiliki kesibukan dengan segudang aktifitas yang kadang membuatnya lupa hingga mengorbankan ketahanan fisiknya.

Pada kondisi inilah hernia seringkali datang. Walau kebanyakan memang dialami oleh kaum pria, namun bisa saja penyakit ini juga menyerang kaum wanita.

Orang Dewasa Dan Anak-anak Memiliki Resiko Yang Sama

thedailystar.net
thedailystar.net

Pada laki-laki dewasa, biasanya hernia kerap kali muncul pada daerah lipat paha. Pada kondisi ini, dinding abdomen melemah sehingga terjadi hernia.

Jenis lainnya adalah hernia skrotalis, yaitu tonjolan pada daerah skrotum. Ini disebabkan usus halus yang masuk lubang pada dinding perut.

Sedangkan pada anak-anak, khususnya bayi, hernia sering terlihat pada daerah perut yang disebut dengan hernia umbilikalis. Tonjolan hernia ini biasanya bisa hilang dengan sendirinya. Walau ada sebagian kecil kasus yang perlu dilakukan operasi untuk menghilangkannya.

Gejala Timbulnya Penyakit Hernia

teletica.com
teletica.com

Terdapat beberapa gejala yang mungkin kamu rasakan saat mulai mengalami hernia. Kenali gejalanya. Antara lain seperti rasa nyeri pada bagian perut bawah. Ketika batuk atau mengejan, rasanya ada tekanan pada bagian perut bawah yang menimbulkan rasa sakit.

Terlihat ada tonjolan atau benjolan pada bagian daerah perut dan selangkangan. Juga merasakan gangguan pencernaan disertai rasa nyeri tak berkesudahan.

Ketika hendak membungkuk, rasanya ada yang mengganjal pada daerah usus sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Cara Mencegah Penyakit Hernia

wikihow.com
wikihow.com

Agar kamu tidak sampai terkena penyakit hernia, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan seperti berikut ini.

  • Konsumsilah makanan dan minuman berserat tinggi supaya tidak sembelit.
  • Perbanyak juga minum. Jangan sampai tubuh kekurangan cairan. Kurang lebih 8 gelas dalam sehari.
  • Segera lakukan buang air besar atau buang air kecil tanpa menahannya terlebih dahulu.
  • Olahraga secara rutin setiap hari. Khususnya pada otot-otot sekitar perut dan selangkangan. Tapi jangan terlalu berat karena justru bisa menyebabkan hernia.
  • Jangan sampai berat badan berlebih. Jika kelebihan, upayakan untuk menurunkannya.
  • Stop merokok. Merokok bisa membuat otot jadi lemah hingga rusak yang memicu terjadinya hernia.
  • Hati-hati saat mengangkat beban berat. Pastikan kamu menggunakan teknik yang benar saat mengangkat beban dengan meletakkan dasar angkatan pada kaki dan bukan di otot punggung. Jika bebannya juga terlalu berat, gunakan alat bantu untuk mengangkatnya.
  • Jika terasa susah buang air kecil, sebaiknya cepat untuk diobati. Jangan sampai sakitnya bertambah parah yang bisa menyebabkan terjadinya hernia.

[td_smart_list_end]