Apakah kamu pernah melihat gambar binatang dan berpikir bahwa gambar itu hanya ada di dunia dongeng dan buku-buku cerita? Seolah-olah hewan-hewan itu tampak seperti keluar dari buku dongeng anak-anak.

Jangan terkejut bila hewan-hewan itu tidak hanya sekadar berada dalam cerita fiksi namun, benar-benar ada di dunia nyata. Tidak percaya? Ini buktinya:

1Oarfish

viralnova.com

Oarfish adalah ikan yang menyerupai naga, dan panjang seperti ular. Oarfish jarang terlihat di dekat permukaan air. Tetapi ketika mereka muncul sering dikira ular. Oarfish dewasa bisa tumbuh panjang sampai 36 kaki.

2Musk Deer

viralnova.com

Sepintas, makhluk berbulu ini terlihat seperti vampir daripada rusa. Rusa vampir adalah salah satu hewan yang pernah di temukan pada 60 tahun yang lalu. Pada 2008 sampai 2009 para peneliti menemukan mereka kembali di sekitar provinsi Nuristan di Afganistan.

Rusa bertaring ini terancam punah, hewan ini menyeramkan akan tetapi tidak menghisap darah. Taring tajam rusa ini hanya digunakan untuk kawin. Rusa ini menghasilkan musk atau kelenjar yang sangat berharga. digunakan dalam parfum, obat-obatan dan dupa.

Pada abad terakhir, para ilmuwan percaya bahwa rusa ini sudah punah namun, akhir tahun lalu, ada satu ekor rusa vampir yang terlihat di alam liar untuk pertama kalinya dalam 60 tahun.

3Narwhal

viralnova.com

Narwhals lebih mirip dengan lumba-lumba daripada ikan paus. Gading tunggal mereka tumbuh keluar dari kepala. Narwhals bisa juga disebut unicorn laut. Tanduk spiral narwhal berfungsi sebagai sensor raksasa untuk membantu mengetahui kualitas air dan “mencium” narwhal lainnya.

Tanduk paus narwhal yang panjangnya bisa mencapai 2,4 meter itu telah sejak lama menjadi teka-teki para ahli alam dan pemburu.

4Saiga Antelope

viralnova.com

Merupakan kijang dengan penampakan yang sangat unik layaknya alien. Saiga Antelope dapat dengan mudah diketahui dari hidungnya yang turun sampai ke mulut mereka. Sayangnya keberadaan mereka semakin terancam punah setiap tahunnya.

Bagaimana tidak, Saiga Antelope adalah salah satu fossil hidup yang tetap bertahan hingga sekarang sejak 250.000 tahun yang lalu. Menyadari bahwa mereka dapat bertahan hingga ratusan ribu tahun saja sudah cukup mengagumkan.

5Colossal Squid

viralnova.com

Kita mungkin mengira Kraken hanyalah sebuah bagian dari dongeng, namun sebenarnya tidak demikian. Sebutan Kraken pertama kali muncul dalam buku Systema Naturae yang ditulis Carolus Linnaeus pada tahun 1735.

Ternyata, apa yang ditulis Mr. Linnaeus betul-betul ada di dunia nyata. Apabila kita mengira cumi raksasa sudah memiliki ukuran yang luar biasa, maka, perkenalkan makhluk yang satu ini, Colossal Squid atau Cumi kolosal.

Makhluk ini memiliki nama latin Mesonychoteuthis hamiltoni dan para ilmuwan percaya kalau makhluk ini bisa bertumbuh hingga paling tidak memiliki panjang 14 meter. Ini membuatnya menjadi hewan invertebrata terpanjang di dunia.

Walaupun demikian, para ilmuwan tidak bisa memastikan hingga seberapa panjang hewan ini bisa bertumbuh.

6Glaucus Atlanticus

viralnova.com

Glaucus atlanticus adalah siput laut yang indah. Glaucus atlanticus bukanlah ikan, dia termasuk dalam golongan mollusca. Hewan ini hidup di laut terbuka dan melayang-layang di dekat permukaan laut karena perutnya terisi oleh gas.

Glaucus Atlanticus dapat menggunakan racun pertahanan diri mangsanya untuk mempertahankan dirinya sendiri

7Okapi

viralnova.com

Okapi adalah salah satu spesies hewan yang unik dan cantik. Bagaimana tidak, okapi memiliki kepala kuda, kaki zebra, dan lidah jerapah. Melihat dari penampilan fisiknya, okapi dianggap berkaitan dengan genus jerapah, zebra, dan kuda.

Okapi biasanya ditemukan di Kongo dan daerah-daerah tertentu di Sudan. Okapi termasuk herbivora, makanannya berupa dedaunan, tunas, rumput, bunga, jamur, dan buah. Dalam sehari, seekor okapi dewasa dapat melahap makanan sebanyak 18 hingga 30 kg.

8Burung Superb Of Paradise

viralnova.com

Mayoritas spesiesnya dapat ditemukan di Indonesia, New Guinea, dan Australia. Dalam anggota bird of paradise, mungkin yang paling popular adalah dari jenis pejantan karena mempunyai keindahan pada paruh, sayap, dan kepalanya. Bisa juga disebut burung cendrawasih.

Spesies ini paling banyak tinggal di hutan hujan tropis. Makanan utamanya adalah buah-buahan. Beberapa diantara mereka ada yang memakan serangga kecil dan biji-bijian.

Pada burung jantan, biasanya menggunakan keindahan bulu untuk kawin.

9Thorny Devil

viralnova.com

Salah satu jenis kadal yang paling aneh, unik & keren adalah thorny devil atau mountain devil lizard. Thorny devil ini berukuran sedang, yaitu 8-15 cm. Hewan ini bisa ditemukan di daerah-daerah gersang di Australia. Biasanya, di tanah yang berdebu dan jarang ditemukan di tanah berbatu.

Kadal ini akan meninggalkan beberapa goresan pada kulitmu ketika kamu mencoba untuk mengganggu mereka. Durinya melindungi mereka ketika sedang makan makanan utama yaitu semut.

10Red Uakari

viralnova.com

Monyet ini adalah makhluk sosial yang biasa berkumpul 100 atau lebih untuk berkegiatan. Wajah merah cerah mereka adalah warna pembeda dari primata lainnya.

Tidak seperti kebanyakan monyet, uakaris memiliki ekor yang sangat pendek, tapi bergerak gesit di pohon-pohon tanpa mereka dengan menggunakan lengan dan kaki mereka.

11Streaked Tenrec

viralnova.com

Hewan yang satu ini tidak terdapat di negara manapun kecuali di Madagaskar. Namun di Madagaskar, hewan ini hanya bisa ditemukan di bagian timur dari pulau tersebut yang sebagian besar ditutupi oleh hutan hujan tropis.

Hewan ini menyerupai landak karena memiliki duri dan perpaduan warna kulitnya yang mencolok seperti lebah. Mereka berkomunikasi satu sama lain dengan menggosok duri mereka bersama-sama.

12Kepiting Laba-laba Jepang

viralnova.com

Kepiting ini terlihat sedikit menakutkan daripada hewan lain pada daftar ini. Kepiting Spider dapat tumbuh sepanjang 12 kaki, dengan berat hingga 41 pon (19 kg) dan memiliki rentang kaki terbesar dari setiap arthropoda di planet ini.