Hewan merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang sangat unik, bentuknya yang khas dan mempunyai ciri-ciri yang berbeda. Tentu ketika bentuk yang berbeda, tubuh yang berbeda, juga mempunyai tipikal memburu yang berbeda pula.

Di dunia ini banyak sekali jutaan jenis hewan, mulai dari hewan di darat, di udara ataupun di air. Nah di bawah ini ada beberapa macam hewan yang mempunyai khas berburu yang unik dan sedikit berbeda dari hewan lainnya.

1Ikan Sungut Ganda

sains.kompas.com

Ikan ini merupakan ikan yang hidup di perairan dalam, dimana di perairan ini sudah sedikit cahaya yang bisa masuk. Otomatis pula hewannya juga sudah jarang di daerah tersebut.

Untuk menangkap mangsanya, ikan ini menggunakan antena di atas mulutnya untuk menarik mangsanya. Antena tersebut terlihat layaknya sebuah pancingan yang bisa memikat mangsanya datang ke mulut besar ikan ini.

Uniknya antena tersebut bisa menyala seperti lampu dan itu sangat menarik bagi mangsa.

2Belut Listrik

rivanputra.wordpress.com

Belut listrik merupakan hewan yang sangat unik dengan kemampuan mengeluarkan listriknya. Hewan ini seperti mempunyai kekuatan yang tersembunyi yang dahsyat.

Belut ini dalam memburu mangsanya dengan mengeluarkan listrik sebesar 650 volt sangat mengagumkan bukan?Tidak hanya itu, listrik tersebut berguna juga untuk melindungi diri dari ancaman hewan lain.

3Paus Punggung Bungkuk

youtube.com

Hewan yang besar ini juga mempunyai keunikan dalam memburu mangsa. Berbeda dengan ikan pada umumnya. Ketika ikan mengejar mangsa dan langsung melahap, ikan besar ini tidak.

Paus ini menangkap mangsanya dengan cara mengelilingi kelompok ikan, kemudian meniupkan gelembung raksasa untuk menangkap ikan tersebut layaknya jaring nelayan.

Setelah ikan tertangkap, ikan paus ini berenang ke atas dan membuka mulut lebar-lebar untuk memakan mangsanya hanya dalam satu kali tegukan.

4Laba-Laba Trapdoor

satujam.com

Laba-laba satu merupakan laba-laba yang mempunyai ciri khas tersendiri dalam memburu mangsanya, berbeda dengan laba-laba lain. Yang dimana laba-laba pada umumnya menggunakan jaringnya untuk menangkap mangsa.

Laba-laba ini membuat sebuah lubang dan menutup lingkaran lubang tersebut dengan ranting atau daun, sehingga terlihat seperti pintu, ketika mangsanya mendekat, laba-laba ini langsung menangkap mangsanya lewat jebakan tadi.

Jebakan laba-laba ini seperti jebakan yang di buat manusia pedalaman, tentunya hewan ini tergolong hewan yang cerdas dan unik.

5Ikan Pemanah

voices.nationalgeographic.com

Salah satu ikan yang tergolong sangat unik dalam memburu mangsa. Uniknya ikan ini mencari mangsa bukan mangsa dari dalam air, tapi dari luar air.

Ketika mangsa sedang berada di batang pohon yang dekat dengan air, ikan pemanah akan langsung menembakan air untuk membuat mangsa tersebut jatuh dan langsung melahapnya.

Mungkin kita juga berpikir, seandainya tempat ikan ini jauh atau cukup tinggi dari ranting pohon, bagaimana ia mencari makan?

6Udang Sentadu

alam.uniknya.com

Udang ini berukuran cukup besar daripada ukuran udang lainnya. Udang berukuran sampai 30 cm dengan berbagai macam warna. Dengan cara menusuk, membisingkan dan memotong anggota tubuh mangsanya, udang ini berburu.

Hewan besar ini mempunyai cakar yang kuat, dimana cakar itu selain untuk memburu mangsa juga untuk mempertahankan diri, bahkan dengan cakar kuat itu bisa memecahkan kaca aquarium dengan sekali pukulan. Hebat bukan?

7Lipan Raksasa

kaskus.co.id

Lipan merupakan hewan yang mempunyai kaki yang banyak, tapi untuk lipan raksasa ini mempunyai cakar yang berbisayang hebat. Dengan cakar tersebut ia memburu mangsanya.

Rata-rata, lipan ini bisa melumpuhkan kelelawar, setelah kelelawar tersebut lemah, lipan ini akan melahap tubuh kelelawar secara keseluruhan dalam waktu 60 menit.

SHARE