Masih ingatkah kamu materi pada pelajaran Sains atau Ilmu Pengetahuan Alam ketika di bangku sekolah? Belajar tentang makhluk hidup adalah hal yang menyenangkan.

Muali dari mengamati ciri-ciri maklhuk hidup, cara berkermbang biak makhluk hidup, hingga mempelajari cara makluk hidup bertahan hidup.

Salah satu makhluk hidup yang kita pelajari adalah hewan. Kadang ada hewan yang memiliki perilaku menggemaskan dan ada hewan yang memiliki cara adaptasi yang unik.

Ada hewan yang bardaptsai dengan mengubah warna tubuhnya sesuai dengan lingkungan yang ditempati atau biasa kita kenal dengan istilah mimikri, itu terjadi pada hewan bunglon.

Ada juga yang mempertahankan diri dengan cara menyemprotkan tinta, atau mencakar, daln lain-lain.

Tahu kah kamu terdapat beberapa hewan yang memiliki cara unik untuk menyelamatkan diri yakni dengan cara berpura-pura mati.

Hewan apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1Tupai

www.digaleri.com

Kita tahu bahwa kebanyakan hewan ketika dalam ancaman mereka melakukan perlawanan dengan sekuat tenaganya.

Lain halnya dengan tupai. Ia lebih memilih untuk berpura-pura mati saat mereka benar-benar dalam keadaan terancam.

Misal ketika mereka ditangkap pemburu, tupai yang merasa terancam dan tak dapat melarikan diri langsung berpura-pura mati kemudian mengeluarkan busa dari mulutnya.

Nah, ketika sang pemburu lengah, tupai itu langsung  lari.

2Hiu Lemon

www.lovethesepics.com

Mendengar kata “Hiu” apa yang ada di benakmu? Seram dan mengerikan?

Ternyata ada jenis hiu yang tak perlu ‘kekerasan’ untuk mengusirnya. Adalah Hiu Lemon, jenis hiu yang satu ini memiliki cara perlindungan diri dengan berpura-pura mati ketika punggungnya dibalik.

Ia bisa pura-pura mati selama 15 detik.

3Ikan Cichlid

ikanhias-id.blogspot.com

Ikan Cichlid adalah jenis ikan predator yang ia memiliki cara unik dalam memancing mangsanya yakni dengan berpura-pura mati.

Ia mampu ‘berakting’ seperti bangkai ikan, saat itulah pemangsa bangkai akan mendekat. Ketika Ikan Cichlid sadar, ia kan berbalik membunuh dan melahap ikan pemakan bangkai tadi.

4Bebek

adearisandi.files.wordpress.com

Bebek merupakan hewan ternak yang mudah kita jumpai. Ia terkenal sebagai hewan yang ‘tertib’. Coba saja kamu amati saat mereka berjalan dengan jumlah yang banyak, mereka terlihat kompak dengan suara ‘kwek-kwek” nya.

Namun tahukah kamu ada beberapa jenis bebek tertentu yang memiliki kemampuan berpura-pura mati saat berhadapan dengan maut.

Adalah tonic immobility, perilaku yang dilakukan bebek-bebek tersebut untuk mempertahankan diri. Akan tetapi, terkadang cara itu tidak berjalan mulus, sebab bebek-bebel tadi tetap saja dimakan oleh pemangsa.

Masih ada hewan-hewan lainnya. Itulah beberapa hewan yang berpura-pura mati sebagai salah satu cara dalam mempertahankan diri. Unik kan?