Hewan mamalia dapat diidentifikasikan dari caranya berkembang biak dengan menyusui anaknya. Umumnya memiliki tubuh yang diselimuti oleh rambut tebal. Mamalia terbagi menjadi 2 jenis, yaitu mamalia besar dan mamalia kecil.

Sedangkan untuk ciri-cirinya, sebagaimana penjelasan berikut ini.

– Bertulang belakang (vertebrata)

– Memiliki kelenjar susu (glandula mammae)

– Memiliki anggota gerak untuk berjalan, berenang, ataupun memegang sesuatu

– Pada bagian jari, mamalia memiliki kuku dan cakar untuk menangkap makanan

– Memiliki gigi taring, gigi seri ataupun gigi geraham

– Alat pernafasannya adalah paru – paru

– Pembagian organ jantung adalah 2 serambi dan 2 bilik.

– Pengaturan suhu tubuh termasuk kategori homoiterm

– Perkebangbiakannya terjadi dengan melahirkan (vivipar) secara internal.

– Tempat perkembangbiakan embrio di dalam rahim (uterus)

Selanjutnya untuk pembagian ordo dari kelas Mamalia terbagi dalam 12 ordo sebagaimana pembahasan berikut ini.

1Ordo Marsupialia (mamalia berkantung)

Ciri ordo Marsupialia bagi yang betina memiliki kantung (marsupium) di bagian ventralnya. Setiap anak dilahirkan secara prematur yang selanjutnya berkembang di dalam kantung induknya.

Contohnya seperti Dendrolagus sp (kanguru), Didelphia marsupialia (opossum), Phalanger sp (kuskus), Phascolarctus sp (koala).

2Ordo Insektivora


Ciri khusus ordo ini adalah hewan yang suka memakan serang, cacing ataupun biji – bijian. Matanya tertutup dan memiliki cakar yang besar sedangkan telapak kaki pada bagian depan lebih lebar.

Contohnya seperti Echinosorex albus, Scalopus sp, Scapanus sp.

3Ordo Dermoptera


Ciri-ciri ordo ini adalah kemampuannya untuk melayang dalam waktu yang cukup lama di udara. Hal ini dikarenakan keempat kakinya dapat membentuk parasut berbulu (patagium). hewan ini makan dedaunan ataupun buah – buahan.

Contohnya seperti Gakopithecus sp.

4Ordo Chiroptera


Ordo ini termasuk dalam golongan mamalia yang dapat terbang. mereka memiliki ciri-ciri pada bagian kaki depan dan belakang terdapat membran interdigital. Walaupun ukuran kaki pada bagian belakang lebih kecil.

Hewan ini menyukai buah-buahan dan mencari makan di malam hari (nocturnal).

Contohnya seperti Pteropus edulis (kalong Jawa), Desmodus sp (vampire), Myotes sp.

5Ordo Primata


Ciri-ciri khusus ordo ini adalah hewan yang termasuk herbivora, karnivora, ataupun omnivora. Hewan ini juga masuk dalam golongan nocturnal ataupun diurnal dengan bagian tangan yang besar serta memiliki jari yang dapat digunakan memanjat.

Contohnya seperti kera, monyet, orang utan.

6Ordo Rodentia


Ciri khusus ordo ini terdapat pada bagian gigi yang tidak memiliki gigi taring untuk mengoyak makanan. Selain itu, hewan ordo ini juga dapat hidup pada segala habitat.

Contonya seperti Sciurus sp (tupai pohon), Rattus sp (tikus), Marmota sp (marmut), Erethyson sp (landak), Mus musculus (mencit).

7Ordo Carnivora


Kelompok hewan ini adalah yang suka makan daging dengan gigi taring yang tajam dan berfungsi untuk menyobek jaringan kulit dan daging mangsanya. Hewan ini juga memiliki cakar yang berguna untuk memburu mangsanya.

Contohnya antara lain seperti Canis lupus (serigala), Felis leo (singa), Felis tigris (harimau),  Eumetopias jubata (anjing laut), Zalophus sp (singa laut), Felis catus (tikus rumah), Canis familiaris (anjing).

8Ordo Laghomorpha


Kelompok golongan ordo ini adalah mamalia yang hanya memakan tumbuh – tumbuhan dengan tubuh yang kecil. Contohnya seperti Oryctologus cuniculus (kelinci).

9Ordo Cetacea

Klasifikasi golongan ordo ini adalah mamalia yang hidup di laut. Antara lain seperti Dolphinus delvis (dolpin laut), Phalenoptera musculus (paus biru).

10Ordo Proboscidea

Termasuk dalam golongan proboscidae adalah semua jenis gajah yang ada di dunia. Contohnya seperti Loxodonta africana (gajah Afrika), Elephas maximus (gajah di India dan Indonesia).

11Ordo Perissodactyla


Ciri khusus ordo ini adalah hewan yang memiliki kaki dengan jumlah ganjil. Contohnya seperti Equus asinus (keledai), Equus caballus (kuda), Tapirus indicus (tapir).

12Ordo Artiodactyla

Ciri-ciri dari ordo ini yaitu memiliki jari kaki yang berjumlah genap. Contohnya seperti Antilocarpa sp (antelope), Cervus sp (kijang), Bos sondaicus (banteng), Aries sp (kambing),  Giraffa sp (jerapah), Camelus sp (unta), Bos indicus (sapi putih).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here