Banyak sekali spesies hewan yang ada di planet Bumi ini. Di antara mereka tentu banyak memiliki perbedaan tersendiri. Baik itu dalam kaitannya dengan sumber makanan, bentuk fisik, kebiasan serta masih banyak lagi perbedaan yang harus kita ketahui.

Hal ini penting kita ketahui agar supaya kita bisa memahami pengelompokan setiap spesies hewan, termasuk ke dalam jenis hewan apa yang kita temui itu. Bila dilihat dari segi sumber makanannya, maka terdapat tiga klasifikasi jenis hewan, yaitu hewan karnivora, herbivora dan omnivora.

Pada kesempatan kali ini, kita akan bersama-sama membahas tentang salah satu diantara ketiga jenis hewan tersebut. Yaitu hewan jenis omnivora.

Omnivora berasal dari 2 suku kata bahasa latin yaitu Omne yang berarti semua atau semuanya dan Vorare yang berarti melahap. Dari arti kedua suku kata tersebut, dapat kita simpulkan bahwa hewan jenis omnivora merupakan hewan pemakan segala, baik yang berasal dari tumbuhan maupun daging.

Artinya bahwa hewan jenis omnivora merupakan gabungan dari hewan karnivora dan hewan herbivora sebagaimana penjelasan pada artikel yang lain mengenai hewan karnivora dan hewan herbivora.

Setelah kita membahas dan mengetahui pengertian dari hewan jenis omnivora, selanjutnya mari kita lanjutkan ke penjelasan berikutnya, yaitu tentang ciri-ciri hewan pemakan segala ini.

Dari penjelasan di atas kita tentunya sudah dapat mengetahui ciri umum dan menonjol dari jenis hewan omnivora ini. yaitu hewan jenis ini mengkonsumsi tumbuhan dan daging. Hal ini didukung dengan adanya  gigi geraham dan gigi seri tajam yang dimiliki oleh hampir seluruh hewan jenis omnivora.

Gigi seri yang tajam dan terletak di bagian depan berfungsi untuk melahap atau menggigit mangsanya. Selain itu, fungsinya lainnya untuk memotong bagian tumbuhan yang hendak dijadikannya konsumsi.

Sedangkan gigi geraham yang datar dan terdapat di bagian belakang berfungsi untuk mengunyah makanan yang telah ia potong menjadi bagian kecil agar dapat masuk ke dalam mulutnya. Selain itu, pencernaan hewan jenis omnivora ini sangat kompleks sesuai dengan jenis makanannya yang beragam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here