Pernahkah kamu membayangkan bagaimana jadinya bila dua jenis hewan digabungkan menjadi satu dan menghasilkan hewan dengan spesies baru?

Di beberapa penangkaran di luar negeri, para ilmuwan sudah membuktikan hal ini. Bahkan di alam pun ditemukan hewan dengan hasil persilangan yang sejauh ini belum diketahui berasal dari mana.

Penasaran? Simak 10 hewan unik ini.

1Zebroid (Zebra dan Kuda)

en.wikipedia.org

Zebroid sejenis hewan keturunan dari hasil persilangan antara zebra dan famili kuda umumnya. Keunikan hewan ini, memiliki motif yang unik seperti zebra dan kuda umumnya. Namun ada juga persilangan antara zebra dan keledai yang dinamakan Zonkey.

2Dzo (Sapi dan Yak)

flickr.com

Dzo adalah hewan hibrida hasil persilangan yak dan sapi dalam negeri. Karena Dzo adalah produk dari fenomena genetik hibrida, mereka lebih besar dan lebih kuat dari yak atau sapi.

Di Mongolia dan Tibet, Dzo dianggap lebih produktif daripada sapi atau yak, baik dari segi produksi susu dan daging.

3Cama (Unta dan Lama)

en.wikipedia.org

Cama adalah nama hibrida antara unta Dromedarius jantan dengan seekor llama betina, diproduksi melalui inseminasi buatan di Pusat Reproduksi Unta di Dubai.

Cama pertama lahir pada 14 Januari 1998. Tujuannya adalah untuk menciptakan hewan dengan ukuran dan kekuatan unta, tetapi memiliki temperamen lebih kooperatif dan produksi wol yang lebih tinggi dari llama.

4Liger (Singa dan Harimau)

en.wikipedia.org

Liger adalah nama persilangan dari hewan singa dengan harimau. Hewan ini hanya ada di penangkaran. Liger (Lion Tiger) adalah hewan asli dari perkawinan antara singa jantan dengan harimau betina.

Liger diketahui juga memiliki gen yang sama dengan kedua induknya, tetapi merupakan spesies yang juga berbeda. Karakter fisik liger adalah postur yang nampak seperti singa raksasa, tetapi memiliki garis-garis pada tubuh seperti harimau.

Liger juga memiliki tubuh yang lebih besar dari pada kedua induknya. Liger tidak memiliki surai di kepala, namun kepala dan kakinya mirip sekali dengan singa. Liger merupakan hewan dengan kombinasi yang sempurna antara singa dan harimau.

5Kucing Bengal (Kucing Asia dan Kucing Amerika)

duniaq.com

Kucing bengal adalah kucing yang berasal dari California, Amerika Serikat. Kucing yang disebut juga kucing blacan ini merupakan keturunan kedua dari perkawinan silang antara kucing asian leopard dengan kucing american shorthair.

Kucing ini banyak digemari para pecinta kucing untuk dijadikan hewan peliharan meskipun kucing bengal tergolong dalam kucing hutan.

6Leopon (Macan Tutul dan Singa)

pinterest.com

Leopon merupakan hasil breeding antara macan tutul jantan dan singa betina. Kepala hewan tersebut mirip dengan singa sedangkan sisanya dari badan membawa kemiripan dengan macan tutul.

Proses persilangan ini merupakan program penangkaran yang paling sukses di Koshien Hanshin Park di Nishinomiya City, Jepang. Leopons lebih besar dari macan tutul, suka mendaki, dan menikmati air.

7Grolar-Bear (Beruang Kutub dan Grizzly)

sites.google.com

Grolar Bear merupakan hasil persilangan dari beruang grizzly dan beruang kutub. Meskipun dua beruang secara genetik serupa, mereka cenderung menghindari satu sama lain di alam liar.

Selama 16 April 2006, beruang hibrida ditembak mati oleh Jim Martell, seorang pemburu dari Amerika Serikat, di Kanada.

Ini adalah pertama kalinya beruang hibrida ditemukan di alam liar di mana catatan sebelumnya tentang grolars atau pizzlies hanya ditemukan di kebun binatang.

8Wolf Dog (Serigala dan Anjing)

texx-wolf-tails.com

Anjing dan serigala cenderung memiliki banyak kesamaan. Serigala adalah hewan pemalu, dan ahli dalam bertahan hidup. Rahang mereka jauh lebih kuat daripada seekor anjing.

Untuk persilangan pada serigala- anjing, tidak diketahui belum diketahui secara pasti bagaimana perilakunya. Hewan persilangan ini tetap harus dilatih agar jinak dan tidak melukai orang-orang.

9Wholphin (Paus dan Lumba-lumba)

sikerok.com

Perkawinan antara lumba-lumba dan paus merupakan jenis perkawinan silang lintas species dan lintas genus walau masih dalam satu famili.

Pada tahun 1985 di Taman Laut Sea Life, Hawaii ditemukan hasil silangan antara ikan lumba-lumba dan dengan sejenis paus pembunuh (Pseudoorca crassidens), yang dinamai Wholphin

Wholphin ternyata mewarisi sifat dari kedua induknya yang berbeda genus ini dan berada dinataranya. Misalnya bapaknya (lumba-lumba) mempunyai gigi sebanyak 44; dan ibunya memiliki 88; sedangkan wholphin giginya sebanyak 66.

Sebelumnya terdapat berbagai laporan tentang keberadaan Wholphin di laut bebas, namun seperti biasa ilmuwan baru percaya setelah adanya Kekaimalu ini.

10Iron Age Pig (Babi Hutan dan Babi Piaraan)

rangerpigs.com

Persilangan antara babi hutan dan babi piaraan ini dimanfaatkan untuk konsumsi sehari-hari. Dagingnya diperdagangkan. Pada umumnya, daging hewan persilangan ini dibuat menjadi sosis babi.