Seperti makhluk hidup lainnya, hewan yang dilengkapi dengan naluri selalu berusaha untuk bertahan hidup. Ada banyak cara yang digunakan untuk mempertahankan kelangsungan hidup mereka.

Kemampuan hewan untuk bertahan hidup di lingkungannya tergantung dengan tempat tinggalnya. Untuk tempat yang berbeda, mereka akan bertahan hidup dan mencari makan dengan cara berbeda.

Tidak jarang hewan bertahan hidup dengan memangsa hewan lain yang lebih kecil atau lebih lemah. Ini sudah merupakan hukum alam.

Meski demikian, kemampuan hewan untuk beradaptasi dengan lingkungannya tidak selalu baik. Ada kalanya, mereka yang tidak cocok dengan lingkungannya akan mati dengan sendirinya.

Tapi, ada juga hewan yang memiliki kemampuan beradaptasi yang luar biasa. Mereka dapat hidup di alam meski medannya berat dan tampak mustahil.

Hewan-hewan berikut patut dinobatkan sebagai hewan paling tangguh sedunia karena kemampuan bertahan hidupnya.

1Kambing Gunung

id.anawalls.com

Kambing gunung sering juga disebut mountain goat. Hewan ini adalah hewan berkaki empat yang paling kuat. Dia terbiasa hidup di dataran tinggi yang ketinggiaannya mencapai 15.000 kaki dari permukaan laut.

Bukan hanya hidup di dataran tinggi, tempat hidup mereka juga terjal dengan jumlah makanan yang terbatas karena suhunya dingin dan jumlah udara yang tipis.

Meski demikian, kambing gunung mampu bertahan hidup dan bebas dari beragam penyakit.

2Emperor Penguin

www2.ucar.edu

Hewan yang tubuhnya dominan putih ini tampak lucu bukan? Bahkan cara jalannya yang lucu sering menarik perhatian banyak orang.

Meski begitu, hewan satu ini ternyata masuk kategori hewan paling tangguh di dunia. Penguin bisa hidup di cuaca yang sangat ekstrem hingga minus 70 derajat celcius.

laogephoto.deviantart.com
laogephoto.deviantart.com

Tidak hanya cuaca dingin ekstrem saja, penguin ternyata kuat bertahan hidup di daerah dengan hembusan angin dingin yang sangat menggigit.

Untuk mencari makan, penguin biasanya berburu makanan di air. Tidak banyak yang tahu jika penguin adalah salah satu perenang handal.

3Beruang Kutub

miraclekidx.blogspot.com

Hampir sama seperti penguin, hewan satu ini juga juaranya tinggal di daerah bersuhu dingin dan cuaca ekstrem.

Meski bentuknya cukup lucu dan menggemaskan, di alam liar, beruang adalah pemburu handal. Dia memakan daging untuk bertahan hidup di suhu dingin.

gelerigambarhewan.net
gelerigambarhewan.net

Beruang biasa menghabiskan waktu untuk tidur panjang di musim dingin. Dan baru akan bangun di musim panas yang hangat.

4Unta

sumutpos.co

Jika tadi kamu menyimak hewan yang mampu bertahan hidup di tempat dingin, sekarang saatnya berpindah ke gurun yang panas.

Unta dikenal sebagai hewan yang sangat tangguh hidup di daerah gurun yang sangat panas dan gersang sekalipun.

id.hdlandscapewallpaper.com
id.hdlandscapewallpaper.com

Unta bahkan mampu bertahan tidak minum air hingga 8 hari lamanya. Ini terjadi karena saat minum, unta akan menyimpan cadangan airnya di dalam punuk tubuhnya.

5Burung Laut

eropa.panduanwisata.id

Burung umumnya lebih sering berada di udara dan sesekali berada di pohon untuk mencari makan. Tapi, burung satu ini lebih banyak menghabiskan waktunya di atas permukaan air laut.

travel.kompas.com
travel.kompas.com

Burung laut merupakan satu-satunya burung terkuat yang dapat bertahan dari terpaan ombak-ombak besar lautan.

Kecepatan terbang burung ini mencapai 90 hingga 120 kilometer per jam. Kecepatan ini sering ia gunakan untuk menyambar ikan di air, yang merupakan makanannya.

6Kecoa

gelerigambarhewan.net

Hewan satu ini identik dengan tempat yang kotor dan lembab. Di rumah, kecoa adalah hewan yang paling tidak disukai. Tidak jarang orang melakukan berbagai cara untuk mengusir kecoa dari rumah.

Kecoa juga tidak butuh tempat khusus untuk bisa bertahan hidup. Dia bisa hidup dan tinggal di mana saja, asal tempat itu kotor.

Tetapi, serangga satu ini adalah jenis serangga terkuat yang pernah ada. Dia masih bisa bertahan hidup selama beberapa hari meski kepala dan badannya telah terpisah. Kecoa akan mati akhirnya karena kelaparan.