Dalam kisah dongeng, kita mengenal bahwa raksasa itu tinggal di atas awan, dan kita bisa datang ke tempat tinggal mereka dengan memanjat pohon “Kacang Ajaib si Jack”. Tapi, di bawah langit itu juga ada lho raksasa –raksasa yang tinggal dan hidup di bumi. Kali ini kita akan membahas raksasa-raksasa dari kerajaan hewan versi ….. Let’s check it out!

1. Sapi Terbesar

Sapi Terbesar di Dunia
boombastis.com
  • Sapi Chilli 1

    Sapi ini berasal dari Indonesia lho. Sapi Chilli ini termasuk jenis sapi Fresian Holstein (FH), sejenis sapi perah gitu. Dengan berat 1,2 ton, Chilli tercatat dalam Rekor MURI pada tahun 2014 sebagai sapi kurban terberat yang ada di Indonesia. Selain beratnya, tinggi sapi yang disebut Chilli ini juga fantastis, yaitu 1,97 meter. Sepertinya lebih tinggi daripada tinggi rata-rata orang Indonesia ya? ^^

Sapi Chili
sp.beritasatu.com
  • Sapi Chili 2

    Weitz, sapi yang satu ini beda dari sapi yang ada di atas. Meski nama Cuma beda 1 huruf, tapi kedua sapi ini dibesarkan di 2 tempat yang berbeda dan tidak punya hubungan darah secara langsung, lho. Sapi ini tinggal di Inggris. Berat yang dimiliki oleh sapi bernama Chili ini hanya berbeda 2 cm dari sapi Chilli yang ada di Indonesia, yaitu 195 cm. Sapi ini dikenal sebagai sapi yang tertinggi di negaranya. Dengan tinggi yang demikian, sapi ini memiliki berat 1,25 ton.

2. Anjing Raksasa

Anjing Terbesar di Dunia
ytimg.com

Anjing raksasa yang masuk dalam nominasi hewan daratan terbesar menurut versi …. bernama Hercules. Anjing ini termasuk dalam jenis anjing ras mastiff Inggris. Jika dibandingkan dengan saudara se-spesies-nya, anjing ini lebih berat dan lebih besar. Mengenai ukuran raksasa Hercules, sang pemilik, Mr. Flynn, menyatakan bahwa berat itu didapatkan Hercules dengan diet alami, bukan karena menu diet yang aneh-aneh.

3. Babi

Babi terbesar di dunia
dailymotion.com

Babi terbesar yang tercatat dalam Guinness Book of Record berasal dari provinsi Liaoning, RRC. Babi yang memiliki berat 900 kg dan panjang 2,5 meter ini telah meninggal. Menurut Xu Changjin, seorang petani dari Kota Wafangdian, babi ini hanya mampu bertahan hidup selama 5 tahun.

4. Liger

Liger Terbesar di Dunia
boombastis.com

Liger ini tidak sama dengan Tiger. Liger adalah sebutan untuk hewan hasil perkawinan silang hibrida antara singa jantan dan harimau betina. Liger terbesar ini memiliki nama yang sama dengan anjing rakasasa yang telah disebutkan sebelumnya, “Hercules”. Hercules Liger ini tinggal di Jungle Island, Miami. Liger yang memiliki berat 900 kg ini diakui oleh Guinness Book of Records sebagai kucing terbesar di dunia.

5. Ular Raksasa

Ular Terbesar di Dunia
dailymotion.com
  • Ular Raksasa di Kalimantan

    Ular ini konon memiliki panjang sekitar 30 meter. Ular yang ditemukan oleh warga setempat saat melintasi sungai Balek di Kalimantan ini disebut Nabau.

Ular Terbesar
ytimg.com
  • Ular Boa di Cina

    Ular ini ditemukan di Cina oleh para pekerja pembangun jalan. Dengan panjang tubuh 16 meter dan ukuran tubuh yang besar, ular ini sempat membuat kehebohan di negara asalnya.

6. Kelinci Raksasa

Kelinci Terbesar di Dunia
youtube.com

Kelinci raksasa yang memiliki berat melebihi ibunya sendiri ini bernama Amy. Saat masih berusia 13 bulan, panjang tubuh Amy telah mencapai 130 cm dan berat lebih dari 33 kg. Padahal tinggi dan berat tersebut biasanya baru dimiliki oleh kelinci sejenis yang telah berusia 5 tahun.

7. Ikan Raksasa

Ikan Terbesar di Dunia
lightnomyus.blogspot.com

Salah satu ikan raksasa yang pernah ditangkap dan ditemukan oleh manusia berasal dari jenis Atlantic Blue Marlin yang hidup di Samudera Atlantic. Ikan jenis ini yang pernah ditangkap oleh Paulo Amorim pada tahun 1992 di daerah Pantai Vitoria, Brazil memiliki berat 635 kg. Ikan jenis ini sebenarnya memang termasuk jenis ikan dengan ukuran terbesar di dunia. Panjang ikan ini bisa mencapai 4,3 meter dan berat 818 kg.

8. Cumi-Rumi Raksasa

Cumi-cumi Terbesar di Dunia
cepetbanget.com

Jenis cumi-cumi  Architeuthis princeps adalah cumi-cumi yang memiliki ukuran tubuh raksasa, jika dibandingkan dengan jenis cumi-cumi yang biasa kita konsumsi. Cumi-cumi terbesar jenis ini yang pernah ditangkap oleh manusia memiliki berat 490 kg dan panjang sekitar 6 meter.

9. Kepiting Raksasa

Kepiting Terbesar di Dunia
versesofuniverse.blogspot.com

Kepiting terbesar yang berhasil ditangkap oleh manusia bernama Crab Kong. Kepiting yang memiliki garis tengah sepanjang 3 meter ini ditangkap oleh seorang nelayan di daerah Heda, teluk Suraga sebelah barat Tokyo, Jepang .

10. Buaya Raksasa

Buaya Terbesar di Dunia
forum.tribunnews.com

Buaya terpanjang ditemukan di Indonesia, tepatnya di perairan laut Soropia. Kemunculan buaya ini membawa horror bagi warga kampung di desa Waworaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara. Karena mereka jadi takut untuk melaut, apalagi dengan kemunculan buaya ini yang tiba-tiba.

Baik sememtara hanya itu beberapa informasi tentang binatang atau hewan terbesar di dunia. Kamu bisa mencari tahu lebih jauh lagi, karena sebgai dari yang telah disebutkan di atas hanyalah sebagian dari sekian banyaknya raksasa-raksasa hewan terbesar di dunia. Semoga bermanfaat. Silahkan jika ada yang mau ditambahkah, beri kritik juga masukan pada kolom komentar di bawah ini. tks 🙂

SHARE