Ada ratusan atau bahkan ribuan jenis hewan yang ada di dunia ini, namun dari semua hewan yang ada, beberapa di antaranya sangat disukai manusia karena mudah dijinakkan, bermanfaat sebagai kebutuhan pangan,

bahkan ada yang senang lebih karena alasan hiburan atau hobi semata. Hewan-hewan tersebut dipelihara dengan kasih sayang dan perawatan yang baik. Meskipun ada juga orang yang asal-asalan merawat hewan peiharaan.

Beberapa hewan peliharaan yang paling populer di kalangan para pecinta hewan adalah;

1Kucing

meongku.com

Kucing memang sudah menjadi sahabat yang sangat baik bagi manusia. Bahkan hewan favorit Rasulullah Saw adalah kucing. Selain jinak, kucing adalah hewan yang sangat lucu, imut, menggemaskan, dan lembut.

 

2Burung

gambarburung.blogspot.com

Burung juga menjadi hewan yang paling banyak dipelihara. Di Indonesia sendiri, beberapa jenis burung yang sangat digemari di antaranya yaitu burung cucak ijo dan burung pleci.

Jenis unggas yang satu ini sebenarnya lebih banyak dipelihara karena hobi dan kesukaan terhadap kicauannya setiap pagi yang nyaring, renyah, dan indah. Namun ada juga yang memelihara burung karena alasan ternak dan dilombakan.

3Ikan

aboutzodiac.blogspot.com

Ikan yang terkenal di kalangan masyarakat adalah ikan arwana dan ikan maskoki. Selain warna yang indah, perawatannya mudah, ada juga mitos yang beredar di masyarakat bahwa kedua ikan ini dapat membawa keberuntungan.

Tapi namanya juga mitos, tak pernah terbukti benar. Jadi, peliharalah ikan sebatas kesukaan saja tanpa harus ada kepercayaan khusus yang mengikuti.

4Kelinci

thoriamara.blogspot.com

Kelinci juga menjadi hewan yang paling banyak dipelihara. Kelinci yang terkenal adalah kelinci anggora.

Jenis kelinci anggora ini banyak disukai karena bulunya yang lebat. Tetapi tentunya memiliki biaya perawatan yang tidak sedikit.

Oh ya, kelinci juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan halal bagi manusia. Tapi tidak begitu banyak orang yang memelihara kelinci sebagai ladang bisnis, jika bukan khusus peternakan kelinci. Hewan ini terlalu lucu untuk dimakan, hihi.

5Marmut

nangimam.blogspot.com

Marmut juga cukup banyak dipelihara, terutama bagi masyarakat yang suka mengikuti kontes marmut cerdas. Jika akan diikutkan perlombaan, marmut ini akan dilatih sebelumnya.

Tapi banyak juga yang geli, jijik, dan tidak mau memelihara marmut karena kemiripannya dengan tikus.

6Ayam

caraberternak.info

Hewan peliharaan yang satu ini sebetulnya dimanfaatkan sebagai bahan pangan. Namun ada juga lho yang memelihara ayam karena memang orang tersebut suka dengan hewan ini.

Mungkin saja karena suaranya yang nyaring sangat berguna sebagai alarm saat tiba waktu menjelang subuh.

SHARE