Kita selalu ingin meraih banyak hal dalam hidup, namun untuk itu kita selalu dibenturkan dengan waktu yang 24 jam saja dirasa tidak cukup. Selain itu stamina tubuh kita pun tak mampu mengimbangi keinginan kita untuk mencapai sesuatu.

bisnisukm.com
bisnisukm.com

Dengan banyaknya keinginan dan tuntutan kehidupan ini maka mau tidak mau kita harus memilih, mana yang lebih prioritas yang harus kita dahulukan, yang bisa kita kejar, dan mana yang pada akhirnya harus kita relakan.

Jadi, sebuah prinsip yang perlu kita pegang dalam menjalani kehidupan ini, kita tidak mungkin melakukan banyak hal dan menguasai banyak hal. Maka, fokuslah pada satu atau dua hal saja, asah keterampilanmu di sana dan kerjakan dengan suka cita.

Bagi kamu yang masih galau dalam menentukan prioritas-prioritas dalam hidupmu, maka mungkin saatnya kita merenungkan beberapa hal ini.

1Usia

paudanakcerdas.blogspot.com

Sadari bahwa seiring waktu, usia kita pun bertambah. Dengan pertambahan usia, pasti akan banyak perubahan yang terjadi pada diri kita. Bisa jadi suatu saat nanti kita tidak bisa melakukan apa yang saat ini sedang kita kerjakan.

Oleh karena itu, buatlah perencanaan dan pilih prioritas apa yang akan kita kerjakan saat usia sekarang dan apa yang perlu kita persiapkan untuk nanti, saat kita sudah tidak sekuat saat ini.

2Anak-anak

akinarishop.com

Biasanya anak-anak adalah ujian bagi para ibu bekerja. Ini pun bisa jadi prioritas yang perlu dipertimbangkan. Prioritas untuk memilih bekerja di luar dan meninggalkan anak dengan pengasuh atau kita mengambil peran untuk mendidik mereka sendiri.

Semua dikembalikan pada prioritas, tentunya disesuaikan dengan kondisi masing-masing keluarga.

Tapi, satu prinsip lagi yang perlu kita ingat, tidak ada yang salah dengan dua keputusan di atas, karena kita tidak bisa menyamakan kondisi orang yang satu dengan yang lain.

3Utang

teropongbisnis.com

Utang bisa menjadi momok yang mengerikan bagi kehidupan kamu. Maka buatlah prioritas yang membuat kamu seminimal mungkin berinteraksi dengan kata ‘hutang’. Jadi kalau kamu tidak punya uang, ya nggak perlu maksa juga untuk membeli sesuatu ya!

4Pekerjaan

emjeshop.com

Sebaiknya, kita jangan pernah sekali-kali menggantungkan kehidupan kita pada sebuah pekerjaan atau perusahaan tertentu. Di mana kalau kita dikeluarkan dari tempat itu, maka suramlah kehidupan kita.

Berilah prioritas untuk dirimu meningkatkan keterampilan di bidang tertentu, agar suatu hari nanti kamu bisa mandiri membangun usaha atau bidang lain yang bisa menghasilkan pendapatan. Yakinlah bahwa rezekimu sudah disediakan jika dijemput dengan usaha.

5Rumah

konstruksirumah.com

Banyak pasangan suami istri yang mengalokasikan sebagian besar pendapatannya untuk membangun atau memiliki rumah. Ini adalah sebuah prioritas, karena jika kita sudah punya anak, nggak enak juga kan kelamaan numpang sama orang tua.

6Teman

aybela.com

Hubungan pertemanan perlu menjadi prioritas dalam hidup kita. Banyak pelajaran hidup yang bisa kita dapatkan jika kita menjalin banyak hubungan pertemanan dengan orang lain. Dan bisa jadi, keberhasilan kita hari ini, karena doa dari salah satu teman kita.

7Perjalanan

herlybangkit.wordpress.com

Hidup bukan hanya kita habiskan untuk bekerja dan kembali bekerja. Selain itu, kita pun perlu menyediakan waktu untuk melakukan perjalanan. Lihatlah dunia ini lebih luas! Dengan begitu kamu akan banyak mendapat pelajaran dan makna hidup.

8Belajar

dedeobi.com

Kehidupan adalah proses belajar sepanjang hayat. Untuk itu belajarlah dari tiap detik waktu yang telah kamu lalui. Belajarlah dari peristiwa yang terjadi dan belajarlah bagaimana caranya belajar.

SHARE