Buat kamu anak-anak perempuan, siapa tidak kenal Barbie. Boneka negeri dongeng dengan berbagai cerita film kartun ini telah populer sejak dulu. Bahkan sekarang muncul Hijarbie.

Boneka Barbie sekarang menggunakan hijab. Selain menjadi bahan jualan yang sangat laris dan populer di Instagram. Barbie berhijab ini juga diklaim dapat menjadi media edukasi yang baik bagi anak-anak.

1Hijarbie

inquisitr.com

Hijarbie, hijab Barbie, itulah akronim yang dicetus seorang muslimah muda ‘penemu’ Hijarbie. Namanya Haneefah Adam dan ia seorang muslimah asal Nigeria, yang notabene bukan negara dengan mayoritas muslim.

Haneefah pertama kali memperkenalkan produknya lewat Instagram pribadinya. Kini setelah Hijarbie populer, ia bahkan memiliki akun Instagram tersendiri untuk produk Hijarbie buatannya.

2Hijab dan Identitas

distractify.com

Haneefah adalah seorang muslimah berumur 24 tahun yang menyelesaikan studi master atau S-2 jurusan Famakologi di Inggris. Haneefah mengungkapkan bahwa apa yang ia lakukan dengan boneka Barbie adalah sebuah akar yang dan identitas.

Akar tersebut adalah akar agama islam dan identitas yang ia maksud adalah identitas kultural sebagai seorang muslim. Ia berkata bahwa mendandani boneka barbie dengan hijab adalah hal yang sederhana dan tidak ada yang salah dengan hal ini.

3Role Model

today.com

Bagaimana pun, perkembangan agama Islam di dunia semakin luas. Dan banyak masalah selama penyebaran agama Islam. Tentu saja salah satunya adalah minimnya role model atau minimal media untuk melakukan edukasi pada anak-anak.

Nah, Haneefah berharap Hijarbie buatannya minimal dapat menjadi role model sederhana untuk anak-anak muslim di banyak negara maju dan berkembang dengan minoritas muslim.

Remaja muslim atau muslimah haruslah tahu bagaimana seharusnya mereka menyikapi fashion. Dan yang paling penting, muslimah harus bangga menggunakan hijab yang syari’i.

4Sosial Media

mic.com

Haneefah terutama memperkenalkan produknya lewat sosial media. Hal ini karena ia sangat kesulitan menjualnya di Nigeria. Memang sangat aneh seorang medical scientist lulusan S-2 Farmakologi menekuni hal semacam ini.

Namun, Haneefah mengatakan bahwa ia hanya ingin memberikan opsi yang lebih untuk remaja muslimah. Akun Instagram Hijarbie kini telah memiliki puluhan ribu followers. Hingga kini tercatat pengikutnya mencapai 22.600 akun lebih.

5Meluruskan Opini

marieclaire.co.uk

Beberapa pengikut Haneefah tentu saja bukan serta merta followers yang baik, terkadang ada beberapa yang juga merupakan haters. Pada haters tersebut melontarkan berbagai pertanyaan yang menyudutkan Haneefah.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada Haneefah tentu saja tentang hijab. Para haters mengatakan bahwa perempuan yang menggunakan hijab adalah perempuan yang dipaksa oleh keluarga dan agama untuk menggunakannya.

Banyak orang bahkan berangggapan bahwa mayoritas perempuan muslim dipaksa menggunakan hijab. Padahal menurut haneefah sama sekali tidak seperti itu kenyataannya. Bahkan, mayoritas yang menggunakan hijab karena kemauan sendiri.

6Public Perception

dailycaller.com

Haneefah mengatakan bahwa hijarbie dapat menjadi great platform atau isu publik yang sangat efektif. Mengapa efektif? Karena obrolan tentang hijab dapat meluruskan banyak miskonsepsi dalam kalangan muslim maupun non muslim.

Miskonsepsi ini terutama tentang alasan perempuan muslim menggunakan hijab. Banyak yang mengira bahwa menggunakan hijab adalah karena tertekan dan tidak dapat bebeas berekspresi.

Namun, sebenarnya banyak muslimah menggunakan hijab justru karena ingin menunjukkan bahwa ia adalah seorang perempuan muslim. Para muslimah ingin menunjukkan diri mereka sebagai muslimah.

Bagaimana? Kamu tertarik untuk membeli Hijarbie untuk anak-anak perempuan kamu? Kamu bisa memesannya ke Haneefah di akun instagram @hijarbie milik Haneefah Adam.