youtube.com

Dahsyatnya Hikmah Berbuka Puasa, Umat Muslim Wajib Tahu

Posted on

Salah satu kenikmatan yang Allah berikan kepada hambaNya yang sangat Dia cintai adalah rezeki. Rezeki yang Dia curahkan dari langit untuk Dia bagikan ke hambaNya agar mereka hidup bahagia dan selalu bersyukur padaNya.

Salah satu tanda rezeki hadir dalam keadaan penuh cinta dari Allah adalah waktu berbuka puasa. Dimana setelah seharian umat Muslim menahan haus dan lapar, Allah memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyantap makanan dan minuman.

Selain itu, waktu berbuka puasa ternyata menyimpan hikmah dan fakta dahsyat yang masih belum terlalu banyak diketahui oleh umat Muslim. Nah, apa sajakah itu?

Waktu Berbuka Adalah Waktu Mustajab Untuk Berdoa

kemala-ria.blogspot.com

Selain dinanti karena rasa haus dan lapar yang telah ditahan seharian, waktu berbuka juga dinanti karena memiliki waktu mustajab untuk berdo’a.

Berdo’a atau meminta suatu kebaikan hidup baik di dunia maupun di akhirat kepada Allah adalah sebuah keharusan, karena memang hanya kepada Allah lah kita dapat menggantungkan segalanya.

Dan memang hanya Dia saja lah yang mampu menjaga, menolong, serta mencukupi kebutuhan hidup kita.

Selain bersyukur atas nikmatnya yang berlipat-lipat, kita juga wajib meminta ampun dan taubat kepadaNya, serta meminta perlindungan dan keberkahan untuk kehidupan kita.

Dari hadits, “Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi no.2528, Ibnu Majah no.1752, Ibnu Hibban no.2405, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi).

Waktu Berbuka Mengundang Kehangatan Ukhuwah

suprizaltanjung.wordpress.com

Ukhuwah atau persaudaraan memang harus terus dipupuk agar ikatannya semakin kokoh dan kuat karena Allah SWT.

Salah satu cara memupuk ukhuwah adalah dengan saling mendoakan dan iman yang kuat dari masing-masing personal.

Waktu berbuka yang penuh dengan kehangatan juga menyimpan waktu mustajab untuk saling mendo’akan saudaranya satu dengan yang lain, serta juga menyimpan keberkahan untuk ilmu dari majelis taklim yang sengaja diadakan.

Lihat, suasana berbuka puasa bersama selalu penuh dengan tawa bahagia bukan?

Waktu Berbuka Merupakan Nikmat Allah yang Luar Biasa

istrinyaeri.wordpress.com

Dengan adanya makanan dan minuman, walau hanya sebiji kurma dan segelas air putih, apalagi lebih dari itu, memperlihatkan kepada kita, bukti cinta Allah yang begitu nyata.

Rasanya lega luar biasa, setelah seharian menahan lapar dan haus pada akhirnya kita bisa memasukkan makanan dan minuman ke dalam tubuh kita.

Waktu Berbuka Mempersiapkan Diri Kita Untuk Tetap Semangat Beribadah

duduul.com

Walaupun waktu senja atau larut adalah waktu dimana kita bisa beristirahat setelah seharian bekerja keras, namun sesungguhnya di malam hari adalah waktu yang tepat untuk semakin mendekatkan diri pada Allah.

Apalagi setelah kita merasakan nikmat berbuka puasa, kita harus semakin semangat tilawah Qur’an, memperbanyak dzikir petang dan hafalan Qur’an, serta tak lupa menyambut sepertiga malam dengan ibadah sunnah sholat malam.

Itulah tadi keempat fakta dahsyat tentang waktu berbuka yang selama ini mungkin masih belum banyak diketahui umat Muslim. Semoga hikmah waktu berbuka tersebut bisa membuat kita semakin rindu, dan mencintai Allah di atas segalanya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *