Kalau kamu pernah jadi anak-anak, pasti seneng banget kan kalau sebentar lagi deket-deket lebaran. Lebaran di mata anak-anak itu selalu menyenangkan, karena punya baju baru, makan kue-kue lezat, dan dapet angpao.

lumansupra.wordpress.com
lumansupra.wordpress.com

Emang angpao apaan sih? Kasian banget sih kamu kalau nggak tau angpao. Eh, tapi kalau nggak tau ya nggak papa juga. Tapi, sebenarnya ngasih angpao itu baik nggak sih buat anak-anak?

Sebelum kita bahas pertanyaan di atas, maka sebelumnya kita berkenalan dulu dengan makhluk bernama angpao. Untuk kamu yang belum tahu, angpao itu adalah sejumlah uang yang diberikan saat lebaran kepada anak-anak.

fikomuntar.blogspot.com
fikomuntar.blogspot.com

Sebenarnya tidak harus anak-anak saja sih yang dapat angpao, tapi biasanya seperti itu. Memberikan angpao ke anak bisa jadi memberi dampak yang positif dan atau dampak positif.

Menggunakan kata dan atau karena pasti saja ada sisi positif dan negatif dari pemberian angpao ini. Tapi, sebenarnya ada lho, hikmah pemberian angpao kepada anak-anak.

Ketika anak-anak mendapatkan angpao, maka ini lah momentum kita sebagai orang tua atau orang yang lebih dewasa bagi mereka untuk mengajarkan beberapa hal ini kepada mereka.

1Cara Mendapatkan Uang

hrdhelper.net

Kalau lebaran, anak-anak pasti punya banyak uang dari pemberian kakek neneknya ataupun kerabat-kerabat di sekitarnya. Nah, agar anak bisa menggunakan uangnya dengan bijak, maka perlulah kita memperkenalkan sebuah realita kepada mereka.

Realita apakah itu? Realita bahwa sesungguhnya mencari uang itu tidak mudah, buktinya banyak orang kelaparan dan banyak juga dari kita yang pergi pagi pulang malam untuk mendapatkan uang.

Kita bisa mengajak mereka melihat fakta-fakta di jalan, bahwa ada kakek atau nenek-nenek yang sudah renta dan masih berjualan. Kita bisa tanya ke anak, untuk apa mereka berjualan, pastinya untuk mendapatkan uang kan?

Jika mereka sudah tau bagaimana orang di sekitarnya mendapatkan uang, maka kita bisa ajak anak untuk memanfaatkan uang angpaonya tersebut dengan baik.

2Cari Tahu Apa yang Diinginkan Anak

pelbub.wordpress.com

Sebelum kita ngasih tau macem-macem, bagaimana cara memanfaatkan uang hasil angpao dengan baik kepada anak, maka sebelumnya kita perlu tanya keinginan anak.

Sebenarnya apa sih yang mereka inginkan dari uang angpao mereka. Apakah mereka ingin membeli boneka kesukaan, membeli mobilan, dan mainan lainnya, atau justru mereka sudah berinisiatif untuk menabungnya.

Jika kita sudah tau apa yang mereka inginkan, maka kita bisa bantu mereka untuk mendapatkan opsi-opsi bagaimana memanfaatkan uang angpao mereka dengan baik.

3Bagaimana Kalau Sebagian Uangnya Ditabung?

energitoday.com

Kalau anak belum punya inisiatif menabungkan sebagian uangnya angpaonya, maka ketika kita memberikan bantuan berupa opsi-opsi pemanfaatan uang angpao, maka kita bisa selipkan kata menabung di sini.

Tapi kita perlu ingat, bahwa pada akhirnya yang akan menentukan uang tersebut digunakan untuk apa adalah anak, kita hanya perlu bilang kepada mereka, “Bagaimana kalau sebagian uangnya ada yang ditabung?”

4Bersedekah

shareqolbu.blogspot.com

Sebagai orang tua kita punya peran untuk memberi pemahaman kepada anak sedari kecil, bahwa di antara harta yang kita miliki ada harta orang lain yang perlu kita tunaikan.

Bagaimana cara menunaikannya? Maka kita beritahu anak kita, bahwa cara menunaikannya adalah dengan bersedekah. Selain itu tanamkan juga kepada mereka, bahwa ketika kita bersedekah, maka Allah akan membalas sedekah kita dengan yang lebih baik.

Kalau anak bisa bijaksana menggunakan uang angpao mereka, maka memberi angpao kepada anak menjadi sarana untuk melatih mereka mengelola keuangan.

SHARE