sholawat.co

Kamu Perlu Tahu! 5 Hikmah Di Balik Bulan Ramadhan

Posted on

Ramadhan. Bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Pada bulan ini banyak sekali berkah dan rahmat.

Bulan suci Ramadhan juga merupakan bulan penuh ampunan. Tidak hanya itu, pada bulan puasa ini pahala dan kebaikan dilipatgandakan.

Maka dari itu banyak umat muslim yang berlomba-lomba dalam kebaikan dan memaksimalkan ibadahnya.

Ketika kita melaksankan ibadah puasa dengan baik maka kita akan meraih rahmat, magfirah, dan terhindar dari siksa api neraka.

Mengapa banyak umat muslim menjalankan ibadah puasa, melaksanakn solat tarawh di masjid, sahur, dan lain-lain?

Allah memerintahkan ibdah-ibadah tersebut tentu ada tujuan dan hikmah dibaliknya. Berikut beberapa hikmah di balik bulan Suci Ramadhan.

Merasakan Apa yang Dirasakan oleh Orang-orang yang Kelaparan dan Kehausan

www.romiyooo.com

Pada bulan Ramdhan, kita umat Islam diperintahkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Saat berpuasa, tentu kita pernah merasakan rasa lapar dan dahaga.

Kita harus menyadari bahwasanya banyak orang di luar sana yang merasakan kehausan dan kelaparan pun ketika di luar bulan Ramadhan.

Banyak di antara mereka yang tidak mengeluh. Saat kita merasakan lapar dan haus itu, itulah hal yang dirasakan oleh mereka yang kesehariannya merasakan kelaparan dan kehausan.

Hal tersebut membuat kita semakin bersyukur karena kita bisa merasakan kehidupan yang lebih baik. Serta mendorong kita untuk saling berbagi terhadap sesama.

Melatih Kesabaran dan Keikhlasan

avivemc2.blogspot.com

Orang yang berpuasa selama bulan Ramadhan dilatih kesabaran oleh Allah SWT. Dibalik rasa sabar tersebut kita sebaiknya menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas.

Misalnya, saat menjalankan ibadah puasa kita dilatih sabar untuk menunggu adzan Maghrib berkumandang yang merupakan pertanda waktu berbuka puasa.

Kita juga dilatih untuk menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, seperti menahan amarah dan emosi.

Rasa sabar dan ikhlas dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini merupakan bekal bagi kita dalam menjalani kehidupan ini.

Melatih Terbiasa Bangun Pagi

liitea.blogspot.com

Bagi sebagian orang bangun pagi merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Akan tetapi, saat puasa, kita dibiasakan melakukan sahur.

Makan sahur bertujuan untuk memberikan energi agar tubuh memiliki tenaga hingga waktu berbuka tiba.

Seusai makan sahur kita bisa membaca Al-Qur’an kemudian melaksanakan sholat subuh berjamaah ketika adzan Subuh telah berkumandang.

Rutinitas bangun pagi di bulan Ramadhan itu membiasakan kita agar bisa bangun lebih awal pada kehidupan sehari-hari.

Beribadah Sekaligus Menjalin Silaturahmi dengan Sesama – Sholat Tarawih

adibrawi.files.wordpress.com

Pada bulan Ramdhan orang-orang pergi ke masjid untuk melakukan sholat Tarawih berjamaah. Suasana seperti itulah salah satu yang membuat kita rindu akan bulan Ramadhan, karena kita tidak menjumpai suasana semacamnya di bulan-bulan lain.

Selain kita beribadah, kita bisa berjumpa dengan saudara-saudara muslim kita di masjid.

Bulan yang Tepat untuk Memperbaiki Diri

www.sistemhrd.com

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh ampunan, bulan yang lebih baik daripada seribu bulan.

Pada bulan ini pintu ampunan dibuka lebar oleh Allah. Maka dari itu bulan Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk memohon ampun, memperbaiki kesalahan, dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

Masih banyak hikmah puasa yang bisa dipetik, semoga tidak hanya lapar dan dahage yang kita peroleh dalam menjalani ibadah puasa, tapi juga hikmah dan berkahnya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *