Ingin punya masa depan cerah? Belum cukup hanya dengan bermimpi. Kamu setuju bukan? Masa depan cerah tentu harus dengan perencanaan yang matang. Misalnya matang dalam hal mengatur keuangan.

Tidak jarang kita menemukan orang yang memiliki cita-cita tinggi, tapi tidak cermat dalam mengatur keuangan setiap hari. Cara cermat mengatur alur pengeluaran salah satunya dengan menabung.

Menabung jadi solusi positif untuk menghemat dan mempersiapkan rencana masa depan. Tak salah jika sejak kecil, orang tua mengajarkan kita untuk menabung.

Menabung memang tidak berat. Namun, bagi sebagian orang menabung jadi perkara yang tidak mudah. Seakan-akan menabung adalah ‘merampas’ uang dari dompet.

Di saat sudah ada rencana menabung, ternyata uang sudah habis karena tak sadar dibelanjakan. Bisa jadi, beberapa alasan dibawah ini yang menyebabkan menabung terasa sulit dan berat.

1Mudah Tergoda

www.alleywatch.com

Nah, kemungkinan pertama kamu adalah tipe orang yang mudah tergoda untuk berbelanja. Pengalaman mudah tergoda untuk membeli sesuatu ini agaknya tak hanya dialami kaum wanita tetapi juga kaum pria.

Contoh nyata, ketika sedang berjalan-jalan di mall, kamu melihat barang bagus yang belum tentu dibutuhkan. Seketika itu saja kamu tergoda dan langsung membelinya.

Tips untuk kamu yang mudah tergoda, cobalah buat daftar barang belanjaan yang benar-benar kamu perlukan. Patuhi daftar tersebut.

Niatkan dan kuatkan hati kamu agar tidak mudah tergoda. Kalau sudah mantap untuk menyisihkan uang, kamu tentu tidak akan membeli barang yang tidak diperlukan.

2Tidak Punya Tujuan Menabung

www.taenkeboksen.com

Uang cepat habis dan tidak ada sepeserpun yang disisihkan? Mungkin Kamu belum punya tujuan menabung. Padahal, dengan adanya tujuan, kamu akan lebih termotivasi dalam menabung.

Kita ambil contoh, buatlah daftar apa hal yang kamu ingin capai atau kamu inginkan. Untuk mewujudkan hal itu, tentu kamu harus menabung.

3Tidak Bisa Mengelola Uang

cashelper.com

Kamu memiliki uang namun tak pernah bisa menabung? Atau kamu mempunyai sedikit uang justru bisa menabung? Bisa jadi ini tandanya kamu tidak bisa mengelola uang.

Kamu tidak tahu banyaknya uang yang harus ditabung dan yang harus dikeluarkan. Coba sekali-kali kamu mengatur keuangan dengan catatan akutansi, dijamin bisa lebih dapat mengatur keuanganmu.

4Keturunan Orang Kaya

www.financenews24.com

Wah, alasan ini bisa jadi yang bikin sulit kamu untuk menabung. Harta melimpah dan selalu mendapat ‘subsidi’ dari orang tuamu membuat kamu ogah menabung. Padahal, apa salahnya kamu menggunakan uang tersebut dengan lebih bijak dengan ditabung.

Siapa pula yang dapat menjamin bahwa kamu bisa hidup enak selamanya seolah-olah harta kekayaan keluargamu abadi.

Kamu nggak mau kan tiba-tiba Tuhan menggariskan untuk mengambil apa yang ada di diri kamu dan membuatmu jadi orang yang tidak mempunyai apa-apa.

Dengan menabung, jadi cara kamu untuk menghargai pemberian Tuhan dan pemberian orang tuamu.

5Hobi Makan di Luar

wartawirausaha.com

Kalau kamu punya hobi kuliner di luar rumah, sebaiknya dihentikan mulai saat ini juga. Ini jadi salah satu pemborosan besar yang sering dilakukan namun sangat jarang disadari oleh kamu.

Meskipun tidak masalah untuk makan di luar, usahakan tidak terlalu sering. Coba batasi seberapa sering kamu makan di luar, sehingga kamu dapat mengatur pengeluaran kamu. Semua tentu ada batasnya, misalnya sebulan satu kali.

Teguhkan hati untuk menabung. Kelima alasan tersebut bisa dihindari asal ada keteguhan hati. Jadi, kamu harus benar-benar yakin dan konsisten dalam menjalankannya.

Sehingga meskipun banyak godaan untuk ‘bolos’ menabung, kamu tetap kuat untuk melawan arus dan tetap menabung.