Bagi kamu pekerja kantoran, siswa, mahasiswa, atau bahkan pekerja freelance atau wirausaha, pasti tak luput dari namanya begadang untuk lembur sebuah pekerjaan atau tugas.

Hal tersebut wajar mengingat bahwa di dunia ini, sesuai dengan tugasnya, manusia memiliki kewajiban dalam menjalankan amanah yang dititipkan dari Tuhan tersebut.

Hal tersebut termasuk dalam konsekuensi status atau pekerjaan yang memang harus dijalani dan dikerjakan oleh seseorang, dalam menjalani hidupnya di dunia ini, dan bermasyarakat.

Namun ada satu hal yang sering dilalaikan oleh banyak orang, yaitu kebiasaan tidak sehat dari begadang yang justru membuat si pelaku menjadi tidak sehat dan jatuh sakit.

Nah, bagi kamu yang memang memiliki tugas rutinan dan mengharuskanmu sedikit merelakan waktu istirahat di malam hari, jangan pernah lakukan hal-hal berikut secara terus-menerus ya!

Minum Kopi

pixabay com
pixabay.com

Jika setiap begadang kamu selalu ditemani oleh segelas atau secangkir kopi, entah kopi macam apapun itu, maka hal tersebut harus mulai kamu kurangi.

Jika kamu terlalu sering mengkonsumsi kopi, hal tersebut tak baik untuk ginjal dan juga orang pencernaanmu. Tak hanya itu, kamu juga akan mengalami ketagihan kopi tersebut.

Jika ada anggapan bahwa kopi dapat meredakan kantuk, maka hal tersebut tak sepenuhnya benar. Jika tak ingin mengantuk sebelum tugas selesai, kamu bisa berwudhu atau cuci muka biar segar.

Ngemil

hemaviton com
hemaviton.com

Seseorang yang sedang begadang untuk lembur tak akan sadar jika dia menyertai aktivitas tersebut dengan ngemil, lama-lama akan habis berapa banyak makanan camilan tersebut.

Rata-rata makanan yang digunakan untuk ngemil adalah yang gurih atau manis. Sayangnya, dalam waktu malam hari, kedua jenis makanan tersebut sama-sama kurang baik.

Kebanyakan makan manis bisa meningkatkan kadar gula dalam darah, dan makanan gurih jika dikonsumsi berlebihan dapat meningkatkan kadar kolesterol. Apalagi di malam hari.

Mendengarkan Musik Lewat Headset

jakartanotebook com
jakartanotebook.com

Entah headset, headphone, atau earphone, berbagai alat bantu dengar tersebut jika menancap di telinga dalam waktu lama apalagi dalam volume yang keras akan dapat merusakkan pendengaran kita.

Nah, kamu tentu tak akan menyangkal, bahwa aktiviats begadang karena lembur memang sangat membosankan jika suasananya sepi.

Agar lebih meningkatkan mood kerja biasanya kamu memutar musik, namun karena takut mengganggu orang rumah atau kos lainnya, kamu memutarnya kencang lewat alat bantu dengar tersebut.

Jangan terlalu sering ya? Kasihan telingamu.

Jika kebiasaan-kebiasaan tersebut masih sering kamu lakukan sampai saat ini, coba segera dikurangi perlahan-perlahan, demi asset kesehatanmu di masa tua kelak.