Berencana menikah tahun ini? Pasti lagi semangat dong ya mengumpulkan bekal. Semua bekal baik materi maupun bekal mental.

Menikah adalah momen yang sakral, yang kita semua ingin melaluinya sebisa mungkin sekali saja seumur hidup. Makanya kita ingin pernikahan meninggalkan kesan yang akan kita terus ingat sepanjang hidup.

tipsnikah.com
tipsnikah.com

Salah satu yang harus kamu perhatikan adalah perencanaan yang matang. Kamu harus jauh-jauh hari memperhitungkannya. Jangan sampai pesta pernikahan yang ditunggu-tunggu berakhir dengan kekacauan.

Nah sebelum menggelar pesta pernikahan nampaknya harus ada beberapa hal yang kamu hindari. Berikut ulasannya

1Pesta Terlalu Lama

larashati.co.id

Kita paham kamu ingin memberitahukan ke semua orang jika kamu menikah. Namun kamu harus ingat, durasi pesta yang terlalu lama akan berimbas pada anggaran yang membengkak.

Selain itu tenaga kamu juga akan terkuras. Karena sudah terkuras pikiran dengan berbagai persiapan, kamu juga harus berdiri di pelaminan selama berjam-jam.

Usahakan susunan acaranya efektif, sakral, mengena sehingga bisa terus kamu ingat berdua dengan pasanganmu. Itu jauh lebih penting.

2Tak Memperhitungkan Budget

ysrodiyah.com

Nah ini yang biasanya paling rumit. Kamu harus menghitung secara detail berapa total anggaran yang harus kamu keluarkan.

Yang paling penting komunikasikan hal ini dengan calon suami/istri dan keluarganya. Karena pernikahan tidak hanya menyatukan dua orang tapi dua keluarga.

Kamu harus hitung mulai dari berapa sewa tenda, seserahan, biaya katering, dokumentasi. Apakah kamu memakai paket lengkap tinggal beres atau memang kamu ingin per vendor sesuai keinginan kamu.

Yang jelas jangan paksakan diri untuk menggelar pesta pernikahan di luar budget yang sudah dipersiapkan. Selalu sisakan dana cadangan.

3Menggunakan teman

nurannisaa7.wordpress.com

Kerap kali dalam pernikahan kita menggunakan teman untuk menghandle acara resepsi. Padahal, tidak semua teman atau sahabatmu bisa bekerja secara maksimal dan profesional.

Kalaupun kamu menggunakan jasa teman, pastikan bahwa temanmu bisa bekerja secara maksimal dan profesional. Jangan sampai hubunganmu yang baik dengan temanmu menjadi rusak gara-gara kesalahan yang terjadi di pesta pernikahanmu.

4Terlalu banyak tamu undangan

www.youtube.com

Saran lebih baik kamu memilih dan memilah tamu undangan yang memang benar-benar ingin kamu undang datang ke pernikahan.

Semakin banyak tamu undangan mambuat anggaran kamu juga jelas akan membengkak. Mulai dari harus gedung yang luas, katering yang banyak, jumlah undangan yang banyak dan hal lain yang turut membengkak.

Bertemu dengan kolega bisa di lain waktu sembari mengenalkan pasangan baru kamu. Namun dalam pernikahan yang penting adalah momen sakral.

SHARE