Liburan ke Kota Jogja, ke kota yang menjadi simbol kebudayaan Jawa semenjak berabad-abad lamanya. Rugi kalau hanya berkunjung ke destinasi wisata budaya saja, tapi menginapnya di hotel gaya Eropa, jadi kesannya hilang.

Paling pas, dan sesuai dengan tema wisata, kita rekomendasikan kamu untuk mencari hotel yang menggunakan corak bangunan dan desain gaya Jawa. Lebih tepatnya Jawa ala Mataraman, lebih spesifik lagi Mataraman Ngayogjokarto.

Berikut ini adalah daftar hotel di Yogyakarta yang kental dengan bangunan ala Jawanya.

1Joglo Plawang Boutique Villa

sg.hotels.com

Gaya Bangunan

Joglo Plawang Boutique Villa ini memiliki 2 tipe villa yang terpisah, 4 tipe villa dan 2 tipe kamar hotel. Semuanya tentu dengan gaya tradisional Jawa ala Mataram Yogyakarta. Paling terlihat adalah atapnya, yang sangat jelas bentuk joglonya.

Dibanding semua hotel di Yogyakarta, hotel berbintang 4 Joglo Plawang Boutique Villa inilah yang paling kental dan mencolok kesan tradisionalnya. Boleh dibilang 75 % tradisional Jawa, sisanya adalah desain bangunan modern untuk kenyamanan dan keamanan.

Uniknya, walaupun ada beberapa tembok kamar yang terlihat menggunakan semen dan di plaster biasa, namun dari struktur bangunan tetap memunculkan kolom-kolom utama khas joglo.

Suasana Lokasi

travelwithjonna.typepad.com
travelwithjonna.typepad.com

Karena berada di daerah pegunungan, tepatnya di kecamatan Turi, Sleman, tentu saja letaknya jauh dari kota Jogja, dan relatif lebih dekat dengan kota Sleman. Namun, kelebihannya adalah masih dalam jalur jalan utama, yakni jalan raya Pakem-Turi.

Letaknya lebih terbuka dan dekat dengan perbelanjaan. Daerah Pakem juga berdekatan dengan banyak restoran. Jadi kalau bosen dengan menu makanan di hotel bisa, kamu bisa ‘mlipir’ ke rumah makan terdekat.

Selain itu, karena berdekatan dengan jalur utama ke arah Magelang, akses ke wisata Borobudur lebih mudah dicapai. Sekitar hotel ada sungai kecil, jadi kamu juga bisa mendapatkan tempat untuk mendengarkan gemercik aliran air.

Hal menarik lain adalah posisi hotel yang dekat dengan sawah. Jadi bisa merasakan aktivitas bersepeda di sekitarnya sambil memperhatikan para petani membajak sawah dan menanam padi.

2Cangkringan Jogja Villas & Spa

cangkringan.com

Gaya Bangunan

Total ada 5 tipe villa dan 2 jenis kamar hotel yang seluruhnya sangat kental dengan gaya bangunan tradisional khas Jawa, khususnya budaya Mataraman Ngayogjokarto.

Atap dari beberapa bangunan, sangat jelas mengambil ciri khas Joglo. Namun, untuk menyesuaikan zaman, serta menambah kenyamanan dan keamanan konstruksi, bagian tengah bangunan lebih dibuat lebih modern.

Beberapa dinding dan jendela juga mengambil desain minimalis. Dinding bangunan lebih banyak di semen, jadi rata-rata terlihat polos dalam ruangannya, baik yang villa maupun hotel.

Secara keseluruhan perbandingan tradisional dan modern 50 berbanding 50.

Suasana Lokasi

Ini mungkin satu-satunya hotel bintang lima yang terletak di pegunungan atau tepatnya di kaki Gunung Merapi. Wilayah gunung Merapi memang punya daya tarik tersendiri, walaupun pada notabenenya termasuk gunung teraktif di Indonesia.

Karena berada di kaki gunung, yakni di kecamatan Cangkringan, Sleman, tentu hotel ini jauh dari pusat Kota Jogja. Tetapi jangan khawatir, akses terhadap fasilitas tetap tersedia di hotel dan lingkungan sekitarnya.

Jauh dari perkotaan justru lebih banyak keuntungannya bagi pencari ketenangan. Apalagi setiap pagi kamu bisa jalan-jalan di bukit Kaliurang untuk melihat pesona gunung Merapi, yang lokasinya tidak jauh dari hotel.

3Queen of The South Resort

alifmoekti.com

Gaya Bangunan

Bertolak dari hotel pegunungan, hotel dengan gaya tradisional berikutnya adalah hotel yang berlokasi di dekat pantai. Mengambil tempatnya pun eksotis, di atas tebing dekat dengan Pantai Parangtritis.

Namun hotel berbintang 4 ini, bangunan bercorak tradisional ‘njowo’nya tidak sekental hotel sebelumnya. Hanya di bagian utama yang masih memperlihatkan gaya joglonya, seperti restoran dan ruang umum lainnya.

Mungkin dari total bangunan di Queen of The South Resort ini, hanya 25 % yang menggunakan gaya tradisonal.

Suasana Lokasi

Sama halnya dengan pegunungan, pantai di Jogja juga jauh dari pusat kota, bahkan lebih jauh. Ke bandara terdekat, kurang lebih sekitar 1 jam jika jalanan lancar. Perjalanan jauh akan dibayar tunai setelah kamu melihat hamparan pasir hitam di pantai.

4Kalyana Resort

villakalyanasamui.com

Kembali ke pegunungan Merapi, ada hotel Kalyana resort. Tidak diketahui hotel ini punya bintang berapa, yang pasti kesan tradisionalnya bisa kamu dapatkan di sini.

Lokasinya lebih dekat dengan wisata Bukit Kaliurang, cocok bagi kamu yang ingin sekalian treking di bukit atau di Merapi.

5Kampung Labasan

villakalyanasamui.com

Menariknya hotel berbintang ini berada di kampung wisata, agak beda dengan yang lain, namun overall sama saja. Berada di perkampungan yang padat dengan aktivitas warga

Sesuai dengan namanya, kesan tradisional ala kampung adalah keunggulan yang ditonjolkan. Saking tradisionalnya, ada tempat untuk mandi dengan menggunakan air sungai yang bersih.

Sayangnya, tradisional di sini bukan hanya dari Jawa saja, tapi dari daerah yang lain juga.