Handphone alias HP bukan lagi menjadi barang mewah. Fitur canggih semakin memudahkan menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari. Tak ayal HP android sudah menjadi kebutuhan manusia modern.

Berbagai aktivitas bisnis pun bisa dilakukan dengan bantuan HP android atau sering disebut smartphone. Namun apa jadinya jika HP andoid yang telah menjadi bagian hidupmu kecemplung air saat di kamar mandi atau saat akan berwudu?

Selain karena sayang mengingat lembaran rupiah yang cukup banyak untuk membelinya, akan ada perasaan bagian dari dirimu yang hilang.

Padahal mengganti HP baru tak semudah dalam bayangan. Data-data dalam HP lama masih sangat diperlukan untuk kelangsungan bisnis atau sekedar foto-foto momentum menggembirakan.

Jangan khawatir, karena masih ada cara untuk menyelamatkannya. Berikut ini tips menyelamatkan HP android yang kecemplung air.

1Jangan Panik

www.androidmurah2015.blogspot.co.id

Reaksi pertama yang terjadi saat smartphone kecemplung air biasanya teriak. Namun jangan panik dan malah memperlama smartphone kontak dengan air. Segeralah ambil smartphone dan lap dengan tisu kering.

2Jangan Langsung Menghidupkan Smartphone

www.kencana17.blogspot.com

Biasanya kita ingin segera mengetahui apakah smartphone dalam kondisi baik-baik saja. Tentu saja dengan melihatnya dalam kondisi aktif dan segera mengecek menggunakan beberapa fitur.

Namun hal ini justru membahayakan smartphone dan bisa mengancam smartphone tidak bisa diperbaiki. Jika smartphone masih dalam kondisi hidup, segeralah matikan smartphone. Namun jika smartphone dalam kondisi mati, jangan langsung menyalakan smartphone.

Hal ini disebabkan dalam kondisi hidup jika masih terdapat air dalam smartphone malah dapat menyebabkan konsleting. Selain itu jangan langsung men-charge smartphone. men-charge smartphone juga dapat mengakibatkan terjadinya konsleting.

3Lepaskan Baterai, SIM Card, dan Memory Card

www.oketekno.com

Pastikan bagian luar smartphone sudah benar-benar kering dengan di lap tisu kering. Kemudian lepaskan baterai, SIM card, dan memory card. Hal ini semacam membongkar sendiri smartphone.

Jika terdapat air di dalam smartphone setelah dibongkar, segera lap dengan tisu kering.

4Keringkan Bagian Dalam Smartphone

www.chip.co.id

Tujuan utama menyelamatkan HP yang kecemplung air adalah menghilangkan air dari smartphone sampai bagian-bagian dalam. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadi konsleting yang dapat menyebabkan kerusakan permanen.

Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot sisa-sisa air yang masih tertinggal di dalam smartphone. Jangan menggunakan hair dryer karena hair dryer mengeluarkan angin yang dapat mendorong air semakin ke dalam.

Jika tak memiliki vacuum cleaner, kamu dapat menggunakan kipas angin. Jika kamu tidak mendapatkan vacuum cleaner dan kipas angin, keringkan dengan membiarkannya pada udara terbuka. Angin alami dapat mengeringkan bagian dalam smartphone.

5Pasang Kembali Baterai, SIM Card, dan Memory Card

www.ngonoo.com

Setelah yakin tidak ada lagi air di dalam smartphone, kamu dapat memasang kembali baterai, SIM card, dan memory card. Namun, kamu harus tetap bersabar dan jangan tergesa-gesa menyalakan kembali smartphone.

6Gunakan Silika Gel atau Beras untuk Merendam Smartphone

www.echylive.wordpress.com

Pernahkah kamu menjumpai silika gel baik pada sepatu baru atau dalm kemasan makanan? Mungkin kamu mengoleksinya dan tidak membuang silika gel tersebut.

Jika kamu memilikinya, rendamlah smartphone secara keseluruhan ke dalam silika gel selama 2 sampai 3 hari. Silika gel berguna menyerap sisa-sisa uap air yang belum bisa terambil saat di lap dengan tisu atau di kenakan vacuum cleaner.

Hal ini dilakukan untuk benar-benar memastikan smartphone dalam kondisi bebas air sehingga tidak konsleting saat dinyalakan.

Cobalah beberapa tips diatas. Semoga smartphone kesayanganmu masih bisa diselamatkan. Setelah smartphone normal kembali, kamu dapat menunjukan rasa syukur dengan bersedekah.

SHARE