Nostalgia yuk! Walaupun sekarang hidup kamu sudah ditemani dengan smartphone canggih, namun tak ada salahnya kita membahas handphone di masa lalu.

Ya, meski dulu teknologinya masih sangat terbatas. Tapi sebetulnya handphone-handphone monophonic itu membuatmumu lebih kreatif.

Maka pada zaman dahulu, setiap orang memang dituntut untuk bekerja berkali-kali lipat lebih gigih dari zaman sekarang yang sudah serba mudah, cepat, dan maju. Terbukti dari cara menggunakan HP.

Ini dia beberapa di antaranya;

1Mengelola Pesan di Inbox

adilabatika.blogspot.com

Tidak seperti sekarang, handphone jadul (jaman dulu) belum dilengkapi dengan memori yang mumpuni. Jadi segala hal yang tersimpan di dalamnya, sangatlah terbatas. Salah satunya, jatah untuk menyimpan pesan-pesan di dalam kotak masuk.

Keterbatasan itu diam-diam membuatmu kreatif. Bagaimana tidak? Kamu harus pintar-pintar memilahnya. SMS dari siapa saja yang akan kamu simpan? Dan sms mana yang pasti kamu hapus?

2Bermain Inbox di HP Teman

unizara.com

Hal kreatif berikutnya yang dulu sering dilakukan orang-orang sewaktu masih menggunakan HP monophonic adalah meminjam HP teman hanya untuk membaca pesan masuknya. Istilah anak-anak zaman dahulu adalah “mainan inbox”.

Kalau kamu ingat, mungkin dulu kamu mengaku ingin mencoba games ular. Tapi ternyata diam-diam kamu membuka kotak masuk, lalu membaca satu persatu isinya.

Bahkan saking kreatifnya, kamu juga baca isi kotak keluarnya. Mungkin supaya kamu paham keseluruhan isi pesan tersebut.

3Membuat Nada Dering Sendiri

antojavax.blogspot.com

Keterbatasan nada dering yang ada di hp monophonic, membuat kamu juga jadi kreatif. Kamu jadi lebih banyak dan lebih sering mengeksplor fitur composer yang ada di sana.

Kamu jadi senang mengutak-atik, membuat lagu dengan kunci seadanya. Minimal membuat lagu Ibu Kita Kartini.

4Membuat Pengingat Ulang Tahun Teman

id.aliexpress.com

Sama seperti Inbox, jatah membuat pengingat juga sangat terbatas di HP Monophonic. Padahal saat itu kamu sedang senang-senangnya membuat semacam alarm untuk ulang tahun teman atau sahabat.

Sayangnya, kamu tidak bisa memasukkan tanggal ulang tahun semua orang ke dalam daftar. Alhasil, mau tidak mau kamu dipaksa untuk memilah, mana orang yang penting dan mana yang tidak.

5Membuat Nama Profil

makassar.tribunnews.com

Karena tidak banyak hal yang bisa kamu lakukan di HP Monophonic, maka bermain-main dengan fitur profile juga jadi kegemaran tersendiri.

Kamu jadi rajin membuat banyak profil yang masing-masing punya nama dan nada dering yang berbeda. Ada nama profil kamu, sahabatmu, saudara, orang tua, atau kata-kata keren dan gaul lainnya yang sengaja dibuat untuk dipajang di layar depan.

6Membuat SMS Bergambar Menggunakan Karakter dan Huruf

vgi.co.id

Kalau sekarang, yang namanya emoji/emoticon sudah tersedia dan kamu tinggal pilih mau pakai yang mana. Sementara dulu, kamu harus mengukirnya sendiri.

Caranya, pilih beberapa karakter dan huruf. Lalu digabung menjadi satu kesatuan sampai membentuk sebuah gambar lucu.

7Mengetik Tanpa Melihat

rangkaianabjad.blogspot.com

Nah, ini salah satu keunggulan memakai handphone monophonic. Kamu jadi jago mengetik sms tanpa melihat layar.

Lalu kamu juga bisa melakukannya sambil mengerjakan hal lain. Misalnya, mengirim sms sambil mengendarai motor, sambil memasak, menonton TV, dan lainnya.

Wah, seru sekali ternyata jika kita mengingat kembali bagaimana dulu hanya untuk menggunakan HP saja butuh perjuangan. Mulai dari berkirim sms, memilah nomor teman untuk dimasukkan ke buku kontak HP yang sudah penuh, dll.

Hal kreatif apa lagi yang dulu pernah kamu lakukan saat masih menggunakan hp monophonic? Nostalgia bareng yuk di kolom komentar!