LDR atau bisa disebut long distance relationship, kalau diartikan adalah hubungan jarak jauh. Dimana LDR ini sedang ngetren di masyarakat, tidak hanya bagi mereka pasangan yang sah saja, tapi mereka yang belum sah pun mengklaim hubungan tersebut.

Tentu bagi pasangan yang sah LDR merupakan hal yang berat, secara, tujuan menikah adalah hidup bersama, baik senang ataupun susah, tapi karena sebab tertentu mengharuskan LDR terjadi.

Tak pelak, ujian ini merupakan ujian yang tidak mudah bagi pasangan yang sudah sah, selain harus sabar, setiap pasangan juga membutuhkan mental yang kuat.

Di bawah ini akan kami coba berikan, beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menjalani hubungan pernikahan model LDR.

1Ridho dan Ikhlas

muslim.or.id

Hati merupakan bagian utama yang harus di kedepankan dalam berkehidupan dalam bentuk apapun, karena hati lah yang mempengaruhi suasana dan kebahagiaan sebuah keluarga.

Sebelum memutuskan untuk LDR, pastikan hati diantara kamu dan pasangan kamu benar-benar ikhlas, tidak ada paksaan dari orang lain, tidak ada yang sedikitpun yang mengganjal. Bersihkan pikiran yang paranoid.

Kalau hati  dari salah satu pasangan tidak ikhlas dari awal maka, kedepan akan semakin sulit, mungkin tiap harinya terus berpikiran aneh-aneh bahkan sampai menangis terus-terusan hingga hilang semangat hidup.

2Saling Percaya dan Saling Memahami

ichanastasia.wordpress.com

Salah satu kekhawatiran ketika LDR adalah rasa ketidak percayaan terhadap pasangan, hal ini lah yang memicu banyak pikiran, tentunya selalu mengarah ke pikiran yang negatif.

Pastikan ketika menjalani LDR, pasangan harus saling percaya, saling mengerti, kalau tidak ada rasa saling percaya dan saling memahami maka akan selalu timbul kecurigaan, timbul selau pertanyaan.

Bahkan ketika komunikasi yang dibicarakan hanyalah pertanyaan-pertanyaan aneh yang tidak seharusnya ditanyakan.

3Saling Menjaga Diri dan Saling Mendoakan

mutakhorij-assunniyyah.blogspot.com

Secara memang berjauhan, jaga diri menjadi kewajiban terutama dalam hal apapun, baik secara fisik maupun hati. Ketika berjauhan otomatis perhatian dan pengawasan secara langsung drastis berkurang.

Kesepian yang akan menjadi musuh utama dalam LDR, untuk itu teruslah berdoa, saling mendoakan agar sama-sama kuat menjaga diri.

4Terus Upgrade Iman

alfahmu.com

Godaan di manusia tidak pernah berhenti, setan tidak akan menyerah dan keindahan dunia terus menyilaukan, jika iman tidak dijaga, tidak dirawat maka dengan mudah kita tertarik pada yang lain.

Jadi iman merupakan pengaman yang paling aman unttuk menghadapi semua itu.

5Komunikasi Secara Continue

femalist.com

Walaupun jarak jauh, komunikasi harus tetap dijalankan, baik perhatian kecil setiap hari atau setiap 2 hari sekali. Dengan perhatian yang secara rutin, maka pasangan akan terus merasa dekat, walau sejatinya jauh.

Kalau memang sangat sibuk paling tidak setiap 3 hari sekali memberi kabar, karena semakin lama tidak memberi kabar, komunikasi akan putus dengan sendirinya.

Hal ini lah salah satu faktor penyebab pasangan lebih dekat kepada orang lain, karena minimnya komunikasi dengan pasangan sendiri.

6Jadwal Pulang Harus Jelas

emjeahsan.blogspot.com

Jadwal bertemu maksimum dalam agama islam adalah 4 bulan, tapi jika darurat bisa 6 bulan, karena ini berkaitan dengan nafkah lahir dan batin.

Batas kemampuan menahan pasangan dalam nafkah seperti ini memang rata-rata 4 bulan. Jadi kalau bisa 4 bulan sekali pulang untuk bertemu melepas penat rindu.

LDR memang bukan harapan semua pasangan sah, tapi jika memang harus begitu keadaanya, tidak ada salahnya beberapa hal diatas dicoba. Semoga bermanfaat ya.