www.natachaniago.wordpress.com

Siapa Bilang Hutan Harus di Atas Tanah? Di Belanda Ada Hutan di Atas Air

Posted on

Negeri kincir angin sudah dikenal membangun pemukiman diatas wilayah perairan. Nampaknya ide ini tak hanya berhenti di sini. Belanda mendesain konsep hutan apung di atas permukaan air.

Hutan ini rencananya akan di launching pada 16 Maret 2016. Sebanyak 20 pohon apung akan menghuni Kota Roterdam, Belanda. Namun, pohon apung ini tak dibiarkan begitu saja. 20 pohon di dalam pelampung dari laut utara dalam penjagaan Rijkswaterstaa.

Berikut ini keunikan dari hutan apung di Belanda.

Benar-Benar Mengapung

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Pohon apung tumbuh di dalam pot dari pelampung. Pohon ini berdiri tegak di atas perairan yang tenang di Belanda. Pot pelampung yang mereka pilih juga memiliki nilai seni.

Pot pelampung berwarna putih, biru, dan merah ini tampak menawan. Mungkin akan lebih menarik jika pot pelampung ini bisa dibuat dalam beberapa bentuk unik seperti love, bintang, dan bulan.

Terinspirasi dari Karya Seni

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Hutan unik ini terinspirasi dari karya seni bernama “In Search of Habitus” oleh seniman Jorge Bekker. Karya seni ini menggunakan tiruan bentuk pohon berwarna putih.

Pohon ini mengapung di atas akuarium yang cukup besar. Karya seni ini mungkin cocok untuk menggambarkan pohon yang berdiri tegak di musim salju.

Ini adalah sebuah cara yang cerdas untuk mengajukan usul perbaikan bagi pemerintah. Daripada hanya sekedar protes koar-koar di jalanan, akan lebih baik jika kamu mengajukan protes dalam sebuah karya seni yang nyata.

Kalaupun kamu tidak bisa membuatnya dalam karya seni, akan lebih baik lagi jika kamu memberikan usul solusi. Hal yang paling mudah dilakukan adalah mulai memperbaiki dari diri sendiri, dari hal yang kecil, dan dari sekarang.

Telah Diuji Coba

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Ide hutan apung ini sebelumnya telah di uji coba pada tahun 2014. Awalnya pohon uji coba hanya satu. Tim ini kemudian yakin bahwa konsep hutan apung dapat diwujudkan dalam skala yang lebih besar.

Sebuah ide yang baik tentu saja perlu di uji coba dalam skala yang kecil. Apabila dari percobaan ini berhasil maka dapat dilakukan evaluasi kekurangan dari uji yang dilakukan.

Evaluasi inilah yang kemudian menjadi pijakan untuk mengembangkan ide dalam skala yang besar sehingga kebermanfaatannya lebih besar.

The Bobbing Forest

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

The Bobbing Forest adalah sebuah miniatur tumbuhan dan pot pelampung kecil sebelum di tanam sebagai pohon yang besar. Jika kamu melihat gambar di atas kamu dapat melihat pohon kecil dengan pot apung yang juga kecil.

Imut ya pohonnya? Seperti pohon mainan anak-anak.

Secara Berkala Pohon Ini Akan Dihancurkan

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Bagaimanapun juga ciptaan manusia tak akan lebih sempurna dibandingkan ciptaan Allah. Pohon apung tentu saja juga memiliki keterbatasan. Pohon ini tak dapat tumbuh menjulang tinggi dan besar.

Keterbatasan ini tentu saja juga terletak pada media tumbuh dalam pot apung yang tidak seluas jika di tanah daratan. Namun, setidaknya hutan apung dapat menjadi paru-paru kota selama beberapa waktu.

Pohon Sumbangan

www.boredpanda.com
www.boredpanda.com

Pohon-pohon hutan apung adalah sumbangan dari depot penyimpanan bernama Bomandepot.

Sebuah kesuksesan program kemaslahatan memerlukan dukungan dari berbagai pihak. Pemerintah sebagai fasilitator tentu saja memerlukan dukungan dari berbagai elemen termasuk juga masyarakat dan pihak swasta.

Manusia diberikan akal untuk berfikir akan jalan keluar dari permasalahan muka bumi. Fitrah manusia di dunia adalah sebagai khalifah yang memimpin alam semesta mencapai keseimbangan.

Sayangnya tak sedikit dari manusia zaman sekarang yang memiliki tangan-tangan jahil yang justru menimbulkan kerusakan di muka bumi.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *