Mengetahui bahwa di dalam rahim kita sedang berkembang janin, tentunya membuat kita sebagai wanita bahagia sekali. Kalau sudah begitu, gambaran tentang anak yang lucu dan imut sudah mulai memenuhi benak kita.

Jika kita ingin anak kita lahir dengan sehat, maka di kehamilan yang masih muda, kita perlu menjaga asupan makanan kita. Walaupun pada banyak kasus, wanita yang hamil muda akan lebih susah makan.

Kenapa wanita hamil muda susah makan? Hal ini bukan menandakan kalau ibu hamil muda itu manja ya dan pengen sesuatu yang dibuat-buat. Tapi di kehamilan trimester pertama ini, hormon si ibu sedang tidak stabil.

Kalau hanya sekedar nggak nafsu makan saja, mungkin masih bisa dilawan ya, tapi kalau diriingi dengan mual dan muntah, tentunya akan lebih berat mengatasinya. Oleh karena itu, bawaannya jadi pengen yang aneh-aneh makannya.

ibuhamil.web.id
ibuhamil.web.id

Tapi, sebenarnya makanan yang cocok untuk ibu hamil muda itu yang seperti apa? Sebenarnya tidak ada bedanya sih dengan makanan orang yang tidak hamil, paling juga ada buah-buah tertentu yang tidak baik jika dimakan berlebihan.

Jadi menu makannya ya seperti menu makanan pada umumnya, yaitu yang mengandung empat sehat lima sempurna. Intinya ada nasi, sayur, lauk pauk, buah-buahan, dan mineral.

Supaya kamu mendapat informasi lebih jelas tentang makanan yang sehat untuk ibu hamil, maka kamu bisa melihat ulasan lengkapnya di sini.

1Karbohidrat

sehatfresh.com

Walaupun sedang hamil, namun kebutuhan karbohidrat tetap kamu perlukan. Apabila kamu nggak selera makan nasi, atau mual saat melihat nasi, maka kamu bisa menggantinya dengan karbohidrat yang lain.

Jenis-jenis karbohidrat itu ada apa saja sih? Selain nasi, kamu pun bisa mengganti asupan karbohidrat kamu dengan kentang, ubi, jagung, gandum ataupun roti.  Jadi nggak ada alasan dong kebutuhan karbohidrat kamu tidak terpenuhi.

Oiya, kenapa kamu tetap butuh karbohidrat, karena saat hamil ataupun tidak hamil, kamu tetap membutuhkan sumber energi yang bisa kamu dapatkan dari karbohidrat.

2Protein

livescience.com

Protein juga sangat dibutuhkan untuk ibu hamil muda. Apalagi saat terimester pertama adalah masanya pembentukan otak bayi kita. Untuk pembelahan selnya, pasti butuh sekali protein.

Jadi kalau lagi hamil makanlah makanan bergizi yang lengkap kandungan gizinya, salah satunya protein. Dan kamu bisa mendapatkan protein dari banyak makanan, baik itu yang nabati maupun hewani.

Protein nabati bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan, tempe, tahu. Sedangkan protein hewani bisa kamu dapatkan dari ikan, ayam, telur, daging, maupun susu.

3Lemak

softilmu.blogspot.com

Walaupun lemak terkesan sebagai zat yang banyak merugikan tubuh, tapi kalau dalam jumlah yang tidak berlebihan, lemak ini berfungsi sebagai cadangan energi supaya tidak cepat lapar.

4Sayur dan Buah-buahan

bagilagi.com

Saat hamil, kamu pun butuh sayur dan buah, agar kebutuhan antioksidan tubuh terpenuhi dan kebutuhan serat pun terpenuhi. Kamu nggak mau kan pencernaanmu tidak lancar saat hamil. Selain itu kesehatanmu juga harus selalu dijaga.

Sayuran dan buah-buahan yang bisa kamu makan tentunya banyak macamnya, tapi hindari buah-buahan yang dapat menyebabkan kontraksi dini. Soalnya bisa membuat janin kamu keguguran.

5Vitamin dan Mineral

getupdate.co

Saat hamil, kamu harus selalu menjaga agar imunitas tubuhmu selalu baik, karena kalau kamu sakit akan memengaruhi perkembangan janin. Oleh karena itu cukupi kebutuhan air untuk tubuhmu.

Selain air, kamu pun perlu menambah asupan berupa vitamin untuk menjaga stamina. Vitamin pun ada yang dikonsumsi agar ibu hamil tidak terlalu merasakan mual.