Apakah mencintai diri sendiri berarti egois? Sebagian orang berpikir jika mencintai diri sendiri artinya memiliki sikap individualistis, egosentris, narsis, dan mementingkan diri sendiri.

Tentu saja itu tidak benar.

Aktivitas mencintai diri sendiri artinya mensyukuri apa yang dimiliki serta menjaganya. Contohnya adalah makan makanan bergizi, artinya kamu mencintai tubuhmu agar tetap sehat.

Di saat lain, kamu bercanda dan tertawa bersama keluarga. Ini contoh mencintai diri dengan cara membuat diri merasa senang dan nyaman.

Jika kamu berada di antrean dan malah mendahului yang lain, baru ini dinamakan mementingkan diri sendiri. Atau membuat suara gaduh di rumah dan mengganggu anggota keluarga lain.

Jadi, sudah jelas bedanya kan? Lalu, apakah penting seorang ibu mencintai dirinya sendiri? Berikut ini beberapa alasan penting seorang ibu harus mencintai dirinya sendiri.

1Penampilan Menarik

www.tataherbal.com

Seorang ibu tentu juga seorang istri. Ada kalanya ibu yang terlalu sibuk mengurusi keperluan rumah tangga, jadi enggan mengurus dirinya sendiri. Ini juga bukan hal yang dibenarkan.

Ibu juga perlu berpenampilan menarik. Untuk melakukannya, tidak perlu menyediakan waktu banyak untuk memoleskan make up tebal.

Lakukan saja hal sederhana dengan mandi setelah bangun tidur, saat aktivitas lain belum dimulai. Lalu berganti pakaian yang bersih, rapi serta jangan lupa oleskan pelembab.

Bagaimana rasanya? Selain segar tentu lebih enak dipandang oleh anggota keluarga lainnya kan?

2Sehat Itu Penting

www.nazayka.com

Kesehatan bagi seorang ibu itu hal mutlak. Selain agar ia bisa menjaga anak-anaknya dan mengurus keluarga, kesehatan bagi seorang ibu juga modal agar bisa menikmati hidup panjang.

Usia seseorang memang tidak dapat ditentukan. Tapi, seorang ibu tentu bisa menjaga fisik agar tetap sehat dan bisa hidup lebih lama untuk melihat anak tumbuh hingga dewasa.

Jadi, bagi kamu seorang ibu, luangkanlah waktu untuk menjaga kesehatan diri. Ini cara untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan mencintai tubuhmu juga.

Tidak perlu mahal. Kamu cukup makan makanan sehat, menjaga pola makan, sesekali berolahraga, dan menjaga pola hidup sehat. Mudah bukan?

3Suasana Hati Selalu Baik

www.aminrukaini.com

Perubahan suasana hati memang mudah dialami oleh ibu. Apalagi dengan munculnya beragam masalah setelah memiliki anak.

Dengan aktivitas mencintai diri sendiri, ibu akan punya kekuatan lebih untuk melewati masa krisis ini. Ibu akan terhindar dari prasangka dan pikiran buruk serta hayalan yang tidak perlu.

Pikiran dan prasangka buruk seringkali membuat perasaan menjadi muram, sedih dan curiga.

Seseorang yang bisa mencintai dirinya dengan berbagai cara, tentu tidak akan membiarkan batinnya tersiksa oleh perasaan semacam ini.

4Ibu yang Tangguh

coachsha.wordpress.com

Menjadi seorang ibu menuntut banyak konsekuensi. Tidak selalu yang dialami nantinya adalah hal-hal indah saja. Ada kalanya hal buruk terjadi dan tidak dapat dihindari.

Dengan mencintai dirinya sendiri, ibu akan mampu menyemangati dirinya untuk bertahan dari suasana buruk apalagi berputus asa.

Contohnya, seorang istri yang berinisiatif membuat kue untuk dititipkan di warung-warung daripada murung memikirkan PHK suami.

5Mengajarkan Anak Sikap Terpuji

qalisya.com

Ibu yang mencintai dirinya sendiri, tentu akan tahu cara mencintai dan menghargai orang lain. Ibu juga merupakan contoh nyata dalam kehidupan anak-anaknya.

Dengan demikian, anak akan mencontoh sikap baik ibunya. Anak akan tumbuh percaya diri, bersemangat, dan cerita karena selalu mendapat kasih sayang ibunya.

www.kompasiana.com
www.kompasiana.com

Ibu yang bersedia mendengarkan cerita anak-anaknya tentang sekolah dan teman-temannya jauh lebih berharga dibandingkan seperangkat mainan mahal.

6Bulan Madu Setiap Hari

lucuhahaha.blogspot.com

Seorang suami pasti senang melihat istrinya selalu tampil rapi, bersih, dan menyenangkan sebagai ibu rumah tangga. Mungkin suami tidak akan mengomel saat istri belum mandi karena maklum dengan kesibukan di rumah.

Tapi, tahukah kamu, ibu, cara merawat diri seorang ibu yang berarti mencintai dirinya ternyata bisa membuat hubungan dengan suami lebih erat.

Suami tidak akan melirik ke kanan kiri jika di rumah ada istri yang selalu setia memberikan yang terbaik.

Jadi, bagi kamu seorang ibu, jangan lupa untuk selalu mencintai dirimu sendiri. Lakukan ini bukan hanya untuk dirimu saja, tapi untuk anak-anak, suami dan juga keluargamu.