Pekerjaan menjadi ibu rumah tangga ataupun ibu bekerja itu tidak mudah. Di samping ibu harus mengerjakan pekerjaan rumah atau pekerjaan di tempat kerja, ibu pun punya kewajiban mengasuh anaknya di rumah. Dengan fisik yang lelah seperti ini, ditambah lagi tingkah anak yang seringkali menggemaskan, maka tidak jarang ibu mengalami stress.

Kira-kira bagaimana ya anak yang diasuh oleh ibu yang mengalami stress? Jika ibu mengalami stres, maka saat mengasuh anaknya, ibu cenderung jadi suka marah-marah dan tidak jarang juga memukul atau mencubit, jika anaknya membuatnya kesal.

Apa dampak pada anak jika ibu memperlakukannya seperti itu? Jika ibu memperlakukan anak dengan kasar, maka anak jadi tidak nyaman di rumah dan tidak nyaman dekat-dekat dengan ibunya. Sehingga anak lebih memilih untuk bermain di luar rumah.

Jika hal seperti ini terjadi secara terus menerus, dan anak semakin tidak nyaman berada di rumah, maka ketika dewasa dan anak mengalami masalah pun, maka ia tidak akan bercerita kepada kedua orang tuanya, tidak pula kepada ibunya. Oleh karena itu, dari kasus seperti inilah aneka kenakalan remaja itu bermula.

Wah, ternyata bahaya sekali ya dampak dari ibu yang mengalami stres? Lalu, kira-kira bagaimana ya solusi agar ibu bisa mengatasi stres saat mengasuh anaknya?

Back

1. Mengenali Apa yang Memicu Stres

Supaya para ibu terhindar dari stres, maka ibu perlu menghindari penyebab atau pemicu dari stres itu sendiri. Dan yang perlu kita ketahui, pemicu stres satu orang dengan orang lainnya itu berbeda. Oleh karena itu, ibu perlu mengenali pemicu stres yang biasa dialami.

Contoh dari pemicu stres misalnya kelelahan bekerja, rasa lapar, mengantuk dan hal lainnya. Nah, jika sekiranya ibu merasakan hal yang biasa memicu stres, maka menjauhlah sejenak dari anak. Jika rasa stresnya disebabkan karena lelah, maka beristirahatlah dulu, minta tolonglah kepada suami untuk menjaga anak-anak.

draldi.com
Back