tokomedica.com

Ibu Perlu Tau! Beginilah Cara Mengatasi Stres Saat Mengasuh Anak

Posted on

Pekerjaan menjadi ibu rumah tangga ataupun ibu bekerja itu tidak mudah. Di samping ibu harus mengerjakan pekerjaan rumah atau pekerjaan di tempat kerja, ibu pun punya kewajiban mengasuh anaknya di rumah. Dengan fisik yang lelah seperti ini, ditambah lagi tingkah anak yang seringkali menggemaskan, maka tidak jarang ibu mengalami stress.

Kira-kira bagaimana ya anak yang diasuh oleh ibu yang mengalami stress? Jika ibu mengalami stres, maka saat mengasuh anaknya, ibu cenderung jadi suka marah-marah dan tidak jarang juga memukul atau mencubit, jika anaknya membuatnya kesal.

Apa dampak pada anak jika ibu memperlakukannya seperti itu? Jika ibu memperlakukan anak dengan kasar, maka anak jadi tidak nyaman di rumah dan tidak nyaman dekat-dekat dengan ibunya. Sehingga anak lebih memilih untuk bermain di luar rumah.

Jika hal seperti ini terjadi secara terus menerus, dan anak semakin tidak nyaman berada di rumah, maka ketika dewasa dan anak mengalami masalah pun, maka ia tidak akan bercerita kepada kedua orang tuanya, tidak pula kepada ibunya. Oleh karena itu, dari kasus seperti inilah aneka kenakalan remaja itu bermula.

Wah, ternyata bahaya sekali ya dampak dari ibu yang mengalami stres? Lalu, kira-kira bagaimana ya solusi agar ibu bisa mengatasi stres saat mengasuh anaknya?

Mengenali Apa yang Memicu Stres

draldi.com
draldi.com

Supaya para ibu terhindar dari stres, maka ibu perlu menghindari penyebab atau pemicu dari stres itu sendiri. Dan yang perlu kita ketahui, pemicu stres satu orang dengan orang lainnya itu berbeda. Oleh karena itu, ibu perlu mengenali pemicu stres yang biasa dialami.

Contoh dari pemicu stres misalnya kelelahan bekerja, rasa lapar, mengantuk dan hal lainnya. Nah, jika sekiranya ibu merasakan hal yang biasa memicu stres, maka menjauhlah sejenak dari anak. Jika rasa stresnya disebabkan karena lelah, maka beristirahatlah dulu, minta tolonglah kepada suami untuk menjaga anak-anak.

Mencoba Jujur dengan Masalah yang Dihadapi

ibudanbalita.com
ibudanbalita.com

Saat stres melanda, maka para ibu harus jujur pada diri sendiri. Apakah stres itu disebabkan karena tingkah laku anaknya atau karena hal lain. Jangan sampai anak jadi pelampiasan atasan permasalah kita di luar sana atau pelampiasan dari kemarahan kita terhadap suami.

Jika sudah jujur, maka terimalah masalah, kalau bisa diselesaikan, sebelum ibu bertemu dengan anak-anaknya. Jangan sampai juga anak jadi korban. Dampaknya luar biasa menghancurkan bagi anak kan?

Kerjasama dengan Suami

artikel.masjidku.id
artikel.masjidku.id

Saat proses pengasuhan anak, maka ibu harus berpartner dengan suami. Jangan sampai semua hal tentang pengasuhan dibebankan kepada istri atau ibu. Jadi saat ibu mengalami kondisi stres dan perlu menenangkan diri sejenak, maka masih ada sosok ayah yang bisa menemani dan memantau anak-anak.

Ketika Stres Melanda di Hadapan Anak

raikankasih.com
raikankasih.com

Tidak bisa kita pungkiri, kita akan bertemu dengan kondisi stres saat berhadapan dengan anak. Jika hal ini terjadi, maka kita bisa menarik nafas dalam-dalam. Hal ini supaya kondisi kita lebih tenang. Kemudian setelah itu, jujurlah pada anak mengenai kondisi kita. Misalnya bilang kepada anak kalau kita sedang lelah dan jadi mudah marah.

Dengan sering berkomunikasi kepada anak seperti itu, maka anak pun jadi mengerti alasan kenapa kita jadi mudah marah. Sehingga anak lebih mudah memahami kondisi kita dan anak pun tidak takut kepada ibunya sendiri.

Jika marah sudah terlanjur berkecamuk, jika kita berdiri maka duduklah, berwudhu kalau perlu malakukan sholat dua rakaat. Dan jangan lupa minta maaf kepada anak jika kita sudah terlanjur memarahinya, serta minta ampunlah kepada Allah atas apa yang kita lakukan.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *